-->

iklan banner

Pengajaran Profesional Dan Pembelajaran Bermakna 3

TELAAH KURIKULUM
Untuk memahami makna fundamental pernyataan-pernyataan setiap SK dan KD, untuk memahami korelasi antara SK dan KD, memahami bangkit kompetensi yang akan dicapai dalam satu semester, menghasilkan tema sebagai payung bahasan unit-unit kompetensi,dan untuk menyusun draft silabus dan RPP yang sistematis, guru perlu melaksanakan telaah kurikulum melalui langkah Pemetaan Kompetensi dan Mengembangkan Ide-Ide Kegiatan pembelajaran.
Pemetaan Kompetensi diawali dengan mengelompokkan KD-KD yang memiliki "kesamaan" aspek tertentu. Kesamaan ini selanjutnya dikemas menjadi tema/konteks/teks, dimana tema
/konteks/teks ini dijadikan wadah bagi pengembangan pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual. Pemetaan kompetensi yang baik akan membantu guru dalam administrasi waktu alasannya ialah KD-KD yang memiliki kesamaan aspek sanggup diintegrasikan sehingga menghindari pengulangan bahan dan memudahkan pemahaman penerima didik.
Untuk membuatkan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna guru perlu merencanakan ide-ide acara pembelajaran untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Ide-ide acara pembelajaran akan memudahkan penyusunan silabus dan planning pembelajaran, alasannya ialah tentunya guru akan menyusun ide-ide acara pembelajaran yang diubahsuaikan dengan kondisi penerima didik, ketersediaan sarana dan prasarana, dan kemampuan guru. Kegiatan merancang inspirasi acara pembelajaran akan memudahkan guru merancang Lembar Kerja Siswa.


Baca Juga

Sumber http://buguruwati.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengajaran Profesional Dan Pembelajaran Bermakna 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel