-->

iklan banner

Politik Identitas

Politik identitas telah menjadi salah satu konsep penting dalam memahami fenomena politik belakangan ini. Saya akan dongeng sedikit mengenai program diskusi bertemakan politik identitas yang berlangsung sekitar beberapa waktu kemudian di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Talk show bertema ‘Menolak Kekerasan Terhadap Perempuan’ menghadirkan pembicara yang cukup provokatif terhadap fenomena-fenomena diskriminatif baik dalam aspek sosial, politik maupun budaya. Analisis pembicaraan dalam talkshow tersebut berlandaskan pada sebuah gerakan sosial. Gerakan itu disebut feminisme.


Feminisme menyerupai sebuah gerakan sosial pada umumnya mempunyai tujuan yang ingin dicapai dengan metode yang dipercaya ampuh. Dalam hal ini feminisme berkaitan dengan kekerabatan kuasa dan perlawanan, akhirnya, secara politis lahir usaha untuk membuat kuasa yang selama ini dipandang diskriminatif.


Baca juga Gender: Sebuah Konstruksi Sosial






Feminisme sendiri mempunyai bermacam-macam bentuk gelombang yang berlandaskan atas kesamaan identitas. Gerakan ini pada awalnya dimotori oleh kaum perempuan. Kesamaan-kesamaan identitas secual menjadi pemersatu pandangan demi tujuan yang ingin dicapai. Identitas sebagai sebuah konsep mempunyai definisi yang luas dan variatif.


Perempuan yaitu identitas. Begitu pula status sosial, agama, perlakuan kultural, posisi politik tertentu juga merupakan identitas. Sebuah gerakan yang berlandaskan identitas sanggup disebut sebagai politik identitas. Tetapi dalam pengertian teori sosial dan politik, politik identitas mempunyai makna yang lebih spesifik ketimbang pengertian yang luas.


Politik identitas telah menjadi salah satu konsep penting dalam memahami fenomena politik  Politik Identitas


Cressida Heyes memberi definisi politik identitas yang sangat jelas. Menurutnya politik identitas yaitu acara politik dalam arti luas yang secara teoritik menemukan pengalaman-pengalaman ketidakadilan yang dirasakan kelompok tertentu dalam situasi sosial tertentu. Politik identitas lebih mengarah pada gerakan dari ‘kaum yang terpinggirkan’ dalam kondisi sosial, politik, dan kurtural tertentu dalam masyarakat. Dalam usaha politik, penggunaan identitas memberi hasil aktual yang kuat secara signifikan. Identitas yaitu konsep kunci dalam arena politik. Secara teoritik, identitas mempunyai definisi yang cukup dalam.


Baca juga Partai Politik: Pengertian, Sejarah dan Fungsinya







Stuart Hall mendefinisikan identitas sebagai proses yang terbentuk melalui sistem bawah sadar. Sistem bawah sadar berjalan melalui waktu dan membentuk bayangan imajiner yang tidak pernah menemui titik akhir. Stuart Hall lebih menilai identitas sebagai proses menjadi (becoming) daripada nilai baku atau taken for granted.


Definisi dari Cresida Heyes dan Stuart Hall perihal politik identitas memberi deskripsi yang terang posisi politik identitas dalam ruang demokrasi. Relasi-relasi gerakan dalam membuat artikulasi berdemokrasi mununjukan bahwa nafas demokrasi sedang bertiup.


Di lain sisi, benturan-benturan yang menimbulkan konflik, otomatis rentan terjadi, meminjam istilah Tariq Ali, rentan terjadi “clash of fundamentalists” dalam kehidupan masyarakat, atau Huntington dengan lebih ekstrim mengatakan, “clash of civilization” dimana keduanya merupakan cacat dalam demokrasi.


Baca juga Demokrasi: Pengertian dan Sejarah Singkat







Gerakan feminisme atau gerakan lain yang berdasar praktik diskriminasi gender, etnis, ras, atau yang lainya melahirkan konsep politik identitas. Talkshow di universitas tersebut ditutup dengan tantangan dari pembicara untuk mengucapkan janji biar berpihak pada gerakan ‘Menolak Kekerasan Terhadap Perempuan’ sekaligus memperjuangkan feminisme. Yang terkhir disebut menuai perdebatan dari peserta. Talkshow bubar dengan hawa panas.


Baca juga Konsep Dasar Sosiologi: Beberapa Istilah Umum



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Politik Identitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel