-->

iklan banner

Contoh Flowchart Aktivitas Sistem Pakar

Pengertian Flowchart Flowchart ialah penyajian yang sistematis ihwal proses dan kebijaksanaan dari kegiatan penanganan informasi. Program Flowchart ialah suatu skema dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu kegiatan (Widia, 1983:4).

Mengapa harus memakai Flowchart?

Bagi Anda yang sedang menyelesaiakan Tugas Akhir atau skripsi terutama jurusan teknik informatika,  memakai flowchart sangat diharapkan untuk membantu dalam pembuatan program. Dengan memakai flowchart akan memudahkan Anda untuk mengerti jalannya/alur dari suatu program, alasannya ialah didalam sebuah flowchart terdapat, antara lain:

1. Relationship
Flowchart dapat memperlihatkan citra yang efektif, jelas, dan ringkas ihwal mekanisme logic. Teknik penyajian yang bersifat grafis akan lebih baik daripada uraian-uraian yang bersifat teks khususnya dalam menyajikan logika-logika yang bersifat kompleks.

2.Analysis
Dengan adanya pengungkapan yang terperinci dalam model atau chart, maka para pembaca sanggup dengan gampang melihat permasalahan atau memfokuskan perhatian pada area-area tertentu sistem informasi.

3. Communication
Karena simbol-simbol yang dipakai mengikuti suatu standar tertentu yang sudah diakui secara umum, maka flowchart sanggup merupakan alat bantu yang sangat efektif dalam mengkomunikasikan kebijaksanaan suatu problem atau dalam mendokumentasikan kebijaksanaan tersebut.

Daftar Simbol pada Flowchart

 ialah penyajian yang sistematis ihwal proses dan kebijaksanaan dari kegiatan penanganan infor Contoh Flowchart Program Sistem Pakar

Baca juga : jurnal sistem pakar PDF

Contoh Flowchart Program Sistem Pakar “Rancangan layar Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi”

flowchart digunakan untuk pengembangan sebuah aplikasi, dan memudahkan dalam pembuatan sebuah program. Sebelum memakai flowchart, biasanya kita menyebarkan dulu sebuah rancangan layar yang diubahsuaikan dengan kebutuhan data dan kebutuhan pengguna. Kali ini, saya akan mengambil dua buah teladan rancangan layar hidangan utama dari aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi dengan gambar rancangan layar ibarat di bawah ini:

1. Gambar rancangan layar halaman hidangan utama (homepage)

 ialah penyajian yang sistematis ihwal proses dan kebijaksanaan dari kegiatan penanganan infor Contoh Flowchart Program Sistem Pakar

2. Gambar rancangan layar halaman hidangan konsultasi

 ialah penyajian yang sistematis ihwal proses dan kebijaksanaan dari kegiatan penanganan infor Contoh Flowchart Program Sistem Pakar

Melihat teladan rancangan layar di atas, flowchart yang akan dibentuk ialah ibarat berikut ini:
1. Flowchart hidangan utama

 ialah penyajian yang sistematis ihwal proses dan kebijaksanaan dari kegiatan penanganan infor Contoh Flowchart Program Sistem Pakar
gambar flowchart

Dari gambar flowchart hidangan utama di atas, sanggup dijelaskan ditampilkannya hidangan utama sampai respon dari kegiatan ketika user memilih pilihan yang ada di hidangan utama. Bila dijelaskan lebih detail, dengan memakai simbol dan keterangan flowchart sanggup dijabarkan langkah-langkah yang sanggup dilakukan oleh user sebagai berikut:

a. User/pengguna pilih “start” yang diwakili oleh simbol terminator yang menggambarkan kegiatan awal atau selesai dari suatu proses. Pada langkah ini simbol terminator menjabarkan kegiatan awal kegiatan tampilan halaman hidangan utama.
b. Kemudian tampil halaman utama dimana diwakili oleh simbol proses yang berfungsi menggambarkan suatu proses.
c. Setelah tampil halaman hidangan utama, user disediakan beberapa pilihan hidangan yang harus beliau pilih. Setiap hidangan yang ada diwakili oleh simbol decision yang berfungsi menggambarkan suatu keputusan atau tindakan yang harus diambil pada kondisi tertentu (T/F).
d. Jika user menentukan “Home” maka user akan tetap berada di halaman utama, ditunjukkan dengan simbol line connector yang mengarah ke “tampil hidangan utama”.
e. Jika pilih “konsultasi” maka user akan dibawa/masuk ke halaman konsultasi yang ditunjukkan dengan simbol off-page reference yang berfungsi menghubungkan suatu simbol dengan simbol yang lainnya pada halaman yang berbeda.

Keterangan: pada ketika user menentukan hidangan konsultasi, maka user dibawa ke hidangan konsultasi (lihat simbol off-page reference) yang digambarkan pada flowchart konsultasi

f. Jika user tidak menentukan “konsultasi” tapi menentukan “kamus istilah” maka user akan dibawa ke halaman “kamus istilah” pada halaman yang sama dengan diwakili simbol on-page reference yang berfungsi menghubungkan suatu simbol dengan simbol yang lainnya pada halaman yang sama.
g. Jika user tidak menentukan “kamus istilah” tapi menentukan “login” maka user akan di bawa ke halaman “ADM/administrator”.  Dan jikalau user tidak menentukan semua dari tampilan hidangan utama yang ada, user sanggup pilih keluar/exit dari kegiatan yang ada, dengan diwakili oleh simbol terminator “END”.

2. Flowchart Konsultasi

 ialah penyajian yang sistematis ihwal proses dan kebijaksanaan dari kegiatan penanganan infor Contoh Flowchart Program Sistem Pakar

Pada Flowchart Konsultasi diatas menggambarkan alur proses konsultasi ketika hidangan konsultasi dijalankan. Penjabaran mengunakan simbol dan keterangan flowchart di atas, tidak berbeda jauh dengan flowchart menu utama, hanya saja di flowchart konsultasi ini, ada simbol predefine proses yang berfungsi menandakan proses-proses yang masih sanggup dijabarkan dalam algoritama.

Kedua flowchart di atas, sanggup dijelaskan/dijabarkan dengan memakai Algoritma. Dimana algoritma ini bertujuan untuk mempermudah dalam melacak dan menelusuri kesalahan-kesalahan pada kegiatan dan mempermudah dalam pembuatan program.

Algoritma Menu Utama dan Konsultasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi Baru Lahir

Algoritma merupakan suatu bahasa yang memungkinkan programmer untuk berpikir terhadap permasalahan yang dipecahkan tanpa harus memikirkan syntax dari bahasa pemrograman yang akan dipakai atau dari bahasa pemrograman tertentu. Algoritma dipakai untuk menjembatani bahasa sehari-hari programmer dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan.

1. Algoritma Menu utama
Algoritma hidangan utama ini akan menjelaskan proses ihwal hidangan yang akan dipilih oleh user. Berikut Algoritma dari kegiatan hidangan utama sistem pakar diagnosa penyakit bayi.

1. Start
2. Tampil Menu Utama
3. If pilih = home then
4.   Kembali ke baris 2
5. Else if pilih – kamus istilah then
6.   Menuju ke hidangan konsultasi
7. Else if pilih = kamus istilah then 
8.  Menuju ke kamus istilah
9. Else if pilih = login then
10.   Menuju ke administrator
11. Else
12.   end
13. End if

2. Algoritma Konsultasi
Algoritma konsultasi menjelaskan proses untuk mendiagnosa penyakit pada bayi gres lahir.

1.   Tampil pertanyaan
2.   If pilih=pertanyaan then
3.    proses cari pertanyaan menurut id_tanya sebelumnya
4.    Tampil pertanyaan
5.    If pilih=pertanyaan then
6.     Proses cari kesimpulan menurut id_simpul
7.      If Kesimpulan ditemukan=true then
8.       Tampil kesimpulan
9.       If pilih=tanya lagi then
10.      Kembali ke baris 1
11.      Else if pilih=tombol kembali then
12.       Menuju hidangan utama
13.      Else
14.       Kembali ke baris 9
15.     End if
16.  Else
17.    Menuju ke baris 3
18.  End if
19. Else if pilih=arahan then
20.  Proses cari instruksi menurut id_tanya dan id_simpul
21.   Tampil arahan
22.   Menuju baris 9
23.  End if
24. Else if pilih=tombol kembali then
25.  Menuju ke hidangan utama
26. Else
27.  Kembali ke baris 5
28. End if

Untuk teladan lengkap rancangan layar, simbol flowchart (flowchart yang digunakan) dan Algoritama sistem pakar, Anda sanggup melihatnya di artikel kumpulan skripsi sistem pakar pada penggalan 3 (Analisa problem dan rancangan sistem) skripsi dari Universitas Budi Luhur Jakarta

Demikian artikel contoh flowchart kegiatan sistem pakar semoga bermanfaat


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Flowchart Aktivitas Sistem Pakar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel