-->

iklan banner

Cara Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia

Cara Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia - Linux Mint 18.3 Sylvia telah dirilis, bagi pengguna distro Linux Mint versi 18, 18.2 dan 18.2 kini sudah sanggup melaksanakan upgrade ke versi terbaru distro Linux paling terkenal ini.  Proses upgrade versi terbaru 18.3 Sylvia cukup mudah, sama menyerupai dikala kita melaksanakan upgrade pada versi 18 ke 18.1 atau 18.1 ke 18.2. Cukup gunakan aplikasi update manager default system Linux Mint dan sehabis itu kita sanggup menikmati fitur terbaru dari distro Linux Mint 18.3 Sylvia.

Seperti yang sanggup kita lihat pada blog.linuxmint (27 November 2017) bahwa tim pengembang Linux Mint secara resmi telah merilis versi paling anyar untuk edisi Cinnamon dan Mate. Sementara untuk edisi Xfce dan KDE akan dirilis dalam waktu bersahabat ini. Sekarang, kita sanggup melaksanakan pembaruan atau upgrade Linux Mint ke versi 18.3 Sylvia.

Linux Mint membawa sejumlah aplikasi gres dan beberapa perbaikan pada versi 18.3 Sylvia ini. Aplikasi chat terkenal Whatsapp juga disertakan pada rilis terbaru Linux Mint Sylvia. Selain itu, kita juga dimudahkan untuk menginstall redshift dan aplikasi flatpak. Anda akan menemukan banyak hal gres pada Linux Mint Sylvia ini.


Proses upgrade relatif mudah, apalagi jika sebelumnya anda pernah melaksanakan upgrade Linux Mint. Cepat lambatnya proses upgrade tergantung dari kecepatan internet yang anda gunakan. Untuk kelancaran dalam melaksanakan upgrade, sebaiknya kita menggunakan koneksi internet yang lancar dan stabil.

 kini sudah sanggup melaksanakan upgrade ke versi terbaru distro Linux paling terkenal ini Cara Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia

Backup System

Sebelum melaksanakan proses upgrade, sebaiknya lakukan backup terhadap system komputer. Hal ini kita lakukan untuk berjaga-jaga apabila proses upgrade mengalami kegagalan yang sanggup menjadikan crash pada system. Salah satu aplikasi yang sanggup kita gunakan untuk membackup system Linux Mint ialah timeshift. Silahkan install aplikasi timeshift dengan cara sebagai berikut : Jalankan terminal (Ctrl+Alt+t) kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

Upate system :
sudo apt update

Install timeshift:
sudo apt install timeshift

Setelah proses install selesai, jalankan timeshift melalui hidangan ⇾ system tools ⇾ timeshft. Cara backup dan restore sistem Linux menggunakan aplikasi ini cukup mudah, semua tersaji dalam perintah grafis yang baik.

  • Pertama pilih type snapshot (RSYNC)
  • Lalu tentukan lokasi daerah menyimpan snapshot (backup)
  • Setelah itu atur level snapshot, pilih salah satu (bulanan, mingguan, harian, jam, boot) kemudian klik tombol next
  • Setelah menuntaskan semua pengaturan (setup complete) klik tombol Finish
  • Pada jendela timeshift klik tombol create untuk memulai proses backup

Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia

Setelah proses backup sistem Linux Mint selesai, kita sanggup melaksanakan upgrade dengan lebih nyaman dan tenang. Bila terjadi kegagalan pada dikala proses upgrade, kita masih sanggup mengembalikan sistem menyerupai sebelumnya menggunakan file backup yang gres saja kita buat.

Nonaktifkan terlebih dahulu screensaver sebelum melaksanakan proses upgrade. Silahkan gunakan pengaturan screensaver default system Linux Mint untuk melaksanakan hal tersebut. Bila anda menginstall cinnamon spices (applets, desklets, extensions, themes), upgrade aplikasi tersebut melalui system settings. Setelah itu, lakukan cara menyerupai di bawah ini untuk melaksanakan upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia.

  • Pertama klik pada ikon update manager default sistem Linux Mint Cinnamon atau Mate. Letak ikon biasanya terdapat di panel sebelah kanan berupa gambar perisai
  • Lalu klik tombol refresh pada jendela update manager
  • Setelah itu install dua paket ini : mintupdate dan mint-upgrade-info, silahkan klik tombol Install update untuk menginstall paket aplikasi tersebut melalui update manager Linux Mint.
  • Selanjutnya, tampilkan sistem upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia dengan cara : Klik pada tombol Edit ⇾ Upgrade to Linux Mint 18.3 Sylvia .

 kini sudah sanggup melaksanakan upgrade ke versi terbaru distro Linux paling terkenal ini Cara Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia

  • Pada jendela Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia ikuti setiap arahan yang ada disana hingga proses upgrade dijalankan
  • Setelah selesai, silahkan jalankan ulang (reboot) komputer untuk melihat perubahan hasil dari proses upgrade

Bila tidak ada problem dikala proses upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia, kini kita sanggup menggunakan versi terbaru dari distro Linux Mint ini. Untuk memastikan apakah proses upgrade berhasil atau tidak, kita sanggup melihat gosip sistem yang akan menampilkan nama dan versi distro Linux Mint yang sedang kita pakai.


Linux Mint merupakan distro Linux yang mempunyai versi rilis gulir yang akan mengeluarkan versi terbaru setiap 6 bulan sekali. Selain berbasis Ubuntu, Linux mint juga mempunyai versi yang berbasis Debian yang biasa di sebut dengan LMDE (Linux Mint Debian Edition)

Demikian cara upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia, biar bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.  
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel