-->

iklan banner

Bunyi Aturan Newton (1,2,3) Rumus Beserta Contoh


HUKUM NEWTON 

Hukum gerak Newton ialah adalah 3 aturan fisika yang menjadi dasar mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan korelasi antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya

1.    Hukum I Newton
Berbunyi
"Jika resultan gaya yang bekerja pada benda  sama dengan nol, maka benda yang posisinya membisu akan tetap membisu dan Benda yang bergerak tetap bergerak dengan kecepatan yang konstan".

Secara Matematis Hukum I Newton sanggup dituliskan sebagai berikut:

ƩF = 0

Dari Pemaparan diatas, sanggup dipahami bahwa suatu benda akan cenderung mempertahankan keadaannya. Benda yang keadaan awalnya membisu akan bertahan dan cenderung akan tetap diam, sebaliknya benda yang sedang bergerak akan cenderung tetap bergerak. Hukum I Newton ini biasa disebut sebagai aturan kelembaman.

Ketika berada dalam kendaraan yang sedang melaju dengan cepat lalu berhenti secara tiba-tiba maka supir akan terdorong kedepan. Dorongan kedepan inilah yang menjelaskan kecenderungan benda yang membisu akan bertahan untuk diam, dan yang bergerak akan bertahan untuk tetap bergerak.

2.    Hukum II Newton


Berbunyi :
“Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya".

Secara matematis Hukum II Newton sanggup dituliskan sebagai berikut:

a = ƩF / m
dimana: a = percepatan (m/s2)
ƩF= resultan gaya (N)
 m = massa (kg)

Ketika kau mendorong meja seorang diri, tentu meja tersebut bergerak lambat. Akan beda halnya ketika kau mendorong meja dengan teman-temanmu, maka meja tersebut akan lebih gampang lagi bergerak. Hal ini terjadi lantaran gaya yang diberikan terhadap meja oleh kau sendiri lebih kecil dibandingkan ketika kau mendorong meja tersebut dengan teman-temanmu. Dengan demikian, meja lebih gampang digerakkan lantaran percepatannya lebih besar.

Contoh :
dirimu mendorong sebuah kotak bermassa 1 kg yang terletak diatas permukaan lantai datar tanpa ukiran dengan gaya sebesar 5 N. Berapakah percepatan yang dialami kotak tersebut ?
Penyelesaian :
Diketahui : m = 1 kg
F = 5 N
    Ditanya : a ?
    Jawab : a = ƩF / m
        = 5 N / 1 kg
        = 5 m/s2

3.    Hukum III Newton



Berbunyi :
“Jika suatu benda memperlihatkan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memperlihatkan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan".

Secara matematis Hukum III Newton sanggup dituliskan sebagai berikut:

Gaya agresi = - Gaya Reaksi
F agresi = - F reaksi


Coba kini memukul tembok dengan tanganmu? apa yang kau rasakan? pastilah tangan terasa sakit. Nah kini cobalah menendang tembok dengan kaki tanpa menggunakan sepatu, apa yang kau rasakan? tentunya kaki akan terasa sakit. Mengapa hal itu sanggup terjadi? hal ini disebabkan dikala kita memperlihatkan gaya (menendang) tembok maka tembok juga akan membalas dengan gaya yang besarnya sama kepada kaki kita. 

Gaya yang kita berikan pada tembok dikala menendang tembok disebut gaya aksi, gaya agresi ini arahnya menuju tembok. Sedangkan gaya yang tembok berikan disebut gaya reaksi, gaya reaksi arahnya menjauhi tembok.


Nah itu lah pembahasan dari Hukum Newton 1, 2 dan 3 bunyi, rumus beserta tumpuan nya. 
biar bermanfaat 😉

Sumber http://mustarikulilmi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bunyi Aturan Newton (1,2,3) Rumus Beserta Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel