-->

iklan banner

Rpp Tekanan Hidrostatis (Smp) K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran              : IPA
Kelas / Semester             : VIII / Ganjil
Materi Pokok                 : Tekanan Zat
Alokasi Waktu               : 2 x 40  menit

            A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan :
            1.      Peserta didik sanggup menjelaskan pengertian tekanan hidrostatis.
            2.      Peserta didik sanggup memahami konsep tekanan hidrostatis.
            3.      Peserta didik sanggup mengetahui faktor-raktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis.

B.       Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8  Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
3.8.1 Mendeskripsikan konsep tekanan hidrostatis dan teladan dalam kehidupan sehari-hari
4.8  Menyajikan data hasil percobaan untuk mengusut tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, daya apung, dan kapilaritas, contohnya dalam batang tumbuhan
4.8.1 Menyajikan data hasil percobaan tekanan hidrostatis

D.    Materi Pembelajaran
Pada bahan sebelumnya perihal tekanan pada zat padat, apakah tekanan hanya berlaku
pada benda yang padat saja? Ada berapa jenis zat yang kau ketahui?
     Apakah zat cair juga sanggup memperlihatkan tekanan? pernahkah kau menyelam? Apa yang kau rasakan terhadap dada kamu? Apakah dada kau merasa tertekan? Semakin dalam kau menyelam, kau akan mencicipi tekanan yang semakin besar.
     Tekanan yang kau rasakan ketika menyelam merupakan tekanan yang dihasilkan dari zat cair yang disebut dengan tekanan hidrostatis.
     Tekanan hidrostatis yaitu tekanan dalam zat cair yang disebabkan oleh berat zat cair itu sendiri. Tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh massa jenis zat cair dan kedalam zat cair. Semakin dalam zat cair, maka semakin besar tekanan yang dihasilkan. Semakin besar massa jenis zat cair, maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan.
     Secara matematis tekanan hidrostatis sanggup dirumuskan,
Ph = ρ x g x h
Keterangan: Ph = tekanan pada zat cair (N/m2 atau Pa)
                ρ = massa jenis zat cair (kg/m3)
                g = percepatan gravitasi (m/s2)
                h = tinggi zat cair (m)
contoh soal :
            sebuah drum dengan tinggi 1 m di isi air sampai penuh. Tentukan tekanan hidrostatis pada dasar drum kalau massa jenis air 100 kg/m3 dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 !
penyelesaian :
diketahui : h = 1 m
 ρ = 100 kg/m3
      g = 10 m/s2
ditanya : P ?
jawab : P = ρ x g x h
           = 100 x 10 x 1
           = 1.000 N/m2 atau Pa
Tekanan hidrostatis ini penting untuk diperhatikan dalam merancang banyak sekali struktur bangunan dalam penampungan air, contohnya dalam pembuatan bendungan. Maka dari itu pembangunan bendungan mempunyai konstruksi yang semakin melebar pada potongan dasarnya untuk manahan tekanan air. Kemudian dalam pembuatan kapal selam juga memperhitungkan tekanan hidrostatis air laut, sehingga kapal selam bisa menyelam kedasar maritim tanpa harus mengalami kebocoran atau kerusakan tanggapan tekanan hidrostatis.

E.  Kegiatan Pembelajaran
Model Saintifik
Kegiatan
Langkah-langkah Model saintifik
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulasi)

·   Guru mengucapkan salam dan membimbing penerima didik untuk ber do’a sebelum memulai pembelajaran
·   Guru mengecek kebersihan kelas dan kehadiran penerima didik dan menilik kesiapan penerima didik untuk mengikuti pembelajaran
·   Guru melaksanakan apersepsi dengan mengaitkan pada bahan sebelumnya “pada meteri sebelumnya perihal tekanan pada zat padat, apakah tekanan hanya berlaku pada benda yang padat saja? Ada berapa jenis zat yang kau ketahui?”
·   Guru melakukan motivasi dengan menanyakan kepada penerima didik “Apakah zat cair juga sanggup memperlihatkan tekanan? pernahkah kau menyelam? Apa yang kau rasakan terhadap dada kamu? Apakah dada kau merasa tertekan?”
·   Guru memberikan tujuan pembelajaran
10 menit
Inti
1. Mengamati
·  Guru menjelaskan bahan yang terkait
·  Peserta didik memperhatikan klarifikasi guru
60 menit
2. Menanya
·   Guru melaksanakan tanya jawab kepada penerima didik
3. Mengumpulkan informasi/mencoba
·  Guru membagi penerima didik menjadi beberapa kelompok
·  Guru memperlihatkan lembar kerja siswa kepada setiap kelompok
·  Guru menjelaskan proses pengerjaan lembar kerja siswa
·  Guru melaksanakan demonstrasi dengan bahan yang terkait
4. Menalar / Mengasosiasi
·   Setiap kelompok mendiskusikan dan menuntaskan lembar kerja siswa yang telah diberikan
·   Guru membimbing penerima didik dalam mengerjakan lembar kerja siswa
5. Mengkomunikasik-an
·  Peserta didik mengumpulkan lembar kerja siswa kepada guru
·  Guru meminta perwakilan salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
Penutup
Verifikasi
·   Guru bersama penerima didik menyimpulkan hasil pembelajaran
·   Guru memperlihatkan penguatan bahan kepada penerima didik
·   Guru memperlihatkan soal individu untuk mengetahui pemahaman penerima didik
·   Guru menutup pelajaran dengan membaca doa bersama penerima didik dan mengucapkan salam
10 menit

      F.     Media Pembelajaran
·         Media                 : Power Point, proyektor, laptop.
·         Alat dan Bahan  : Lembar Kerja Siswa (LKS), Botol 1.500 ml yang sudah dilubangi, air.

      G.    Sumber Belajar
·         Kemendikbud. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 2 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud
·         Modul Pembelajaran perihal tekanan

      H.    Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Penilaian Kinerja (LKS)
·         Tes tertulis
·         Soal Pengetahuan





1.    Penilaian Pengetahuan
a.    Instrument Penilaian Pengetahuan
No
Bentuk Soal
Instrumen Soal
1
Pilihan Ganda

2

3

4

5


b.    Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran 
No
Kunci Jawaban
Skor
1.


2.


3.


4.


5.


Total Skor


2.    Penilaian Keterampilan
1.      Instrumen Penilaian
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
 Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Fokus dalam melihat  demonstrasi yang dilakukan oleh guru




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam mengerjakan Lomba Kompetensi Siswa secara berkelompok




4
 Keterampilan berkomunikasi pada ketika mempresentasikan hasil diskusi kelompok





2.     Rubrik Penilaian


No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:  memperlihatkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam aktivitas kelompok
2: memperlihatkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan gres terlibat aktif dalam aktivitas kelompok ketika disuruh
1: tidak memperlihatkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam aktivitas kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian dan hati-hati





3:  mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melaksanakan percobaan
2: mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melaksanakan percobaan
1: mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur,  kurang hati-hati dalam melaksanakan percobaan
3
 Ketekunan dan tanggungjawab dalam berguru dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:  tekun dalam menuntaskan kiprah dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya sempurna waktu.
2: berupaya sempurna waktu dalam menuntaskan tugas, namun belum memperlihatkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menuntaskan tugas, dan tugasnya tidak simpulan
4
Berkomunikasi
3.      Aktif dalam  tanyajawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.      aktif dalam tanya jawab
3.      tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain



3.    Penilaian Sikap
1.         Instrumen Penilaian
No
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1



2



3



4



5








Sumber http://mustarikulilmi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rpp Tekanan Hidrostatis (Smp) K13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel