-->

iklan banner

Rpp Perjuangan Dan Daya (Smp) K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran              : IPA
Kelas / Semester             : VIII / Ganjil
Materi Pokok                 : Pesawat Sederhana
Alokasi Waktu               : 2 x 40  menit

A.  T ujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran dibutuhkan :
            1.      Peserta didik sanggup memahami konsep perjuangan dan Daya
            2.      Peserta didik sanggup menyebutkan referensi perjuangan dalam kehidupan sehari-hari
            3.      Peserta didik sanggup menuntaskan permasalahan perihal perjuangan dan daya

B.  Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2     Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
3.2.1    Mendeskripsikan konsep usaha, pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
4.2  Menyajikan hasil penyelidikan atau penyelesaian persoalan perihal manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
4.2.1       Melalui pengamatan eksklusif atau pun melalui gambar akseptor didik sanggup mengetahui manfaat dari pesawat sederhana

D.  Materi Pembelajaran
Pernah kau berusaha mendorong tembok ? Apakah tembok tersebut bergerak ? Meskipun kau merasa lelah dan berkeringat, namun dikala kau mendorong tembok tersebut, dikatakan bahwa kau tidak melaksanakan perjuangan sama sekali atau usahanya bernilai nol.
Pernah kau mendorong meja ? Apakah meja tersebut bergerak ? meja yang kau dorong tersebut bergerak atau berpindah dari daerah semula.
Maka dari referensi diatas sanggup dikatakan bahwa, perjuangan yakni perpindahan energi oleh gaya sehingga benda berpindah. Semakin besar gaya yang dipakai untuk memindahkan benda, semakin besar pula perjuangan yang dilakukan. Semakin besar perpindahan benda, semakin besar pula perjuangan yang dilakukan.
Berdasarkan pernyataan tersebut sanggup disimpulkan bahwa besarnya perjuangan (W) ditentukan oleh besar gaya yang dipakai untuk memindahkan benda (F) dan besar perpindahannya (S). Secara matematis sanggup dituliskan sebagai berikut :
W = F x S
Keterangan : W = Usaha (Joule)
               F  = Gaya (Newton)
               S  = Perpindahan (Meter)
Contoh soal :
       Sebuah kotak didorong oleh Ilham dengan gaya sebesar 12 newton, sehingga kotak tersebut berpindah sejauh 4 meter ke arah kanan dari posisi semula. Tentukan perjuangan yang dilakukan gaya pada kotak tersebut ?
Penyelesaian :
W = F x S
     = 12 newton x 4 meter
     = 48 Joule

       Daya didefinisikan sebagai laju suatu benda dalam melaksanakan usaha. Daya juga didefinisakan  sebagai besar energi yang dipergunakan dalam setiap detik. Sehingga sanggup ditentukan dengan cara membagi besar perjuangan (W) dengan selang waktunya (t), atau secara matematis sanggup dituliskan sebagai berikut :
P = W / t
Keterangan : P = daya (Watt)
             W = Usaha (Joule)
               t  =  Waktu (Sekon)
Contoh soal :
       Sebuah lampu menyela selama 20 detik, sehingga lampu tersebut memakai energi listrik sebesar 100 joule. Tentukan daya lampu tersebut ?
Penyelesaian :
P = W / t
   = 100 joule / 20 detik
   = 5 watt
  
E.  Kegiatan Pembelajaran
Model Saintifik
Kegiatan
Langkah-langkah Model saintifik
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulasi)

·   Guru mengucapkan salam dan membimbing akseptor didik untuk ber do’a sebelum memulai pembelajaran
·   Guru mengecek kehadiran peserta didik dan menilik kesiapan akseptor didik untuk mengikuti pembelajaran
·   Guru memberikan tujuan pembelajaran
·   Guru melaksanakan apersepsi dengan mengaitkan pada bahan sebelumnya “saat seorang mendorong meja maka terjadilah gaya dorong, maka dikala mendorong meja tersebut memerlukan perjuangan sehingga meja tersebut bergerak dan berpindah tempat”
·   Guru memberikan motivasi dengan mendemonstrasikan kepada akseptor didik dengan mendorong dinding dan mendorong meja kemudian menanyakan “apa yang terjadi dengan dinding dan meja tersebut sesudah didorong?”
10 menit
Inti
1. Mengamati
·  Guru mendemonstrasikan mendorong sebuah meja
·  Peserta didik mengamati guru mendemonstrasikan mendorong meja
60 menit
2. Menanya
·   Guru melaksanakan tanya jawab kepada akseptor didik
·   Guru menjelaskan bahan yang terkait
3. Mengumpulkan informasi/mencoba
·  Guru memperlihatkan akseptor didik beberapa pertanyaan
4. Menalar / Mengasosiasi
·   Setiap akseptor didik menuntaskan pertanyaan yang diberikan
5. Mengkomunikasikan
·  Peserta didik menuliskan jawabannya ke depan atau ke papan tulis
Penutup
Verifikasi
·   Guru bersama akseptor didik menyimpulkan hasil pembelajaran
·   Guru memperlihatkan soal individu untuk mengetahui pemahaman akseptor didik
·   Guru mengucapkan salam
10 menit

       F.     Media Pembelajaran
·         Media                 : Power Point
·         Alat dan Bahan  : Proyektor, Lingkungan sekitar

       G.    Sumber Belajar
·         Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 1

       H.    Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Penilaian Kinerja (LKS)
·         Tes tertulis
·         Soal Pengetahuan

                                                


            1.    Penilaian Pengetahuan
a.    Instrument Penilaian Pengetahuan
No
Bentuk Soal
Instrumen Soal
1
Pilihan Ganda

2

3

4

5


b.    Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran 
No
Kunci Jawaban
Skor
1


2


3


4


5


Total Skor


2.    Penilaian Sikap
1.         Instrumen Penilaian
No
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap



























Sumber http://mustarikulilmi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rpp Perjuangan Dan Daya (Smp) K13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel