-->

iklan banner

Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah

Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah - Bersumber dari beberapa teori tekanan darah dikatakan rendah atau mengalami hipotensi apabila tekanan sistolik berada dibawah 90 mmHg dan tekanan diastolik berada di bawah 60 mmHg. Meskipun begitu patokan ini tidak berlaku bagi semua orang lantaran setiap individu ialah unik jadi mempunyai sistem biologis yang berbeda-beda begitu juga dengan ukuran tekanan darah.

Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah
Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah

Secara umum ada dua gangguan pada tekanan darah yaitu tekanan darah tinggi atau hipertensi dan tekanan darah rendah atau hipotesis, untuk ketika ini kita bahas dulu tekanan darah rendah atau hipotensi. Di awal kita sudah mengetahui definisi dari tekanan darah rendah namun belum meliputi faktor penyebab terjadinya tekanan darah rendah.

Bagi kebanyakan masyarakat tekanan darah rendah disebabkan oleh kurang darah padahal kedua istilah tersebut sangat jauh berbeda. Kurang darah ialah kondisi dimana badan mengalami kekurangan sel darah atau biasa disebut dengan anemia. secara pribadi anemia memang dapat menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah namun ada beberapa faktor lainnya yang berpotensi mengakibatkan terjadinya hipotensi.

Yang pertama ialah adanya gangguan kesehatan pada jantung. Fungsi utama dari jantung ialah memompa darah jadi sangat berkaitan pribadi dengan lemah dan kerasnya tekanan darah tersebut. Pada duduk masalah jantung menyerupai pembesaran otot jantung atau kardiomegali biasanya ditandai dengan tanda-tanda awal yaitu peningkatan tekanan darah dimana otot jantung yang mengalami pembesaran bekerja lebih keras memompa darah. Namun bila sudah berlanjut ke stadium yang lebih parah si penderita akan mengalami penurunan tekanan darah atau hipotensi ini disebabkan lantaran otot jantung sudah mengalami kelelahan.

Selain lantaran penyakit jantung gangguan produksi hormon juga dapat menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah, salah satunya ialah hormon endokrin. Hormon endokrin secara pribadi berkaitan dengan proses kerja dari jantung baik dalam mengatur frekuensi denyut jantung juga tekanan darah. Kekurangan hormon endokrin akan mengakibatkan seseorang mengalami lantaran darah rendah atau hipotesi.

Selanjutnya ialah perdarahan. Tekanan darah sangat berkaitan dengan volume darah yang ada di dalam tubuh, pada masalah perdarahan pola pada kecelakaan atau keguguran banyak darah yang keluar sehingga mengurangi volume darah di dalam pembuluh darah. Situasi ini akan menciptakan sistem kardiovaskuler menjadi kolap sehingga terjadilah penurunan tekanan darah.

Faktor penyebab terjadinya tekanan darah rendah lainnya ialah reaksi alergi. Alergi tingkat lanjut akan mengakibatkan efek penurunan tekanan darah, ini menjadi alasan mengapa penderita alergi harus mendapat perawatan yang cepat lantaran resiko yang ditimbulkannya cukup parah lantaran bekerjasama pribadi dengan sirkulasi darah.

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya tekanan darah rendah.


Sumber http://www.emingko.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel