-->

iklan banner

Lg Linux Webos Ose (Open Source Edition)

LG Linux WebOS OSE (Open Source Edition) – webOS merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh perusahaan LG (Lucky & Goldstar) untuk dipakai pada perangkat “internet of things” dan “smart TV”. Belum usang ini LG mengumumkan bahwa mereka telah merilis webOS open source versi perdana.

WebOS pertama kali dibentuk oleh Palm dan diberi nama Palm webOS pada January 2009. HP (Hewlett Packard) membeli webOS Pada tahun 2010 untuk dipakai pada banyak sekali produk yang diproduksi oleh HP, mulai dari smartphone, tablet dan printers.

Pada bulan Februari 2011, HP mengumumkan akan memakai webOS pada semua perangkat yang diproduksi HP. Pada bulan Juli 2011, mereka memakai webOS untuk perangkat HP Touchpad (komputer tablet) dan Smartphone.


Pada bulan Maret 2011, HP berencana untuk sanggup menjalankan webOS di sistem Windows. Selain itu, webOS juga akan dipakai pada semua komputer desktop dan Notebook HP pada tahun 2012.  Namun, semua planning tersebut hasilnya dibatalkan.

Setelah melalui beberapa momentum, webOS hasilnya dipakai oleh LG pada perangkat Smart TV menggantikan NetCast. LG membeli lisensi penggunaan webOS kepada HP.  Pada tahun 2014 HP menjual patent webOS kepada Qualcomm.

LG kemudian memperluas penggunaan webOS ke banyak sekali perangkat “internet of thing”. Sebagai titik awal, LG memamerkan smartwatch LG Wearable dengan platform webOS pada awal tahun 2015. Pada tahun 2017, LG memakai webOS pada kulkas cerdik yang diproduksinya.

webOS merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh perusahaan LG  LG Linux WebOS OSE (Open Source Edition)

LG Linux WebOS OSE (Open Source Edition)


Pada tanggal 19 Maret 2018, LG mengumumkan rilis perdana untuk webOS open source. Tujuannya yaitu untuk lebih dekat dan bersahabat dengan komunitas open source. Pengembang perangkat lunak sanggup melaksanakan d0wnl0ad instruksi sumber dari webOS untuk dipakai secara lebih fleksibel. Dengan adanya webOS sumber terbuka ini, LG berharap akan membantu dalam proses memajukan filosofi platform terbuka, kemitraan terbuka, dan konektivitas terbuka.

Pada awalnya webOS memang dipakai untuk komputer tablet dan smartphone. Harapannya sanggup dijadikan sebagai pesaing Android. Namun, nyatanya HP tidak menemukan pasar yang siap mendapatkan perangkat yang diinstall webOS.

Hingga hasilnya mereka (HP) menjual webOS ke LG dan dalam perkembangannya LG hasilnya merilis versi sumber terbuka untuk webOS. Bila anda seorang pengembang perangkat lunak dan ingin mencoba memakai webOS, anda sanggup melihat dan mengunduh instruksi sumber dari webOS OSE (Open Source Edition) untuk anda manfaatkan di banyak sekali keperluan. Anda juga sanggup bergabung ke komunitas webOSose dan ikut di dalam lembaga diskusi yang disediakan.

webOS OSE yaitu platform perangkat lunak yang besar lengan berkuasa dan serbaguna, mencerminkan fitur inovatif yang diterapkan pada banyak sekali produk elektronik mulai dari produk display sampai perangkat seluler dan peralatan rumah tangga.

Pengembang web sanggup dengan gampang dalam membangun aplikasi dan layanan untuk webOS OSE. Pada rilis awal ini, anda sanggup memport webOS OSE ke Raspberry Pi 3 untuk dipakai dalam proyek anda sendiri dan akan diperpanjang di masa mendatang yang akan terus dikembagkan untuk jenis perangkat lain dalam banyak sekali bentuk.

Referensi:
  • https://en.wikipedia.org/wiki/webOS
  • http://webosose.org/
  • https://itsfoss.com/webos-goes-open-source/

Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lg Linux Webos Ose (Open Source Edition)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel