-->

iklan banner

Ubuntu 17.10 Rilis Dengan Gnome Desktop Menggantikan Unity

Ubuntu Gnome - Canonical resmi meluncurkan versi terbaru dari distro linux ubuntu adalah versi  17.10 (Artful Aardvark) pada tanggal 19 Oktober 2017 dengan membawa Gnome Desktop sebagai desktop environment default ubuntu. Seperti dilansir di insight ubuntu, beberapa perubahan di bawa pada ubuntu versi 17.10 ini, termasuk pembaruan pada desktop kde, mate dan budgie.

Saat goresan pena ini dibuat, ubuntu belum merilis versi lts untuk 17.10, rencananya akan dikeluarkan pada bulan april 2018.  Ubuntu 17.10 hanya menerima pemberian hingga 9 bulan saja hingga Juli 2018.  Bila anda ingin memakai ubuntu dengan pemberian jangka panjang maka, lebih baik pakai yang versi 16.04 LTS dengan pemberian keamanan sistem hingga lima (5) tahun ke depan.

Canonical resmi meluncurkan versi terbaru dari distro linux ubuntu adalah versi Ubuntu 17.10 Rilis Dengan Gnome Desktop Menggantikan Unity

Ubuntu 17.10 Rilis Dengan Gnome Desktop Menggantikan Unity

Seperti pada ubuntu 16.04 lts, ubuntu 17.10 juga membawa atom editor dan microsoft visual studio code yang cukup banyak dipakai dikala ini dalam menyebarkan aplikasi. Setelah projek Unity desktop tidak boleh oleh Canonical, sekarang ubuntu kembali memakai desktop Gnome sebagai desktop environment default ubuntu ibarat pada distro linux debian.

Desktop Gnome memakai ekstensi yang dikembangkan oleh tim Gnome shell. Anda akan menemukan banyak ekstensi menarik dari desktop Gnome yang merupakan salah satu desktop environment modern yang dimiki oleh sistem linux. Ubuntu 17.10 memakai wayland sebagai “default display server” dengan opsi Xorg jikalau memang diperlukan.

Dengan pemberian portal captive, koneksi ubuntu 17.10 ke wifi menjadi lebih simpel. Mozilla Firefox 56, Thundirbird 52 dan LibreOffice 5.4.1 menjadi aplikasi default yang dibawa pada ubuntu 17.10. Selain itu dengan ubuntu 17.10, kita sanggup mencetak tanpa perlu install driver dengan pemberian IPP, Apple AirPrint, Mopria dan wifi direct. Pada rilis ubuntu terbaru ini, peralihan antara perangkat audio terintegrasi dengan bluetooth menjadi lebih sederhana.

Platform snaps untuk Gnome dan KDE memungkinkan pengembang untuk menciptakan dan mendistribusikan “smaller snaps” dengan share library umum. Delta update memastikan bahwa update snaps sanggup lebih cepat dengan bandwith yang lebih sedikit. Secara umum update paket di ubuntu 17.10 lebih sanggup dipercaya daripada paket deb tradisional di ubuntu. Yang niscaya pemberian terhadap snaps pada ubuntu 17.10 menjadi lebih baik.

Ubuntu 17.10 memakai kernel linux 4.13 support terhadap perangkat keras terbaru dari ARM, Intel, IBM, Dell dan masih banyak lagi. Rilis terbaru dari distro linux ubuntu ini juga menambahkan pemberian untuk disk drive Opal dan perbaikan pada sistem input output (I / O). Selain itu, perbaikan terhadap keamanan sistem juga menyebabkan ubuntu 17.10 menjadi salah satu software yang paling mayoritas dalam bidang security sistem (kontainer untuk cloud, barbel-metal, kubernetes, docker dan operasi LXD).

CDK (Canonical's Distrubution of Kubernetes) mendukung seri terbaru dari kubernetes 1.8. Selain itu CDK juga mendukung integrasi “cloud” dan “AWS”, penempatan dan operasi native pada VMWare, Canal sebagai pilihan jaringan pemanis serta support terhadap IBM Z dan LinuxONE.

Dalam konfigurasi jaringan, ubuntu 17.10 memperkenalkan netplan sebagai sintaks YAML, sebuah deklarasi standard untuk mengkonfigurasi antarmuka di ubuntu. Meskipun demikian netplan tetap kompatible dengan sistem sebelumnya sehingga kita tetap sanggup mengelola jaringan memakai NetworkManager atau ifupdown.

Canonical Ltd, merupakan perusahaan yang menyebarkan Ubuntu “the leading OS for cloud operations”. Selain menyediakan distro linux gratis, Canonical juga memberi pemberian dan layanan bagi pengguna komersial Ubuntu. Canonical merupakan perusahaan swasta yang didirikan pada tahun 2004.


Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ubuntu 17.10 Rilis Dengan Gnome Desktop Menggantikan Unity"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel