-->

iklan banner

√ Unsur Biotik Abiotik Dan Sosial Lingkungan


Unsur Biotik Abiotik dan Sosial Lingkungan - Perhatikan gambar lingkungan hidup di bawah ini! Terdiri atas apa saja unsurunsur lingkungan itu?


1. Unsur abiotik
Abiotik berasal dari kata a dan biotic. A artinya tidak, biotic artinya bersifat hidup. Kaprikornus abiotik berarti tidak hidup. Komponen-komponen ekologi abiotik mencakup air, udara, dan tanah.

a. Air
Air yang berada di permukaan bumi tergenang sebagai rawa, sungai, waduk, maupun laut. Air yang berada di dalam bumi sebagai air tanah. Air tanah keluar ke permukaan bumi sebagai mata air, atau sanggup sebab dipompa dan ditimba. Air juga ada di dalam badan manusia, di dalam badan makhluk hidup hewan, dan tumbuhan.

Unsur Biotik Abiotik dan Sosial Lingkungan √ Unsur Biotik Abiotik dan Sosial Lingkungan


b. Udara
Akibat semakin bertambahnya industri dan kendaraan bermotor, ketika ini udara di kota-kota besar semakin tercemar. Pencemaran itu berasal dari asap pabrik, asap kendaraan bermotor, limbah industri dan rumah tangga (sampah). Mengingat pentingnya udara bagi kehidupan maka udara harus dijaga biar tetap higienis dan tidak tercemar. Caranya yakni dengan menanam banyak pohon (terutama di kotakota besar), memakai mesin industri maupun kendaraan yang ramah lingkungan serta pengelolaan limbah (sampah) yang baik.

Udara yang menyelubungi bumi kita ini terdiri atas gas-gas. Gas-gas tersebut yakni Nitrogen (78%), Oksigen 21 (%), Argon (0,9%), Karbondioksida (0,03%), don Kripton, Neon, Xenon, Hidrogen, Helium, don Ozon sebesar 0,07%. Gas-gas tersebut juga sangat mempunyai kegunaan bagi manusia. Di antara banyak gas, maka gas yang vital untuk kehidupan yakni Oksigen.

c. Tanah
Tanah merupakan batuan yang sudah lapuk bercampur dengan sisa makhluk hidup, air, dan udara. Tanah merupakan lapisan penggalan atas bumi daerah tumbuhnya tanaman. Tanah mempunyai banyak fungsi dalam ekologi antara lain sebagai daerah hidup organisme. Tanah sangat penting bagi kehidupan. Tanah yang subur menjadi daerah tumbuhnya tumbuhan pangan bagi insan ataupun hewan. Tanah juga berfungsi sebagai penyimpan air. Agar tanah sanggup menyimpan air dengan optimal harus ditanami dengan tanaman.



2. Unsur Biotik
Unsur biotik yakni segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita yang berwujud makhluk hidup (organisme). Misalnya binatang dan tumbuhan. Kelompok ekologi biotik mencakup majemuk jenis dan spesies makhluk hidup. Ekosistem biotik dibedakan menjadi dua yaitu produsen dan konsumen.

a. Produsen
Makhluk hidup yang dikelompokkan menjadi golongan produsen disebut autotrof, yakni kelompok produsen yang bisa menciptakan masakan untuk dirinya sendiri. Tanaman hijau merupakan kelompok produsen pada ekosistem darat. Tanaman hijau menciptakan masakan sendiri dengan dukungan sinar matahari. Oleh sebab itu, sinar matahari sangat diharapkan oleh tumbuhan hijau.
b. Konsumen
Kelompok ekosistem dalam pembagian terstruktur mengenai konsumen sering disebut heterotrof, yakni organisme yang memakan organisme lain baik sesama organisme konsumen maupun organisme produsen. Beberapa jenis kelompok organisme konsumen yang tergantung pada jenis makanannya, seperti:
1) Konsumen primer (herbivora), memakan eksklusif tumbuhan atau jenis produsen lain.
2) Konsumen sekunder (karnivora), memakan konsumen primer.
3) Konsumen tersier (konsumen tingkat tinggi), hanya memakan binatang pemakan binatang.
4) Pemakan segala (omnivora), memakan tumbuhan dan binatang.
5) Pemakan sisa (detrivora), memakan bagian-bagian organisme yang telah mati dan mengubahnya menjadi partikel-partikel organik, misalnya semut, cacing, rayap dan sebagainya.



3. Unsur Sosial dan Budaya
Manusia yakni sebagai penggalan dari unsur-unsur ekosistem yang mustahil sanggup dipisahkan. Oleh sebab itu, ibarat halnya dengan organisme lainnya, kelangsungan hidup insan tergantung pula pada kelestarian ekosistemnya. Pengaruh insan terhadap lingkungan ada tiga, yaitu perusakan lingkungan, pelestarian lingkungan, dan perbaikan lingkungan.

Unsur Biotik Abiotik dan Sosial Lingkungan √ Unsur Biotik Abiotik dan Sosial Lingkungan


Sekian mengenai Unsur Biotik Abiotik dan Sosial Lingkungan, semoga bermanfaat.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Unsur Biotik Abiotik Dan Sosial Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel