-->

iklan banner

Cara Install Firefox Di Linux Mint, Ubuntu Dan Debian (Versi Terbaru)

Cara Install Firefox Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian – Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser paling terkenal ketika ini. Kita sanggup melaksanakan install Firefox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian dengan cukup mudah. Malahan aplikasi ini merupakan web browser default sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Hanya saja, versi yang digunakan mungkin bukan versi terbaru dari Mozilla Firefox browser.

Pada sistem Linux, kita sanggup memakai paket Mozilla Firefox yang terdapat di repository. Baik itu Linux Mint, Ubuntu dan Debian masing-masing mempunyai paket aplikasi Mozilla Firefox. Selain itu, kita juga sanggup memakai file installer Mozilla Firefox yang sanggup kita d0wnl0ad pada alamat situs web mozilla.org.



Meskipun Mozilla Firefox merupakan aplikasi peramban situs web default sistem distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian, versi yang digunakan pada masing-masing distro Linux, mungkin bukan versi terbaru dari web browser yang kaya akan fiture ini , terutama pada distro Linux Debian. Bagi kita yang ingin melihat dan memakai fiture terbaru dari Firefox, kita sanggup menginstall Firefox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian memakai file installer yang sanggup kita d0wnl0ad di situs web mozilla.org.


Cara Install Firefox Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian (Versi Terbaru)

Cara Install Firefox Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian
Pertama yang perlu kita lakukan ketika hendak menginstall Mozilla Firefox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian yaitu melihat paket aplikasi terbaru (terupdate) yang terdapat di repository sistem Linux yang anda gunakan. Setelah itu lihat versi terbaru dari Mozilla Firefox pada situs web mozilla.org. Bila Firefox yang terdapat di repository sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian memakai versi yang lebih lawas dari rilis terbaru Firefox ketika ini, kita sanggup menunggu pembaruan dari repository sistem Linux atau gunakan saja file installer Firefox yang sanggup kita d0wnl0ad pada situs web mozilla.org. Namun, kalau versi yang terdapat di repository sama dengan rilis terakhir Mozilla Firefox maka, kita sanggup melaksanakan update web browser Firefox memakai paket aplikasi yang terdapat di repository sistem Linux Mint, Ubuntu atau Debian.

Sampai goresan pena ini dibuat, Mozilla Firefox sudah mencapai versi 57 “Quantum” dimana versi terbaru dari web browser ini jauh lebih cepat dari versi sebelumnya, dua kali lebih cepat dari versi 52. Tidak hanya itu saja, Firefox Quantum membawa tampilan gres yang lebih menarik.

Berikut ini selengkapnya cara install Mozilla Firefox versi terbaru di Linux Mint, Ubuntu dan Debian :

1. Install Firefox Di Linux Mint, Ubuntu atau Debian (ONLINE)

Cara Install Firefox Di Linux Mint. Ubuntu dan Debian –
Pengguna Linux Debian mungkin tidak sanggup menemukan versi terbaru dari Firefox di stable repositorinya. Seperti kita ketahui Debian merupakan distro Linux yang mengedepankan kestabilan dan aplikasi yang digunakan cenderung memakai aplikasi dengan versi lawas yang sudah diuji terlebih dahulu oleh tim pengembang Debian. Bila anda yaitu pengguna distro Linux Debian, anda sanggup menikmati Mozilla Firefox versi terbaru dengan cara install Firefox secara manual dengan memakai file installer yang sanggup kita unduh di situs web mozilla.org atau memakai Debian testing dan unstable repository.

Berbeda dengan pengguna distro Linux Mint dan Ubuntu, aplikasi yang terdapat di repository cenderung merupakan aplikasi dengan versi terbaru, meskipun tidak semua aplikasi memakai versi terbaru. Dalam jangka waktu tertentu, biasanya aplikasi yang terdapat di repository Linux Mint dan Ubuntu akan diperbarui dan kita sanggup menggunakannya dengan cara melaksanakan upgrade terhadap aplikasi tersebut.

Untuk Mozilla Firefox, anda sanggup melihat versi yang ada di repository apakah memakai versi terbaru atau bukan dengan cara sebagai berikut : Jalankan terminal (Ctrl+Alt+t) kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt update

lalu
apt list --upgradable

Akan terlihat daftar aplikasi yang siap untuk diperbarui, silahkan cari aplikasi dengan nama firefox dan lihat versi berapa yang ada dalam pembaruan. Bila firefox tidak terdapat pada daftar aplikasi yang siap untuk diperbarui maka, Firefox yang terinstall di sistem komputer merupakan versi yang terbaru yang terdapat di repository.

Bila versi yang digunakan sama dengan rilis terbaru Firefox, kita tidak perlu d0wnl0ad file installer Mozilla Firefox pada situs web mozilla.org, cukup gunakan aplikasi yang terdapat di repository sistem Linux Mint dan Ubuntu.

Untuk install Firefox di Linux Mint dan Ubuntu sanggup dilakukan dengan cara menyerupai berkut ini ⇾ Jalankan terminal (Ctr+t) kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install firefox

Untuk Linux Debian, ketik perintah teks di bawah ini (masuk sebagai root):

# apt install firefox-esr 

Namun, kalau versi Firefox yang terdapat di repository sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian tidak memakai versi terbaru maka, kita sanggup install Firefox memakai file installer hasil d0wnl0ad.

2. Install Firefox OFFLINE

Cara Install Firefox Di Linux Mint. Ubuntu dan Debian –
Mozilla Firefox sudah terinstall pada distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian alasannya yaitu merupakan aplikasi default sistem Linux tersebut. Bila kita install Firefox memakai cara ini maka, akan terdapat dua aplikasi Firefox pada sistem Linux. Hal ini tidak menjadi masalah, keduanya memakai paket yang berbeda. Meskipun demikian, kita mungkin ingin memakai satu aplikasi saja, selain menghemat ruang hardisk, sistem juga terlihat lebih rapi. Untuk menghapus aplikasi Mozilla Firefox default sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian, kita sanggup melakukannya dengan cara menyerupai berikut ini ⇾ Jalankan terminal (Ctrl+Alt+t) kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

Linux Mint, Ubuntu :
sudo apt remove --purge firefox

Debian :
sudo apt remove --purge firefox-esr

Bila anda ingin menginstallnya kembali di lain waktu, anda sanggup melakukannya dengan cukup gampang dan pastinya anda sudah tahu cara melaksanakan itu.

Cara install Firefox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian secara manual memakai file installer hasil d0wnl0ad :

  • Pertama silahkan kunjungi alamat situs web ini : https://www.mozilla.org/en-US/firefox/all/ kemudian pilih link Download sesuai dengan jenis sistem operasi komputer dan bahasa yang kita kehendaki. Misalnya, pilih Language : Indonesian ⇾ Linux 64-bit. Simpan file hasil d0wnl0ad pada hardisk komputer.


Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser paling terkenal ketika ini Cara Install Firefox Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian (Versi Terbaru)

  • Ekstrak file (firefox-57-0.tar.bz2) memakai archive manager default system, atau sanggup juga dengan cara menyerupai ini : Klik kanan File ⇾ Pilih Extract Here
  • Sampai disini sebetulnya kita sudah sanggup menjalankan Mozilla Firefox dengan cara klik dua kali pada script firefox. Namun, supaya lebih baik, lakukan menyerupai di bawah ini :

  • Pindahkan folder hasil ekstrak (firefox) pada direktori opt (sebagai root), silahkan gunakan cara yang paling anda sukai untuk memindahkan folder, contohnya dengan cara menyerupai berikut ini, melalui terminal Linux : Klik kanan pada lokasi daerah menyimpan folder “firefox” kemudian pilih Buka di terminal (open in terminal), sesudah itu ketik perintah teks di bawah ini :
sudo mv firefox /opt/firefox57

  • Masih dalam terminal Linux, ketik perintah teks di bawah ini :
sudo ln -s /opt/firefox57/firefox /usr/bin/firefox57

  • Sampai disini kita sudah berhasil menginstall Mozilla Firefox, untuk menjalankan aplikasi ini, ketik firefox57 di terminal

Membuat Launcher/Shortcut Firefox :
Supaya lebih gampang untuk menjalankan Firefox tanpa melalui terminal, kita sanggup menciptakan launcher/peluncur Firefox pada panel, sajian atau desktop komputer. Cara menciptakan launcher menyerupai ini mungkin berbeda pada setiap desktop environment Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Pada teladan ini saya memakai desktop environment Mate. Bagi pengguna desktop environment lainnya sanggup menyesuaikan.


Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser paling terkenal ketika ini Cara Install Firefox Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian (Versi Terbaru)

  • Pertama klik kanan desktop kemudian pilih Create Launcher
  • Setelah itu isi setiap kolom yang tersedia di jendela launcher aplikasi menyerupai berikut ini :

  • Type = Application
  • Name = FIREFOX
  • Command = firefox57
  • Comment = mozilla firefox launcher

  • Setelah itu klik tombol ikon firefox untuk menentukan ikon sesuai keinginan. Anda sanggup menemukan ikon Firefox pada direktori /usr/share/pixmaps di sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian.
  • Sekarang kita sudah sanggup menjalankan Mozilla Firefox memakai tombol launcher aplikasi pada desktop Linux Mint, Ubuntu atau Debian.

Launcher menyerupai ini sanggup kita buat juga pada Panel dan Menu komputer. Panel = klik kanan panel ⇾  add to panel ⇾ pilih custom application launcher. Menu = klik sajian > preferences > main menu . Pada jendela main sajian pilih kategori Internet kemudian klik tombol New item.

Menjadikan Firefox Sebagai Default Browser
Bila kita tidak menghapus Firefox defaut Linux Mint, Ubuntu dan Debian atau dengan kata lain tetap mempertahankan Firefox bawaan sistem, kita sanggup menyebabkan Firefox yang diinstall secara manual ini menjadi default browser dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama backup terlebih dahulu shell script Firefox bawaan sistem Linux : Jalankan terminal kemudian ketik perintah teks di bawah ini :
sudo mkdir /usr/bin/backup

  • Setelah itu pindahkan script firefox ke folder backup :
sudo mv /usr/bin/firefox /usr/bin/backup

  • Lalu ketik perintah teks di bawah ini :
sudo ln -s /opt/firefox57/firefox /usr/bin/firefox

  • Sekarang Mozilla Firefox yang diinstall secara manual ini sudah menjadi browser default sistem. Kita sanggup menjalankannya dengan mengetikan perintah firefox di terminal Linux.

Bila anda melaksanakan cara ini berarti kini perintah untuk menjalankan Mozilla Firefox hasil instalasi secara manual ada dua yaitu firefox57 dan firefox. Anda sanggup menghapus file shortcut link firefox57 pada direktori /usr/bin/ atau biarkan saja juga tidak masalah.

3. Menambahkan PPA Firefox Versi Beta

Cara Install Firefox Di Linux Mint. Ubuntu dan Debian –
Selain memakai cara menyerupai di atas, kita juga sanggup menambahkan ppa untuk versi beta Mozilla Firefox. Cara install aplikasi Firefox sama menyerupai pada no.1, dimana Firefox default sistem akan tergantikan dengan Firefox versi beta ini. Bila anda menyukai hal yang stabil, lebih baik tidak memakai cara ini alasannya yaitu versi ini masih dalam tahap beta rilis yang kurang stabil. Biasanya versi beta digunakan oleh para penguji software dan hasil dari pengujian tersebut kemudian digunakan untuk perbaikan pada software yang diuji.

Cara ini sanggup kita terapkan pada distribusi Linux Mint dan Ubuntu, sementara untuk Linux Debian tidak sanggup memakai cara menyerupai ini karena, kita tidak sanggup menambahkan ppa Ubuntu di Linux Debian.

Tambahkan PPA:
sudo apt-add-repository ppa:mozillateam/firefox-next

Update Repository:
sudo apt update

Upgrade Firefox :
sudo apt install firefox

Silahkan anda gunakan salah satu cara dalam melaksanakan install Mozilla Firefox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian di atas.  Lebih gampang kalau kita memakai paket aplikasi yang terdapat di repository sistem Linux. Karena, kita tinggal install saja melalui software manager atau terminal.

Mozilla Firefox yang merupakan salah satu web browser paling terkenal ketika ini, bersaing dengan Chrome dan Opera browser.  Aplikasi ini dikembangkan oleh Mozilla Foundaton.

Kesimpulan

Memang terdapat beberapa cara untuk melaksanakan install aplikasi di sistem Linux. Anda sanggup memakai cara yang paling gampang yang sesuai dengan harapan anda. Demikian cara install firefox di Linux Mint, Ubuntu dan Debian, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Firefox Di Linux Mint, Ubuntu Dan Debian (Versi Terbaru)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel