-->

iklan banner

Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap Dan Karakteristiknya

Rangka atap intinya yaitu struktur yang berbentuk satu atau beberapa unit segitiga yang ramping dan lurus dengan ujungnya yang terhubung melalui pertemuan atau node.

Rangka atap intinya yaitu struktur yang berbentuk satu atau beberapa unit segitiga  Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap dan Karakteristiknya
Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap dan Karakteristiknya


Penting untuk diketahui bahwa kekuatan eksternal yang muncul dalam rangka ini reaksinya hanya bekerja baik di area simpul, tetapi cara struktur dibangun memungkinkan dispersi pada kekuatan rangka ini, baik itu se-komprehensif mungkin.

Adanya sambungan dalam rangka atap dilihat sebagai revolute, yang berarti bahwa gaya puntir dikecualikan. Ada banyak sekali macam bentuk rangka atap yang telah berkembang dan dipakai di banyak bangunan, mari kita telusuri karakteristik, keunggulan dan kekurangannya.

Rangka atap intinya yaitu struktur yang berbentuk satu atau beberapa unit segitiga  Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap dan Karakteristiknya
Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap


01 King Post Truss

Rangka atap khusus ini sering terbuat dari kayu, tetapi juga sanggup dibentuk dari kombinasi baja dan kayu. Semuanya kembali pada arsitek dan hebat struktur bangunan. King Post Truss sanggup membentang sampai 8m yang membuatnya tepat untuk beberapa jenis bangunan, terutama rumah kecil.

02 Pratt Truss

Bentuk ini yaitu salah satu jenis rangka atap baja yang paling terkenal dan cukup ekonomis. Jenis rangka atap ini memperlihatkan beberapa fitur menarik terutama berkat fakta bahwa bab rangka vertikal menyangga tekanan, sementara rangka yang diagonal menyalurkan kompresi. Penting untuk diketahui bahwa rangka ini sanggup dipakai untuk rentang yang berkisar antara 6-10m.

03 Queen Post Truss

Queen Post Truss dirancang untuk menjadi jenis rangka atap yang sangat andal, sederhana, dan serbaguna yang sanggup dipakai pada banyak bangunan. Bentuk Ini memperlihatkan rentang yang baik, sekitar 10m dan mempunyai desain sederhana yang membuatnya cocok untuk banyak sekali jenis bangunan.

04 Howe Truss

Jenis rangka ini biasanya yaitu kombinasi dari baja dan kayu, yang membuatnya terlihat elegan, sementara dari segi struktur juga memperlihatkan desain yang sangat menarik. Hampir semuanya terbuat dari kayu, namun, komponen tegangan atau bab vertikal dibentuk dari baja untuk mengatakan santunan dan keandalan ekstra.

Satu faktor yang menciptakan Howe Truss luar biasa alasannya mempunyai rentang yang sangat lebar, dan sanggup meliputi bentang dari 6-30m. Ini menyebabkan jenis howe truss serbaguna dan sangat berkhasiat untuk banyak sekali jenis proyek.

05 Fan Truss

Seperti yang sanggup kita lihat dari banyak gambar jenis rangka atap, Fan Truss muncul dengan desain yang sangat sederhana dan biasanya terbuat dari baja. Dalam situasi ini, komponen fan truss membentuk rangka atap fink.

Selain itu, karakteristik utama di sini yaitu akord atas dibagi menjadi panjang yang lebih kecil, alasannya itu memungkinkan bangunan untuk mendapat santunan purlin. Selain itu, kita sanggup mendapat rentang menengah dengan tipe ini, sekitar 10-15m sehingga lebih dari cukup untuk sebagian besar proyek.

06 North Light Truss

Rangka Atap North Light cocok untuk bentang lebih besar yang melebihi 20m dan mencapai 30m. Ini alasannya lebih murah untuk menambahkan tiang penopang yang mempunyai gelagar kisi lebar yang lebih besar untuk meliputi rangka penopang.

Jenis rangka ini yaitu salah satu yang tertua dan juga yang paling hemat yang sanggup kita temukan di pasaran. Jenis ini memungkinkan kita mendapat ventilasi pada atap. Rangka ini juga berfungsi untuk ruang tamu dan secara umum untuk ruang yang sangat besar.

07 Quadrangular Truss

Jenis rangka atap ini dipakai untuk bentangan besar. Kita sanggup menemukan rangka menyerupai ini di ruang yang lebih besar meliputi auditorium atau bahkan gudang kereta api.

08 Parallel Chord Truss

Jenis rangka ini dibentuk khusus untuk orang-orang yang ingin membangun rumah tanpa menghabiskan anggaran besar untuk atapnya.

Rangka ini terbuat dari kayu dan tidak memerlukan balok atau dinding bantalan. Sebaliknya, rangka ini memakai potongan kayu penuh dan dengan demikian sanggup menurunkan jumlah tenaga kerja yang diharapkan untuk membuatnya.

Rangka ini membutuhkan lebih banyak ruang di loteng dan bentangannya mungkin bukan yang terbaik, tetapi dari segi harga dinilai lebih terjangkau.

09 Scissors Truss

Rangka Atap Gunting atau Scissors Truss khususnya sanggup ditemukan pada bangunan monumental menyerupai di katedral. Rangka ini tidak memerlukan balok atau alas dinding. Rangka ini tidak baik untuk isolasi panas sehingga efisiensi energinya kurang baik namun kita sanggup mempunyai banyak ruang pada loteng.

10 Raised Heel Roof Truss

Ini yaitu salah satu jenis rangka atap kayu yang paling efisien, alasannya mengatakan ruang isolasi yang sangat baik, tetapi pada dikala yang sama juga menyediakan sistem santunan struktural yang sangat baik bagi atap.

Mungkin kita memerlukan beberapa materi perhiasan untuk membuatnya mengatakan hasil terbaik, belum lagi biayanya sanggup sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis rangka lainnya, tetapi rangka ini dinilai baik untuk isolasi panas bangunan.

Kesimpulan

Sekian mengenai Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap dengan karakteristik, keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Semoga dengan ini teman-teman menjadi lebih tau mengenai bentuk rangka atap yang sanggup dipakai dikala membangun rumah ataupun gedung lainnya.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap Dan Karakteristiknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel