-->

iklan banner

✔ Perbankan Syariah Dan Akuntansinya

Definisi Perbankan Syariah ialah campuran pengertian perbankan dan syariah. Perbankan berdasarkan pasal 1 ayat 1 UU No.7 Tahun 1992 ialah tubuh perjuangan yang menghimpun dana dari masyarakat umum dalam bentuk simpanan dan menyalurkannnya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak, sedangkan syariah ialah aturan yang dibentuk oleh Allah SWT yang berisi perintah atau larangan untuk dipatuhi insan dalam menjalani hidupnya – atau
berdasarkan aturan islam. Kaprikornus perbankan syariah ialah tubuh perjuangan yang menghimpun dana dari masyarakat umum dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup orang banyak yang sesuai dengan aturan islam/syariah.
Perbedaan Perbankan Konvesional dan Syariah :
Perbedaan
Perbankan Konvesional
Perbankan Syariah
Dasar Hukum
Hukum Bisnis Modern
Alquran dan Hadist
Tujuan
Memaksimalkan Keuntungan
Memperoleh keuntungan yg wajar
Dasar Tindakan
Rasional Ekonomi
Agama Islam
Berorientasi
Individu
Masyarakat

Akuntansi Perbankan syariah ;
Dalam memahami akuntansi perbankan syariah, ada 2 hal dasar yang perlu anda perhatikan yaitu :
1.      Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Perbankan Syariah yang memuat perihal Karakteristik Bank Syariah, Pemakai Informasi, tujuan laporan keuangan dan lain2.
2.      Tentang PSAK 59 yang memuat / mengatur perihal pengakuan, pengukuran, pengungkapan dan penyajian perihal produk mudharabah, musyarakah, murabahah, istishna, istishna paralel, salam, salam paralel, ijarah dan ijarah muntahiyah bittamlik, wadiah, qardh, sharf dan aktivitas berbasis imbalan.

Tujuan Akuntansi Perbankan Syariah :
1.      Menentukan hak dan kewajiban pihak terkait, termasuk hak dan kewajiban yang berasal dari transaksi belum final atau aktivitas ekonomi lain, sesuai dengan prinsip syariah yang berlandaskan pada konsep kejujuran, keadilan, kebijakan dan kepatuhan terhadap nilai – nilai bisnis islami.
2.       Menyediakan gosip keuangan yang bermanfaat bagi pengguna dalam pengambilan keputusan, dan

3.      Meningkatkan kepatuhan terhadap prinsip syariah dalam semua transaksi dan aktivitas usaha.

Sumber http://candraekonom.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Perbankan Syariah Dan Akuntansinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel