-->

iklan banner

Cara Menanam Tanaman Hias Dengan Cara Hidroponik

Tinggal di perkotaan dengan lahan tanah yang sedikit tidak semestinya menciptakan hobi berkebun Anda berhenti. Ada beberapa alternatif cara menanam tanaman hias semoga lingkungan rumah Anda tetap terlihat asri dengan ditumbuhi aneka macam macam tanaman. Teknik pengembang biayakan tumbuhan hias jaman dahulu pernah ada yang melakukannya dengan memanfaatkan media sabut kelapa. Namun, cara tersebut seringkali mengalami banyak kendala sebab sabut kelapa yang tidak sanggup bertahan lama.


Tinggal di perkotaan dengan lahan tanah yang sedikit tidak semestinya menciptakan hobi berkebu Cara Menanam Tanaman Hias dengan Cara Hidroponik
Salah satu teladan penanaman tumbuhan hias mawar dengan memakai metode hidroponik sistem wick.

Sekarang ini, dikembangkan cara mengembangbiakkan tumbuhan hias yang gres yakni dengan cara hidroponik. Menanam tumbuhan hias dengan cara hidroponik intinya ialah memanfaatkan media air untuk daerah tumbuh tanaman. Menanam dengan cara ini mempunyai banyak kelebihan menyerupai tidak memerlukan lahan luas dan kemudahan tumbuhan dalam menyerap air. Selain itu, masih banyak manfaat mengembangbiakkan tumbuhan hias dengan hidroponik yang akan dijelaskan dalam artikel ini.


Langkah-Langkah Cara Menanam Tanaman Hias dengan Cara Hidroponik


Sudah dijelaskan sedikit di atas apabila cara menanam tumbuhan hias dengan hidroponik intinya ialah memanfaatkan media air. Anda tidak sanggup serta merta begitu saja menaruh tumbuhan di dalam air dan berharap semoga tumbuhan tersebut sanggup tumbuh dengan sendirinya. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengembangbiakkan tumbuhan hias dengan cara hidroponik. Berikut ialah langkah-langkahnya:


Memilih Wadah Untuk Hidroponik


Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dikala menentukan wadah atau daerah yang akan dipakai untuk tumbuhan hidroponik. Pastikan wadah yang Anda pilih nantinya sanggup menahan akar dan juga batang yang tumbuh semoga tidak gampang roboh. Pilihlah pula wadah yang berwarna gelap dan tidak transparan semoga tidak ditumbuhi lumut. Jangan hingga menentukan daerah yang terbuat dari materi besi sebab jikalau terkena air akan gampang berkarat.


Mengisi Wadah Hidroponik


Isilah wadah yang sudah ditentukan tadi dengan batu-batuan atau pasir. Usahakan semoga batuan atau pasir tadi sanggup menahan akar dan batang sehingga tetap kokoh berdiri. Tambahkan juga sedikit arang untuk menghilangkan anyir dan menjaga air tetap jernih.


Masukan Air dan Nutrisi Dalam Wadah


Nutrisi yang dimaksud di sini sanggup Anda buat sendiri dengan cara melarutkan masing-masing 1 kg pupuk urea, pupuk npk, pupuk kcl dan pupuk daun ke dalam 20 L air. Bahan tadi akan menghasilkan larutan yang kental dan lalu sanggup Anda larutkan kembali dalam 100 L air.


Memilih Tanaman Untuk Tanaman Hias Hidroponik


Tinggal di perkotaan dengan lahan tanah yang sedikit tidak semestinya menciptakan hobi berkebu Cara Menanam Tanaman Hias dengan Cara Hidroponik
Contoh menanam tumbuhan hias bunga secara hidroponik. Wadah penggalan atas terisi oleh media tanam hidroponik yaitu hidroton. Hidroton sanggup diganti dengan media arang sekam ataupun pasir. Wadah penggalan bawah berisi air yang dicampur dengan larutan nutrisi hidroponik.

Ambil tumbuhan yang ingin dikembangbiakkan dengan hidroponik dan potong tumbuhan pada batangnya. Bisa juga dengan menentukan tumbuhan yang sudah ditumbuhi akar. Jangan lupa untuk mencuci akarnya dan memotong daun-daun yang sudah mati. Dan terakhir tempatkan pada media air yang sudah dicampur dengan larutan nutrisi.


Ganti Larutan Nutrisi Secara Berkala


Cara menanam tumbuhan hias dengan cara hidroponik yang terpenting ialah ketekunan dan kontinuitas. Secara terpola satu bulan sekali ada baiknya untuk mengganti larutan air dan nutrisi hidroponik tadi. Atau sanggup juga mengganti air dikala lumut sudah mulai tumbuh sebab lumut sanggup menghambat tumbuh kembang tanaman.


Demikianlah cara menanam tumbuhan hias dengan cara hidroponik. Cara ini sanggup dilakukan dikala Anda merasa bahwa pekarangan rumah tidak sanggup memfasilitasi hobi berkebun Anda. Harus ingat bahwa menanam dengan cara ini sangatlah mudah bahkan tidak perlu menyiram tumbuhan setiap hari menyerupai tumbuhan yang ditanam dengan media tanah. Dengan cara hidroponik, tumbuhan hias Anda sanggup lebih menyerap air dan nutrisi secara maksimal.


Di bibitbunga.com kami juga menyediakan aneka macam macam bibit tumbuhan hias dan perlengkapan hidroponik yang sanggup Anda coba di rumah. Silahkan lihat disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Tanaman Hias Dengan Cara Hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel