-->

iklan banner

Pelestarian Alam Secara Insitu Dan Eksitu

Pelestarian Alam Secara Insitu dan Eksitu - Ada dua macam upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia, yaitu secara insitu dan eksitu. Pelestarian secara insitu ialah pelestarian sumber daya alam hayati pada habitat aslinya.
Contoh pelestarian insitu antara lain : Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasioanal Kerinci, Taman Nasional Tanjung Putting, Taman Nasional Gunung Lauser.
Adapun pelestarian secara eksitu ialah pelestarian sumber daya alam hayati di luar habitat aslinya.
Contoh pelestarian eksitu antara lain : Kebun Botani, Kebun Plasma Nutfah, Kebun koleksi.

Pelestarian Alam Secara Insitu dan Eksitu Pelestarian Alam Secara Insitu dan Eksitu

Pemerintah sudah menetapkan beberapa daerah hutan sebagai hutan lindung, taman nasional, dan suaka margasatwa. Ini merupakan upaya untuk melestarikan keanekaragaman hayati baik flora maupun binatang semoga terhindar dari ancaman kepunahan. Sebagai pola pelestarian gajah di Way Kambas Lampung dan komodo di pulau Komodo Nusa Tenggara Timur.
Kebun binatang yang ada di Indonesia mempunyai koleksi satwa yang beraneka ragam. Satwa-satwa yang dijadikan koleksi sengaja dipindahkan dari habitat aslinya ke dalam lingkungan kebun binatang. Di samping bertujuan melengkapi keragaman hewan, pemindahan binatang ini juga dimaksudkan sebagai sarana rekreasi dan pembelajaran pada masyarakat dan pengembangan satwa untuk pelestarian satwa yang bersangkutan. Ini merupakan pelestarian secara eksitu. Demikian pula pembangunan kebun plasma nutfah, kebun botani, dan kebun koleksi di beberapa daerah.
Kebun plasma nutfah ditujukan untuk melestarikan jenis-jenis flora baik jenis unggul maupun yang masih liar. Pada kebun koleksi tumbuhan terbatas pada jenis-jenis unggul saja.
Adapun kebun botani, lebih bersifat melestarikan jenis daripada plasma nutfah dalam arti yang sebenarnya.

sekian artikel wacana pembahasan mengenai pelestarian alam secara insitu dan eksitu, semoga bermanfaat dan menambah wawasan wacana pelestarian alam.
Sumber http://indonetedu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pelestarian Alam Secara Insitu Dan Eksitu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel