-->

iklan banner

Rpp Tekanan Zat Padat (Smp) K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran              : IPA
Kelas / Semester             : VIII / Ganjil
Materi Pokok                 : Tekanan Zat
Alokasi Waktu               : 2 x 40  menit

             A.    Tujuan Pembelajaran
 Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan :
              1.      Peserta didik sanggup menjelaskan pengertian tekanan.
              2.      Peserta didik sanggup memahami konsep tekanan pada zat padat.
              3.      Peserta didik sanggup mengetahui faktor-raktor yang mensugesti tekanan zat padat.

B.       Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8  Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
3.8.1 Mendeskripsikan konsep tekanan pada zat padat dan pola dalam kehidupan sehari-hari
4.8  Menyajikan data hasil percobaan untuk mengusut tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, daya apung, dan kapilaritas, contohnya dalam batang tumbuhan
4.8.1 Menyajikan data hasil percobaan tekanan pada zat padat

D.    Materi Pembelajaran
Pada bahan sebelumnya wacana Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar, pada pembelajaran tersebut kita pernah membahas wacana gaya. Gaya sanggup berupa tarikan maupun dorongan. Gaya sanggup mengubah bentuk, arah, dan kecepatan benda.
Apa itu tekanan? Dalam kehidupan sehari-hari tekanan adalah fenomena yang umum ditemui. Banyak kejadian disekitar kita yang bekerjasama dengan tekanan. Misalnya, berjalan di atas tanah yang lembek, apa yang terjadi pada bab tanah yang terinjak? Ternyata bab tanah yang terinjak akan tertekan ke bawah seluas ganjal sepatu. Hal itu alasannya terdapat gaya yang dikerjakan kaki pada tanah seluas bidang tekan ganjal sepatu. 
Sama halnya dengan fenomena pada angsa dan ayam. Bebek sanggup dengan gampang mencari masakan ditempat yang berlumpur, sedangkan ayam kesulitan untuk mencari makan ditempat tersebut. Mengapa demikian? coba perhatikan struktur dari kaki angsa dan ayam. Bebek mempunyai selaput pada kakinya, sedangkan ayam tidak memilikinya. Dengan permukaan pijakan yang luas pada angsa sehingga menjadikan tekanan yang dihasilkan oleh kaki terhadap lumpur semakin kecil, sehingga angsa tidak gampang terperosok kedalam lumpur.
Dapat dikatakan bahwa tekanan merupakan besarnya gaya per satuan luas permukaan daerah gaya itu bekerja.
Sehingga apabila gaya yang diberikan semakin besar, maka tekanan yang dihasilkan akan semakin besar. Sebaliknya, semakin luas permukaan suatu benda, tekanan yang dihasilkan semakin kecil.
Secara matematis sanggup dituliskan,
                                                   P = F / A

        Ket : P = tekanan (N/m2 atau Pa)
                F = gaya (N)
               A = luas permukaan (m2)
 

           Faktor yang mensugesti sebuah tekanan ialah besarnya gaya tekan dan luas                  permukaan/ bidang tekan.
Contoh soal :
Indah bermain ski salju dengan memakai sepatu salju, lalu menunjukkan gaya sebesar 200 N, dan luas permukaan sepatu salju indah sebesar 2 m2. Tentukan besar tekanan yang diberikan indah terhadap tanah !
Penyelesaian :
Diketahui:
F = 200 N
A = 2 m2
Ditanya:
P ?
Jawab:
P = F / A
    = 200 / 2
    = 100 Pa


E.  Kegiatan Pembelajaran
Model Saintifik
Kegiatan
Langkah-langkah Model saintifik
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulasi)

·   Guru mengucapkan salam dan membimbing akseptor didik untuk ber do’a sebelum memulai pembelajaran
·   Guru mengecek kebersihan kelas dan kehadiran akseptor didik dan menilik kesiapan akseptor didik untuk mengikuti pembelajaran
·   Guru melaksanakan apersepsi dengan mengaitkan pada bahan sebelumnya “pada bahan sebelumnya kita pernah membahas wacana gaya, gaya sanggup berupa tarikan atau dorongan, sanggup mengubah bentuk, arah dan kecepatan benda. Apa kekerabatan pada bahan kini wacana tekanan?”
·   Guru melakukan motivasi dengan menanyakan kepada akseptor didik “pernahkah kalian berjalan diatas tanah yang lembek? Apa yang terjadi? tanah yang kita injak tersebut membentuk bekas pijakan seluas sepatu kita. Maka kita telah menunjukkan gaya terhadap tanah tersebut sehingga terbentuklah bekas pijakan.”
·   Guru memberikan tujuan pembelajaran
10 menit
Inti
1. Mengamati
·  Guru menjelaskan bahan yang terkait
·  Peserta didik memperhatikan klarifikasi guru
60 menit
2. Menanya
·   Guru melaksanakan tanya jawab kepada akseptor didik
3. Mengumpulkan informasi/mencoba
·  Guru membagi akseptor didik menjadi beberapa kelompok
·  Guru menunjukkan lembar kerja siswa kepada setiap kelompok
·  Guru menjelaskan proses pengerjaan lembar kerja siswa
4. Menalar / Mengasosiasi
·   Setiap kelompok mendiskusikan dan menuntaskan lembar kerja siswa yang telah diberikan selama 20 menit
·   Guru membimbing akseptor didik dalam mengerjakan lembar kerja siswa
5. Mengkomunikasikan
·  Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kepada guru
·  Guru meminta perwakilan salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
Penutup
Verifikasi
·   Guru bersama akseptor didik menyimpulkan hasil pembelajaran
·   Guru menunjukkan penguatan bahan kepada akseptor didik
·   Guru menunjukkan soal individu untuk mengetahui pemahaman akseptor didik
·   Guru mengucapkan salam
10 menit
       
       F.     Media Pembelajaran
·         Media                 : Power Point
·         Alat dan Bahan  : LCD, Papan Tulis, Lembar Kerja Siswa (LKS), plastisin, beban

       G.    Sumber Belajar
·         Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 2
·         Modul Pembelajaran wacana tekanan

       H.    Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Penilaian Kinerja (LKS)
·         Tes tertulis
·         Soal Pengetahuan

                                                                                             

            1.    Penilaian Pengetahuan
a.    Instrument Penilaian Pengetahuan
No
Bentuk Soal
Instrumen Soal
1
Pilihan Ganda

2

3

4

5


b.    Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran 
No
Kunci Jawaban
Skor
1.


2.


3.


4.


5.


Total Skor



2.    Penilaian Sikap
1.         Instrumen Penilaian
No
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1



2



3



4



5





Sumber http://mustarikulilmi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rpp Tekanan Zat Padat (Smp) K13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel