-->

iklan banner

Cara Menanam Cabai Di Polybag Atau Pot

Menanam cabe memakai polybag atau pot dengan tujuan mempunyai tumbuhan cabai sendiri sangat membantu memenuhi kebutuhan cabai untuk memasak sehari-hari. Karena harga cabai di pasaran memang selalu tidak menentu, hal ini seringkali menciptakan ibu rumah tangga pusing dibuatnya. Makara untuk dapat menyiasati harga cabai yang fluktuatif ini Anda sanggup menanam sendiri cabai di rumah memakai pot atau polybag. Cara menanam cabai di pot atau polybag sangatlah gampang dan dijamin Anda akan sanggup mencicipi keuntungannya terutama saat harga cabai sedang mahal. Sebelum sanggup menanam cabe, Anda perlu mengetahui dahulu sedikit isu penting terkait cabe. tumbuhan cabai ini hanya sanggup tumbuh pada tempat dengan ketinggian 0 hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Cabe gotong royong mempunyai beraneka jenis yang sanggup Anda budidayakan sesuai kebutuhan. Untuk sanggup membudidayakan cabai di rumah dengan memakai pot atau polybag, tidak ada salahnya kalau Anda menyimak ulasan berikut ini.


 dengan tujuan mempunyai tumbuhan cabai sendiri sangat membantu memenuhi kebutuhan cabai untu Cara Menanam Cabe Di Polybag Atau Pot
Tanaman cabai dalam polybag.

Persiapan Menanam Cabe di Polybag Atau Pot


Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk sanggup menanam cabai di rumah, Anda perlu melaksanakan beberapa persiapan terlebih dahulu. Persiapan-persiapan tersebut antara lain:



  • Memilih benih cabai berkualitas tinggi. Tahap pertama yang perlu Anda lakukan ialah menentukan benih yang cantik semoga kelak tumbuhan cabai yang dihasilkan juga cantik dan sehat. Benih unggulan ini sanggup Anda dapatkan pada tempat penjualan benih cabe terdekat.

  • Membuat bibit cabe. Setelah Anda mendapat benih yang bagus, Anda sanggup melaksanakan penyemaian terhadap benih tersebut. Hanya saja sebelum melaksanakan penyemaian, Anda perlu menciptakan media semainya terlebih dahulu. Media semai sanggup dibentuk memakai polybag kecil atau baki semai. Untuk media tanam bibit, gunakan gabungan tanah dan kompos secara seimbang. Kemudian siram dengan air secukupnya. Tebarkan benih cabai dan letakkan pada tempat yang sekiranya tidak mendapat sinar matahari dan hujan secara langsung. Pada masa persemaian ini, Anda perlu rajin menyirami media semai semoga kondisi media semai lembab sehingga mempercepat pertumbuhan bibit cabe. Bibit cabai gres sanggup dipindahkan dari media semai sehabis masa 1 bulan semenjak penyebaran atau paling tidak daun pada bibit cabai sudah mencapai 5-6 helai.


 dengan tujuan mempunyai tumbuhan cabai sendiri sangat membantu memenuhi kebutuhan cabai untu Cara Menanam Cabe Di Polybag Atau Pot
Mneyemai benih cabai pilihan pada media semai.


  • Menyiapkan media tanam untuk cabe. Media tanam untuk menanam cabai di polybag atau pot perlu dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum masa pemindahan bibit. Media tanam ini seringkali terbuat dari gabungan beberapa komponen menyerupai tanah, kompos, dan ditambah materi lain menyerupai arang sekam. Jika Anda memakai ketiga materi tersebut, maka perbandingan yang sanggup Anda gunakan ialah perbandingan sama rata atau 1:1:1. Jika perlu Anda juga sanggup menambahkan pupuk NPK sebagai pelengkap nutrisi untuk media tanam. Pada dasar pot atau polybag, Anda sanggup menambahkan kepingan genteng, atau sabut kelapa untuk menahan akar cabe.


Proses Penanaman Cabe Pada Polybag Atau Pot


Proses penanaman cabai sanggup dimulai dengan memindahkan bibit yang telah berusia satu bulan ke pot atau polybag yang lebih besar. Pemindahan ini guna menciptakan pertumbuhan cabai semakin maksimal. Pemindahan perlu dilakukan secara hati-hati, yakni dengan mencabut bibit dari media semai yang sebelumnya telah disiram air. Penyiraman media semai ini tidak lain semoga mempermudah proses pencabutan bibit cabai dari media semai. Siapkan polybag yang telah diisi dengan media tanam yang disebutkan di atas. tanamlah bibit pada media tanam tersebut kira-kira pada kedalaman 6 cm.


Proses Perawatan Cabe di Polybag Atau Pot


 dengan tujuan mempunyai tumbuhan cabai sendiri sangat membantu memenuhi kebutuhan cabai untu Cara Menanam Cabe Di Polybag Atau Pot


Setelah bibit cabai dipindahkan pada media tanam yang sebenarnya, Anda sanggup melaksanakan perawatan rutin untuk mempercepat tumbuh kembang cabai Anda. Ada beberapa perawatan yang perlu Anda lakukan terhadap tumbuhan cabai Anda, antara lain:



  • Penyiraman. Agar cabai Anda tumbuh dengan baik, Anda perlu melaksanakan pernyiraman rutin. Penyiraman rutin setiap hari perlu dilakukan pada masa awal pemindahan bibit cabe. sementara sehabis cabai benar-benar hidup dan mulai bertunas, maka Anda sanggup melaksanakan penyiraman 2-3 hari sekali saja.

  • Pemupukan. Untuk sanggup mempercepat pertumbuhan dan pembuahan cabe, Anda perlu memperlihatkan pupuk pada cabe, baik pupuk kompos maupun pupuk buatan menyerupai NPK. Pupuk sanggup diberikan rutin setiap bulan satu kali.

  • Pemangkasan tunas. Jika pada batang cabai banyak tumbuh tunas baru, Anda perlu membuangnya semoga cabai sanggup tumbuh tegak ke atas.

  • Pemberian pestisida dan insektisida. Jika cabai Anda terkena penyakit atau hama, Anda perlu memperlihatkan pestisida atau insektisida sesuai kebutuhan.


Nah itulah ulasan singkat mengenai cara menanam cabai di rumah memakai polybag atau pot. Jika ingin menanam cabai secara hidoponik dalam polybag  atau menanam cabai hidroponik sistem wick juga sanggup loh. Coba kunjungi blog kami dan dapatkan artikel-artikel panduan wacana cara menanam cabai dan tanaman-tanaman lainnya. Semoga sanggup bermanfaat untuk Anda sekalian.


Kami juga menyediakan aneka macam macam benih cabe, silahkan klik disini untuk melihat aneka produknya. Sedangkan untuk perlengkapan berkebun lainnya, silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Cabai Di Polybag Atau Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel