-->

iklan banner

Pengertian Ilmu Komputer Dan Cabangnya

Secara umum ilmu komputer diartikan sebagai ilmu yang membahas segala hal wacana komputasi, perangkat keras ataupun perangkat lunaknya. Ada banyak sekali topik dalam bidang ilmu yang satu ini menyerupai perangkat lunak, perangkat keras ataupun bahasa pemrograman. Akar dari ilmu komputer yaitu matematika, linguistik dan elektronik sehingga ketiganya tidak bisa dipisahkan.

Semua hal yang berkenaan dengan bidang komputer dikala ini sangat diminati oleh hampir semua jenis perusahaan baik swasta ataupun tubuh perjuangan milik negara. Dalam ilmu komputer terdiri atas beberapa cabang dan masing-masing cabang mempunyai fungsinya tersendiri namun saling berafiliasi antara satu dengan lainnya.

Secara umum ilmu komputer diartikan sebagai ilmu yang membahas segala hal wacana komputas Pengertian Ilmu Komputer dan Cabangnya

Cabang dalam Ilmu komputer


Sistem Informasi

Cabang pertama ilmu komputer yang akan kita bahas yaitu Sistem Informasi. Kegiatan dalam bidang sistem informasi yaitu menganalisa, mengimplementasikan, merancang, menciptakan ataupun menyebarkan sebuah website, aplikasi ataupun software dari sisi sistemnya.

Dalam sistem informasi ini masih terbagi lagi menjadi beberapa bidang menyerupai Multimedia System Design, Database Programing, Business Intelligence, Sistem Informasi Enterprise, IT Governance dan lain sebagainya. Biasanya para lulusan aktivitas Sistem Informasi akan bekerja di bidang Database Administrator, System Analyst, Programmer dan lain-lain.

Adapun komponen dalam sebuah sistem informasi mencakup komponen input, komponen model yang berisi sekumpulan mekanisme untuk mengolah data, komponen output yang merupakan hasil keluaran dari seluruh informasi, komponen teknologi yang merupakan alat dasar dalam menyusun sistem informasi, komponen basis data merupakan kumpulan data  yang saling terhubung serta komponen kontrol atau pengendali dari sistem informasi yang ada.

Teknik Komputer

Teknik komputer yaitu perpaduan antara teknik elektro dengan ilmu komputer. Tidak menyerupai sistem informasi yang menekankan pada data, teknik komputer lebih menitik beratkan pada komponen-komponen perangkat kerasnya menyerupai robot, laptop, komputer itu sendiri. Walaupun yang dipelajari dalam disiplin ilmu ini merupakan perangkat kerasnya namun Anda wajib mengetahui bahasa pemrograman dan bahasa mesin ketika mengambil kuliah jurusan teknik komputer.

Ketika mengambil kuliah aktivitas Teknik Komputer maka akan lebih banyak praktik dibandingkan dengan teori. Percobaan yang akan Anda lakukan menyerupai merakit komputer ataupun laptop, instalasi jaringan, merakit robot ataupun menciptakan pemrograman memakai komponen hardware.


Manajemen Informatika

Manajemen yaitu penggunaan sumber daya secara efektif untuk mendapat target sedangkan informatika merupakan ilmu komputer yang mempelajari wacana sifat, struktur serta interaksi dalam beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan alhasil menyimpannya ke dalam bentuk informasi.

Dalam administrasi informatika ada sebuah pemrograman yang mempunyai makna menulis, menguji, memelihara,  memperbaiki arahan yang membangun suatu aktivitas komputer. Biasanya arahan ini ditulis dalam beberapa bahasa pemrograman. Tentu saja aktivitas yang dibentuk biar bisa melaksanakan sebuah perhitungan sesuai cita-cita Anda.
Makara sanggup disimpulkan bahwa cabang ilmu yang berfokus pada pengaturan pemrograman untuk keperluan aplikasi, web, desain 2D, desain 3D, edit video, edit suara, ataupun menciptakan sebuah data base.

Sistem Komputer

Sistem komputer merupakan cabang ilmu komputer yang mempunyai cakupan lebih luas alasannya yaitu mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer. Hal yang dipelajari dalam cabang ilmu yang satu ini yaitu input data, proses data, output data hingga penyimpanan di dalam komputer dalam bentuk informasi. Istilah lain untuk sistem komputer yaitu Computer Engineering.

Sistem komputer memang hampir menyerupai dengan  teknik komputer namun dalam cabang ilmu sistem komputer lebih banyak membahas wacana perancangan, analisis, implementasi komputer dan sistem komputer berbasis software hingga dengan jaringan komputer. Biasanya orang yang kuliah di jurusan Sistem Komputer akan bekerja sebagai programmer, direktur officer, operator, IT Support, digital system ataupun computer networking.

Teknik Informatika

Teknik informatika biasa disingkat dengan istilah IT.  Disiplin ilmu yang satu ini membahas teknik secara lebih mendalam untuk mengatasi duduk masalah transformasi ataupun pengolahan data dengan semaksimal mungkin melalui proses-proses logika. Dalam teknik informatika bidang ilmu yang mempunyai porsi besar dalam kajiannya yaitu pemrograman dan komputasi, teknologi jaringan komputer serta rekayasa perangkat lunak untuk aneka macam bidang aplikasi dalam sebuah usaha.

Di samping mahir di bidang coding, lulusan teknik informasi juga bisa mendesain dan mempunyai pemahaman mendalam mengenai budi matematika, matematika diskret, aljabar, serta logaritma.

Teknik informatika sangat akrab kaitannya dengan mengimplementasikan, merancang, menyebarkan software, website ataupun aplikasi dari segi teknik yang diungkapkan dalam bentuk bahasa pemrograman menyerupai JavaScript, c++, Python, PHP, Visual Basic dan lain sebagainya. Biasanya pekerjaan yang membutuhkan keahlian ini yaitu Mobile Developer, Software Engineer, Front End Developer, Android Developer, Switching, Game Developer IT Support dan lainnya.

Demikian informasi mengenai pengertian ilmu komputer dan cabangnya. Memang antar disiplin ilmu komputer yang ada saling mempunyai keterkaitan namun kalau dilihat secara lebih mendalam antara satu dengan lainnya tidak bisa disamakan begitu saja. Semoga informasi di atas bisa memberi pemahaman pada Anda mengenai cabang ilmu komputer yang ada.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Ilmu Komputer Dan Cabangnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel