-->

iklan banner

Mengenal Sajian Dashboard Blogspot Blogger

Menu Dashboard Blogger.com - Bagi anda yang gres mengenal blog dengan platform blogspot (blogger.com), mungkin perlu mengetahui apa saja sajian yang terdapat di  dashboard blogspot. Tampilan dashboard blogspot cukup simpel sehingga gampang dipahami. Dari sajian dashboard inilah kita sanggup melaksanakan banyak sekali hal pada blog yang kita miliki.

Blogger.com merupakan salah satu layanan blog gratis yang disediakan oleh Google Inc. Blogger.com memakai domain blogspot untuk blog versi gratisnya. Blogger.com menjadi salah satu layanan blog paling terkenal yang mempunyai banyak pengguna. Selain itu, wordpress.com atau wordpress.org juga merupakan layanan blog terkenal yang banyak dipakai oleh mereka untuk menciptakan blog atau situs web.




Mengenal Menu Dashboard Blogspot Blogger

Pada postingan kali ini saya akan menguraikan sedikit pengenalan untuk sajian dashboard blogspot. Bagi anda yang masih pemula atau gres mengenal blog, mudah-mudahan artikel ini sanggup membantu anda untuk lebih memahami sajian dashboard blogspot. Saya sendiri juga gres mengenal blog dan gres mencar ilmu memakai blog dengan platform blogspot.

Mari kita lihat bantu-membantu apa saja sajian yang terdapat di dashboard blogger.com. Sign in terlebih dahulu ke blogger.com memakai akun gmail yang kita miliki. Setelah itu kita akan melihat sajian dashboard blog menyerupai terlihat di bawah ini :

Bagi anda yang gres mengenal blog dengan platform blogspot  Mengenal Menu Dashboard Blogspot Blogger

1. Postingan

Pada urutan paling atas sendiri kita akan menjumpai sajian “Postingan” yang berisi semua artikel postingan blog yang sudah kita tulis. Melalui sajian inilah kita sanggup menulis dan memposting artikel blog.  Menu postingan berisi semua postingan, termasuk draft dan artikel yang sudah diterbitkan. Kita sanggup melaksanakan edit, lihat, membuatkan dan hapus artikel pribadi melalui sajian Postingan ini.

2. Statistik

Pada urutan ke-2 kita sanggup melihat sajian statistik blog. Dari sajian inilah kita sanggup melihat dan memantau statistik blog yang kita punya. Setiap hari kita sanggup memantau statistik blog, mulai dari :

  • Tampilan postingan
  • Sumber kemudian lintas blog dan 
  • Pengunjung (pemirsa) blog. 

Kita sanggup melihat statistik yang diberikan oleh blogger.com melalui sajian ini. Bila kita perhatikan memang statistik yang diberikan oleh blogger.com dengan statistik di luar blogger.com mungkin akan sedikit berbeda. Namun, biasanya perbedaannya tidak terlalu jauh.

Kita sanggup memanfaatkan sajian Statistik blogger.com untuk memantau tayangan postingan dan kemudian lintas blog setiap harinya. Hal ini kita perlukan sebagai dasar dalam membangun trafik di blog yang kita kelola.

3. Komentar

Pada urutan ke-3 kita sanggup melihat sajian Komentar blog yang berisi semua komentar pengunjung yang menunjukkan komentar pada blog yang kita miliki. Kita sanggup mengatur moderasi komentar melalui sajian Setelan blogger.com, supaya komentar yang masuk sanggup kita kelola dengan baik.

Pada sajian komentar blog, kita sanggup melihat komentar yang diterbitkan, menunggu moderasi dan spam. Silahkan atur komentar yang masuk ke blog sesuai dengan impian kita masing-masing. Bila banyak komentar yang kiranya kurang sesuai, lebih baik atur komentar untuk selalu di moderasi pada sajian Setelan blog. Sehingga kita sanggup menyortir setiap komentar blog yang masuk.

4. Penghasilan

Pada urutan ke-4 kita akan melihat sajian Penghasilan blog. Untuk sanggup melihat sajian penghasilan, kita atur terlebih dahulu pengaturan bahasa ke dalam bahasa “English UK” pada pengaturan bahasa di sajian Setelan blogger.com.

Menu Penghasilan ini berfungsi untuk melaksanakan registrasi Google Adsense. Itu bila blog yang kita punya ingin didaftarkan sebagai publisher Adsense. Blogger.com memang membolehkan penggunanya untuk memasang iklan di blog, hal ini berbeda dengan wordpress.com (versi gratis) yang tidak membolehkan penggunanya untuk memasang iklan.

5. Kampanye (Campaign)

Pada urutan ke-5 kita sanggup melihat sajian Kampanye (Campaign) blog. Menu ini berfungsi bila kita ingin memasarkan blog atau mengiklankan blog di Google Adwords yang merupakan layanan pengiklan milik Google Inc.

Jadi, bila blog yang kita kelola ingin mendapat pengunjung yang banyak, kita sanggup mengiklankan blog tersebut di mesin pencari Google. Sehingga blog tersebut akan muncul di rangking teratas dikala pengguna internet mengetikan kata kunci yang relevan dengan blog di mesin pencari Google.

6. Laman (Pages)

Pada urutan ke-6, kita akan melihat sajian laman atau pages blog. Melalui sajian inilah kita sanggup menciptakan halaman statis blog sebanyak maksimal 20 halaman. Halaman statis merupakan salah satu elemen blog yang sanggup kita gunakan untuk memperkaya halaman blog sehingga sanggup memudahkan pengunjung blog dalam mencari halaman tertentu pada blog yang kita kelola.

Halaman statis biasanya berupa halaman untuk about us, contact, sitemap, provicy policy dan disclaimer.  Selain itu, kita sanggup menciptakan halaman statis lain yang kiranya sanggup menciptakan blog menjadi lebih baik. Setelah menciptakan halaman statis blog, kita sanggup menampilkan halaman tersebut melalui sajian Tata Letak (Layout) blog.

7. Tata Letak (Layout)

Pada urutan ke-7 kita sanggup melihat sajian Tata Letak blog yang berfungsi untuk mengatur gadget/widget blog. Dari sajian ini kita sanggup melihat letak setiap gadget blog sesuai dengan pengaturan tema blog. Kita sanggup menambah, edit dan menghapus gadget blog sesuai dengan impian kita masing-masing. Pengaturan untuk Tata Letak widget ini sanggup kita tentukan melalui sajian desainer tema blogger atau sajian edit html blog.

8. Tema atau Template (Themes)

Pada urutan ke-8, kita akan menjumpai sajian tema blog yang berisi pengaturan untuk tema atau template blog. Dari sinilah kita sanggup mengganti, edit dan melaksanakan backup tema blog. Blogger.com menyediakan cukup banyak tema menarik yang sanggup kita gunakan, baik itu tema dengan tampilan sederhana (simple) maupun tema dengan tampilan dinamis.

Selain tema default blogger.com, kita juga sanggup memakai tema dari luar blog yang diperuntukan bagi blog dengan platform blogspot. Silahkan gunakan tema yang anda suka sesuai dengan selera masing-masing pengguna blogger.com.

9. Setelah (Settings)

Pada urutan ke-9 kita sanggup melihat sajian Setelan blog. Pada artikel sebelumnya, saya sudah memposting mengenai cara mengatur setelan blog untuk pemula. Bila anda gres menciptakan blog dan belum pernah memakai blogger.com sebelumnya, silahkan baca artikel saya mengenai cara mengatur setelan blog platform blogspot.

Pada sajian setelan blog ini kita sanggup mengatur banyak sekali hal yang terdapat di blogspot. Sebaiknya sebelum anda mulai menulis artikel, atur terlebih dahulu sajian setelan blog dengan benar dan tepat. Karena bila kita tidak hati-hati dikala mengatur setelan blog ini maka, mungkin saja akan berdampak jelek pada blog yang kita kelola.

Terdapat tujuh (7) sajian utama pada setelan blog ini yaitu :

  • Setelan Dasar
  • Postingan, Komentar dan Berbagi
  • Email
  • Bahasa dan Pemformatan
  • Preferensi penelusuran
  • Lainnya
  • Setelan Pengguna

10. Daftar Bacaan Blog

Pada urutan ke-10, kita sanggup melihat sajian Daftar Bacaan Blog. Menu ini berfungsi sebagai daerah kumpulan blog yang kita ikuti sebagai daftar bacaan. Jadi, bila kita sering berkunjung ke blog milik orang lain dan ingin terus mendapat update artikel setiap harinya, salah satu cara untuk mendapat itu yakni dengan menambahkan blog tersebut sebagai daftar bacaan blog di dashboard blogspot.

Dengan menambahkan blog tersebut sebagai daftar bacaan blog, kita sanggup membaca artikel terupdate setiap harinya melalui dashboard board pada sajian Daftar Bacaan Blog. Cara menambahkan blog sebagai daftar bacaan blog cukup gampang yaitu menyerupai berikut ini :

Dashboard > Daftar bacaan > Klik tombol Kelola daftar bacaan > Klik tombol Tambahkan > Masukan url blog > Klik tombol Berikutnya > Klik tombol Ikuti

11. Bantuan

Pada urutan ke-11, kita sanggup melihat sajian Bantuan (help) blogger.com. Seperti aplikasi pada umumnya, sajian derma ini berisi derma penggunaan blogpsot atau blogger.com. Seperti manual book sebuah alat, sajian derma blogger.com ini sanggup kita gunakan bila kita menjumpai kesulitan dikala memakai blogger.com.

Tersedia dalam banyak sekali bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Kita sanggup menemukan banyak sekali artikel menarik disini mulai dari cara memakai blog hingga mengelola blog dengan baik. Artikel yang disajikan disini memang tidak dijabarkan secara rinci, hanya berupa garis besarnya saja. Meskipun demikian, dengan adanya sajian derma blogger.com ini tentu akan sangat membantu kita dalam memakai dan mengelola blog.

12. Menu Lainnya

Selain sajian utama di atas, kita sanggup melihat beberapa sajian lainnya yang berada di halaman dashboard blogger.com, diantaranya yakni sebagai berikut :

  • Daftar blog ⇾ Berisi semua blog yang kita buat memakai akun gmail yang sama
  • Lihat blog ⇾ Klik tombol ini untuk melihat halaman beranda blog
  • Aplikasi Google ⇾ Klik tombol ini (matriks persegi sebelah kanan atas) untuk melihat daftar aplikasi Google atau produk layanan Google.
  • Notifikasi ⇾ Notifikasi akun gmail
  • Akun Google ⇾ klik tombol ini untuk mengelola akun atau keluar dari akun gmail

Dashboard blog merupakan sajian utama blog yang berisi seluruh pengaturan pada blogspot. Melalui dashboard inilah kita sanggup mengelola blog dengan tepat.

Kesimpulan

Bila anda ingin jago memakai blog platform blogspot, sebaiknya pahami penggunaan setiap sajian di dashboard blogspot. Itulah citra singkat mengenai daftar sajian yang terdapat di dashboard blogger.com, agar bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Sajian Dashboard Blogspot Blogger"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel