-->

iklan banner

Menyusun Komponen Biaya Renovasi Rumah

Menyusun Biaya Renovasi Rumah harus memperhatikan komponen-komponen pekerjaan yang terlibat dalam proses reovasi itu sendiri. Besarnya biaya tergantung seberapa banyak penggalan rumah yang diubah atau ditambahkan. Berikut rincian biaya masing-masing komponen pekerjaan :

Menyusun Biaya Renovasi Rumah harus memperhatikan komponen Menyusun Komponen Biaya Renovasi Rumah
Menyusun Komponen Biaya Renovasi Rumah

 

1. Biaya Pekerjaan Pembongkaran

Salah satu indikator biaya yang harus dihitung dalam pekerjaan renovasi ialah biaya untuk membongkar bangunan lama. Tak peduli itu ialah bongkaran untuk keseluruhan atau hanya sebagian kecil saja. Biasanya orang mengabaikan biaya pekerjaan pembongkaran, namun kaget saat melihat jumlah biaya tamat yang membengkak.

Pekerjaan Pembongkaran juga memerlukan biaya yang tak sedikit. Kita juga perlu memikirkan ongkos harian pekerja dan sewa alat pembongkaran. Dengan begitu, pekerjaan pembongkaran mestinya dimasukkan ke dalam perencanaan biaya.

2. Biaya Pekerjaan Struktur

Biaya pekerjaan struktur terjadi apabila dalam renovasi melibatkan perbaikan pada bentuk ruang atau bentuk bangunan. contohnya menggeser tembok, mengubah atap atau menciptakan lantai tingkat. Pekerjaan struktur menghabiskan biaya yang sudah niscaya dan nilainya tidak mengecewakan besar sebab melibatkan besi.

3. Biaya Pekerjaan Finishing

Pekerjaan finishing untuk renovasi niscaya terjadi. Finishing biayanya tergantung dari material dan teknik finishing yang digunakan. Pekerjaan finishing dapat saja murah apabila menentukan finishing yang sederhana. Namun pekerjaan finishing dapat menjadi mahal sekali apabila menentukan material yang berkelas. Misalnya lantai memakai marmer dan tembok yang dilapisi kerikil alam.

4. Biaya Pekerjaan MEP

Pekerjaan MEP merupakan salah satu pekerjaan yang juga sangat penting. Renovasi wajib melibatkan perbaikan pada MEP. MEP ialah abreviasi dari Mekanikal (Sistem Mekanis), Elektrikal (Kelistrikan), Plumbing (Pemipaan). Rumah yang anggun apabila tidak didukung dengan lampu yang terang, air yang lancar dan sistem kelistrikan yang baik tidak akan dapat beroperasi optimal. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan konsultan MEP biar instalasi MEP kondusif dan tidak menimbulkan kebakaran.

5. Biaya Pekerjaan Furniture

Furniture juga merupakan item pekerjaan yang akan banyak menguras biaya, furniture harganya bervariasi dan berkelas-kelas, jadi pilih furniture yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Gunakan furniture usang jika memungkinkan, cukup dengan finishing ulang sehingga biayanya dapat ditekan.

Demikianlah cara menyususun komponen Biaya Renovasi Rumah, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Silahkan berikan komentar apabila ada hal yang kurang jelas.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menyusun Komponen Biaya Renovasi Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel