-->

iklan banner

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna merupakan sebuah pasar yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 1) terdapat banyak pembeli dan penjual, 2) barang yang dijual sama (homogen), 3) penjual sebagai pengambil harga (price taker), 4) penjual dan pembeli sanggup bebas keluar-masuk pasar, dan sebagainya.

Dengan banyak sekali ciri tersebut, pasar persaingan tepat mempunyai beberapa kelebihan, sebagaimana disebutkan oleh Putong (2013):

1. Kebebasan Bertindak dan Memilih
Hal ini merupakan syarat yang memang sanggup dipilih oleh para produsen (juga konsumen). Para produsen sanggup saja keluar dari pasar kalau ia merasa tidak mengalami laba dan akan masuk kembali apabila merasa akan mendapat keuntunga dari menjual produk pada pasar tersebut.

2. Harga Jual Barang dan/atau Jasa yaitu yang Termurah
Harga dalam pasar persaingan tepat ditentukan oleh keseimbangan jumlah usul dan penawaran, maka harga jual barang pastilah harga jual yang termurah sebab perusahaan akan berusaha menjual barang sebanyak mungkin dalam kondisi harga yang menguntungkan dengan cara efisien dalam hal penggunaan faktor produksi. Harga yang menguntungkan tentu saja harga yang dianggap sebagai harga yang paling murah untuk ukuran konsumen.

3. Bagi Konsumen terdapat Jaminan dalam Mengkonsumsi
Produk yang dijual di dalam pasar persaingan tepat yaitu produk yang relatif sama (homogen) maka konsumen tidak perlu lagi khawatir terhadap produk yang akan dibelinya, apalagi konsumen sangat mengetahui wacana kualitas produk yang dijual, sehingga misalkan terjadi percobaan “penipuan” dalam hal harga dan kualitas produk, konsumen akan pribadi mengetahuinya.

Sumber gambar: warrenweinstein.zenfolio.com

4. Konsumen akan Mendapatkan Layanan Pra dan Purna Jual yang Memuaskan
Oleh sebab perusahaan mengetahui bahwa apa yang diperjualbelikan di pasar relatif sama dengan perusahaan lainnya, maka terperinci konsumen tidak perlu mondar-mandir untuk menentukan perusahaan (dan ini seharusnya disadari oleh perusahaan), sehingga setiap konsumen yang “berbelanja” atau membeli di perusahaannya akan diberikan layanan yang istimewa (pra dan purna jual, menyerupai keramah-tamahan, garansi, dan sebagainya).

Tujuannya yaitu apabila sewaktu-waktu konsumen itu akan berbelanja lagi untuk produk yang sama maka perusahaan di mana ia pertama membeli akan pribadi ditujunya (dalam istilah pemasaran disebut consumer retention).

Selain itu, dibutuhkan pula konsumen tersebut akan merekomendasikan perusahaan/toko yang bersangkutan kepada orang lain (keluarga, sahabat, relasi, dan sebgainya) atau dalam istilah pemasarannya disebut word of mouth.

Sumber:
Putong, Iskandar. 2013. Economics: Pengantar Mikro dan Makro: Edisi 5. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel