-->

iklan banner

Apa Itu Trassram ? Pengertian, Fungsi, Jenis Bahan, Kelebihan Dan Kekurangan

Apa itu trasram ? dalam gambar bangunan mungkin kita sering melihat notasi pasangan bata trasram. Artikel berikut akan membahas mengenai pengertian trasram, fungsi, jenis bahan, kelebihan dan kekurangannya kalau dipakai pada bangunan.

Trasram ialah plester anti air yang dibentuk dengan semen untuk aplikasi pada dinding bata. Trasram mempunyai kekuatan rekat tinggi, anti retak, ketahanan tinggi dan sifat anti air. Berlaku untuk kerikil bata merah, kerikil bata, dan bata ringan aerasi (AAC / ALC) pada area lembab.

 dalam gambar bangunan mungkin kita sering melihat notasi pasangan bata trasram Apa itu Trassram ? Pengertian, Fungsi, Jenis Bahan, Kelebihan dan Kekurangan
Apa itu Trassram ? Pengertian, Fungsi, Jenis Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Trasram ialah jenis dinding bata yang kedap air. Karen sifat trasram yang anti air, maka biasanya terletak paling bawah, sempurna diatas sloof. Trasram juga dipakai untuk dinding kamar mandi dan dapur yang sering basah.

Pasangan trasram bekerjasama eksklusif dengan kepingan bawah bangunan (tanah) yang mengandung air, yang sanggup merembes ke pasangan bata biasa sehingga menjadikan ruangan lembab, berair dan berjamur. Akibat dinding tembok berair tersebut, maka ruangan menjadi tidak nyaman.

Untuk mencegah didnding tembok tidak basah, maka dibentuk dinding kedap air yaitu trasram dengan memakai spesi adonan 1 PC : 2 Pasir. Untuk dinding normal trasram dipasang mulai 0,20 m dibawah lantai sampai 0,20 m diatas lantai.

Sementara untuk Trasram kamar mandi, tinggi trasram minimum ialah 1,50 m di atas lantai sehingga air cipratan mandi tidak membasahi dinding bata biasa.

Bahan Trasram

Dengan perkembangan material yang kini ini, sudah berbagai materi pembuat trasram yang bermacam macam sesuai dengan fungsi nya. Berikut ini merupakan jenis-jenis materi dalam pembuatan trasram.

01. Plester trasram instan (MU-101)

Plester trasram instan dibentuk dengan materi untuk spasi adonan yang eksklusif dipakai tanpa perlu adanya campuran/komposisi lainnya. Plester instan yang biasa dipakai contohnya Mortar Utama MU-101.
   

02. Seng plat datar tahan karat  (BJLS50)

Fungsi dari pemakaian seng plat dalam pembuatan trasram ialah sebagai pencegah rayap. Disamping itu, trasram yang dilapisi seng akan lebih infinit alasannya ialah lebih tahan terhadap karat daripada besi. Cara pembuatannya yaitu semua sambungan seng harus di solder secara rapat biar sanggup menghalau kelembaban.

03. Karet trasram (karet talang atau lembaran PE)

Selain materi seng, trasram juga sanggup dibentuk dengan lapisan materi karet yang kedap air. Cara pembuatan trasram ini yaitu karet trasram di potong sesuai dengan lebar sloof bangunan dan setiap sambungannya harus diberi overlap minimal 10 cm.

04. trasram dengan materi lapisan aspal (bitumen atau kertas aspal)

Trasram juga sanggup dibentuk dengan lapisan aspal atau bitumen. Trasram lapisan aspal sanggup dipakai untuk sloof beton bertulang atau di bawah sloof struktur kayu. Tebalnya sekitar 2 mm, dibentuk dengan cara mengecat 2-3 kali lapisan aspal panas dengan bitumen ataupun karet latex emulsi.

05. Plesteran emulsi

Trasram dengan emulsi biasanya terbuat dari Plesteran semen, namun di tambah materi sintetis ibarat material call-black.

Kelebihan memakai trasram pada bangunan :

  • Melindungi bangunan dari kelembaban
  • Anti lembab, sehingga ruangan tidak basah
  • Melindungi dinding interior dari jamur dan pengelupasan
  • Melindungi ruangan yang ada di samping kamar mandi
  • Lantai ubin (keramik) lebih infinit dan tidak gampang lepas

Kekurangan memakai trasram pada bangunan :

  • Pemasangan memerlukan waktu sehingga lebih merepotkan
  • Dengan menambah trasram tentu akan menciptakan biaya lebih mahal

Demikian mengenai Trasram, fungsi, jenis bahan, kelebihan dan kekurangan kalau dipakai pada bangunan. Trasram cocok dipakai untuk bangunan yang berdiri sendiri dan terhubung eksklusif dengan area lingkungan yang lembab. Semoga bermanfaat.


Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Apa Itu Trassram ? Pengertian, Fungsi, Jenis Bahan, Kelebihan Dan Kekurangan"

  1. Apa Itu Trassram ? Pengertian, Fungsi, Jenis Bahan, Kelebihan Dan
    Kekurangan - 5 Kumpulan Materi Soal Dan Jawaban Belajar Online >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Apa Itu Trassram ? Pengertian, Fungsi, Jenis Bahan, Kelebihan Dan
    Kekurangan - 5 Kumpulan Materi Soal Dan Jawaban Belajar Online >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Apa Itu Trassram ? Pengertian, Fungsi, Jenis Bahan, Kelebihan Dan
    Kekurangan - 5 Kumpulan Materi Soal Dan Jawaban Belajar Online >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel