-->

iklan banner

Sejarah Singkat Sistem Operasi Komputer

Sejarah Singkat Sistem Operasi Komputer - Sistem operasi yaitu sebuah sistem yang dipakai untuk mengoperasikan sebuah perangkat, misalkan komputer, laptop, smartphone dan lainnya. Tanpa adanya sistem operasi ini, maka perangkat-perangkat tersebut tidak sanggup dijalankan. Oleh alasannya yaitu itu, tugas sistem operasi sangatlah penting supaya perangkat tersebut sanggup dijalankan.

 Sistem operasi yaitu sebuah sistem yang dipakai untuk mengoperasikan sebuah perangkat Sejarah Singkat Sistem Operasi Komputer

Hingga ketika ini, sistem operasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Akan lebih baiknya jikalau kita membahasnya dari awal ditemukannya sistem operasi sampai sanggup mengalami perubahan menyerupai ketika ini. Perkembangan sistem operasi dibagi menjadi empat generasi menurut tahunnya, berikut klarifikasi singkatnya :

Generasi Pertama (1945 - 1955)
Ini merupakan awal dari perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi pertama ini belum ada sistem operasi, sehingga semua perintah dan isyarat yang diberikan ke sistem komputer dilakukan secara langsung.

Generasi Kedua (1955 - 1965)
Pada generasi kedua mulai dikenalkan dengan Batch Processing System. Batch Processing System yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian yang dihukum secara berurutan. Pada generasi ini sistem dari sebuah komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, namun beberapa fungsi dari sistem operasi sudah mulai ada, misalkan FMS dan IBSYS.

Generasi Ketiga (1965 - 1980)
Mulainya dikembangakan sistem operasi terjadi pada generasi ini. Sistem operasi dikembangkan untuk sanggup melayani banyak pengguna sekaligus, dimana para pengguna tersebut melaksanakan komunikasi melalui terminal secara online kekomputer atau bahasa kerennya itu multi user dan multi programming.

Generasi Keempat (1980 - Sekarang)
Hingga ketika ini, perkembangan sistem operasi sangatlah pesat. Sistem operasi dipakai juga untuk jaringan komputer, dimana pengguna komputer sanggup saling bekerjasama satu sama lain. Sistem operasi ketika ini ada banyak sekali, kalau pengguna komputer dan laptop biasanya kebanyakan memakai sistem operasi windows. Tidak menutup kemungkinan juga banyak orang yang memakai sistem operasi selain windows.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Singkat Sistem Operasi Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel