-->

iklan banner

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Hai sobat bangkusekolah.com! Pada kesempatan yang kemudian kita telah membahas ihwal keanekaragaman hayati, kali ini, kita akan membahas mengenai materi manfaat keanekaragaman hayati. Sebenarnya ada banyak manfaat yang sanggup diambil dari keanekaragaman hayati tersebut. Apa sajakah itu? Mari kita bahas satu persatu!


Manfaat Keanekaragaman Hayati


1. Sebagai Sumber Pangan, Perumahan, dan Kesehatan


Kehidupan insan tergantung pada keanekaragaman hayati. Sebenarnya, binatang dan tumbuhan yang kau manfaatkan dikala ini ( misal padi, jagung, ayam, sapi, dan lain-lain) pada zaman dahulu juga merupakan binatang dan tumbuhan liar, yang kemudian dibudidayakan.


Hewan dan tumbuhan liar itu dibudidayakan alasannya ialah mempunyai sifat-sifat unggul yang dibutuhkan manusia. Sebagai contoh, ayam dibudidayakan alasannya ialah menghasilkan telur dan daging. Sapi dibudidayakan alasannya ialah menghasilkan daging dan susu. Padi dibudidayakan alasannya ialah menghasilkan beras.


Beberapa referensi tumbuhan dan binatang yang mempunyai peranan oenting untuk memenuhi kebutuhan pangan, perumahan, dan kesehatan contohnya sebagai berikut:


a. Pangan :


– Berbagai biji-bijian (padi, jagung, kedelai, kacang)

– Berbagai umbi-umbian (ketela, singkong, suwek, garut, kentang)

– Berbagai buah-buahan (pisang, durian, nangka, mangga, rambutan)

– Berbagai binatang ternak (ayam, kambing, sapi)


b. Perumahan : kayu jati, sonokeling, meranti dan kamfer.


c. Kesehatan : kunyit, kencur, temulawak, jahe lengkuas.


2. Sebagai Sumber Pendapatan


 Pada kesempatan yang kemudian kita telah membahas ihwal  Manfaat Keanekaragaman Hayati


Keanekaragaman hayati sanggup dijadikan sebagai sumber pendapatan. Misalnya untuk materi baku industri, rempah-rempah, dan perkebunan. Semua itu sanggup dijual dan berkhasiat sebagai sumber pendapatan. Bahan baku industry contohnya kayu gaharu dan cendana untuk industri kosmetik, teh dan kopi untuk industry minuman, gandum dan kedelai untuk industri makanan, dan ubi kayu untuk menghasilkan alkohol. Rempah-rempah contohnya lada, vanili, cabai, dan bumbu dapur. Perkebunan contohnya kelapa sawit dan karet.


3. Sebagai Sumber Plasma Nutfah


Hewan, tumbuhan dan mikroba yang dikala ini belum diketahui keuntungannya sebaiknya jangan dimusnahkan. Mungkin saja, di masa mendatang akan mempunyai peranan yang penting. Contohnya tumbuhan mimba. Dulu tumbuhan ini hanya merupakan tumbuhan pagar namun, dikala ini diketahui mengandung zat azadirakhitin yang mempunyai peranan anti hama dan anti bakteri.


Adapula ganggang yang mempunyai protein tinggi, yang sanggup dipakai sebagai sumber kuliner masa depan, contohnya Chlorella. Buah pace (mengkudu) yang semula tidak dimanfaatkan, kini diketahui mempunyai khasiat untuk meningkatkan kebugaran tubuh, mencegah dan mengobati penyakit tekanan darah.


4. Manfaat Ekologi


Selain berfungsi untuk menunjang kehidupan manusia, keanekaragaman hayati mempunyai peranan dalam mempertahankan keberlanjutan ekosistem. Masing-masing jenis organism mempunyai peranan di dalam ekosistemnya. Peranan ini tidak sanggup digantikan oleh jenis yang lain.


Sebagai contoh, burung hantu dan ular di ekosistem sawah merupakan pemakan tikus. Jika kedua pemangsa tersebut dilenyapkan oleh manusia, maka tidak ada yang mengontrol populasi tikus. Akibatnya perkembangan tikus meningkat cepat dan di mana-mana terjadi hama tikus.


5. Manfaat Keilmuan


Keanekaragaman hayati merupakan lahan penelitian dan pengembangan ilmu yang sangat berkhasiat untuk kehidupan manusia.


6. Manfaat Keindahan


Keindahan alam tidak terletak pada keseragaman tetapi pada keanekaragaman. Bayangkan bila halaman rumahmu hanya ditanami satu jenis tumbuhan saja, apakah indah? Tentu akan lebih indah jikalau ditanami aneka macam tumbuhan menyerupai mawar, melati, palem, rumput dan anggrek.


Wah, ternyata ada banyak manfaat keanekaragaman hayati dalam hidup kita. Pemanfaatannya yang begitu banyak dan bermacam-macam tentu saja sanggup mengancam kelestariannya. Untuk itu kita harus bijaksana dalam memanfaatkan keanekaragaman hayati, dengan mempertimbangkan aspek manfaat dan aspek kelestariannya.


Baca juga : tingkat keanekaragaman hayati.


Sekian ya. Semoga bermanfaat. Ayuk like dan share ya! 



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Keanekaragaman Hayati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel