-->

iklan banner

Pengertian Sudut Dan Besaran Sudut

Pengertian Sudut dan Besaran Sudut - Artikel ini berisi bahan wacana Pengertian Sudut, Besaran Sudut, dan Beberapa Contoh Soal wacana Sudut dan besaran sudut. Pada postingan sebelumnya, kita telah mempelajari bahan wacana sifat - sifat garis. Hari ini, Ilmu Sains Online akan menawarkan bahan wacana Sudut dan Besaran Sudut. Perhatikan dengan baik bahan dibawah ini ya mitra - kawan.

 Artikel ini berisi bahan wacana Pengertian Sudut Pengertian Sudut dan Besaran Sudut
Google Image - Pengertian Sudut dan Besaran Sudut

Sudut dan besaran sudut merupakan bahan yang harus kita kuasai sedari awal. Materi ini menjadi sangat penting untuk kita ketahui saat kita harus mempelajari bangkit datar segitiga serta pelajaran fisika wacana Gerak Parabola. Materi tersebut memerlukan pengetahuan wacana sudut dan besaran sudut. Untuk itu, kalian harus membaca bahan dibawah ini dengan cermat dan teliti ya. Langsung saja simak materinya dibawah ini.

Materi Tentang Pengertian Sudut dan Besaran Sudut


Pengertian Sudut


Pada postingan wacana kedudukan garis sejajar, berpotongan, dan berimpitan kemarin, secara tidak eksklusif berkaitan dengan sudut. Coba baca kembali bahan tersebut. Pada pengertian garis yang saling berpotongan, dimana suatu garis dikatakan berpotongan apabila garis - garis tersebut berpotongan pada suatu titik dan berada pada suatu bidang datar. Titik tersebut sanggup kita sebut dengan sudut perpotongan. Perhatikan gambar dibawah ini:
Garis diatas berpotongan pada titik B. Titik tersebut lah yang dinamakan dengan Sudut. Untuk lebih memahami bahan ini, kini coba kalian perhatikan gambar dibawah ini:
Suatu sudut sanggup dibuat dengan cara memutar garis terhadap titik pusatnya. Contoh pada gambar diatas, Sudut ABC sanggup dibuat dengan cara memutar garis BC terhadap titik pusatnya hingga garis AB. Besar nya pergeseran tersebut lah yang dinamakan dengan kawasan sudut. 

Titik B dinamakan dengan Titik Sudut, dan garis BC dan AB dinamakan dengan kaki sudut. Daerah sudut di batasi oleh du buah kaki sudut BC dan AB yang lalu besar kawasan sudut tersebut dinamakan dengan Besar sudut ABC. Sudut dinotasikan dengan Derajat "o".

Pada gambar diatas, Sudut yang terbentuk dinamakan ibarat yang ada dibawah ini:
a. Sudut ABC atau ∠ABC;
b. Sudut CBA atau ∠ABC;
c. Sudut B atau ∠B.

Berdasarkan analisa diatas, sanggup dikatakan bahwa sudut ialah kawasan yang dibuat oleh pertemuan antara dua buah sinar atau dua buah garis lurus.


Besaran Sudut


Besaran suatu sudut sanggup dinyatakan kedalam satuan derajat ("o"), menit ('), dan detik ("). Perhatikanlah jarum jam pada jam dinding. Untuk memperlihatkan waktu satu jam, jarum menit harus berputar 1 putaran penuh dan jarum detik harus berputar 1 putaran penuh sebanyak 60 kali. Sehingga sanggup dikatakan 1 jam = 60 menit, dan 1 menit = 60 detik.

Hal ini juga berlaku untuk satuan sudut. Hubungan antara derajat (°), menit (‘), dan detik (“) sanggup dituliskan sebagai berikut.

1° = 60’ atau 1’ = (1/60)°
1’ = 60” atau 1” = (1/60)’
1° = 60 x 60” = 3.600” atau 1’ = (1/3.600)°

Contoh Soal Sudut dan Besaran Sudut


Contoh Soal 1


Tentukan kesamaan besaran sudut dibawah ini.

a. 10° = ...'
b. 12' = ...°
c. 50° 6' = ...°
d. 6' 120° = ..."

Penyelesaian

a. 10° = ...'
10° = 10 x 60'
10° = 600'

b. 12' = ...°
12' = (12/60)°
12' = 0,2°

c. 50° 6' = ...°
50° 6' = 50° + (6/60)°
50° 8' = 50° + 0,1°
50° 8' = 50,1°

d. 6' 0,015° = ..."
6' 120° = 6 x 60" + (0,015x3600)"
6' 120° = 360" + 54"
6' 120° = 414".

Pengertian Sudut dan Besaran Sudut - Nah, Inilah yang dapat Ilmu Sains Online berikan untuk kalian semua. Harapannya kalian semua sanggup mendapat ilmu dari bahan diatas. Jika kalian merasa bingung, Langsung saja tanyakan kepada kami pada kolom komen dibawah. Pasti akan kami jawab. Jangan lupa Share ya mitra - kawan. Besok kita akan mempelajari bahan yang lebih menarik lagi tentunya. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Sudut Dan Besaran Sudut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel