-->

iklan banner

√ Bir Ini Halal Dan Gak Bikin Mabuk, Cocok Dijadikan Perjuangan Sampingan!

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata bir? Pasti eksklusif teringat dengan minuman beralkohol yang pembuatannya melalui proses fermentasi kan? Mendengar wacana minuman beralkohol, beberapa orang niscaya eksklusif terpikirkan dengan imbas mabuk yang dibawanya. Tapi tahukah kau ada bir yang tidak menciptakan mabuk dan cocok dijadikan perjuangan sampingan?


Minuman ini namanya saja yang mengandung kata bir, namun pembuatannya tidak memakai alkohol sama sekali dan tidak melalui proses fermentasi. Bir ini dinamakan bir pletok, ialah minuman penyegar yang dibentuk dari adonan beberapa rempah. Biasanya rempah yang dipakai ialah jahe, daun pandan wangi, serai, dan secang yang akan memperlihatkan warna merah ketika diseduh dengan air panas.


Bir pletok merupakan minuman tradisional masyarakat Betawi dan sering disajikan ketika perayaan atau acara-acara masyarakat betawi. Menilik sejarahnya, bir pletok ini sudah hadir semenjak masa penjajahan Belanda. Pada ketika itu masyarakat Betawi banyak yang terpengaruhi untuk mencoba meminum bir ibarat yang banyak dilakukan oleh bangsa barat. Namun mereka melihat efeknya yang kurang baik alasannya ialah menciptakan mabuk.


Orang Betawi dikenal sebagai muslim yang taat sehingga meminum bir merupakan perbuatan tidak boleh agama yang tidak akan mereka lakukan. Akhirnya mereka mencoba meracik bir yang sanggup menghangatkan tubuh namun tidak mengakibatkan imbas samping mabuk. Akhirnya terciptalah bir pletok yang rasanya nikmat, berguna menghangatkan tubuh dan mempunyai khasiat-khasiat lainnya yang juga menyehatkan tubuh.


Khasiat Bir Pletok


Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata bir √ Bir Ini Halal dan Gak Bikin Mabuk, Cocok Dijadikan Usaha Sampingan!

sumber gambar: atmaGo


Bir pletok ialah minuman yang terbuat dari adonan banyak sekali rempah-rempah sehingga sanggup dikatakan sebagai minuman herbal. Banyaknya rempah yang tekandung menciptakan bir pletok membawa banyak manfaat, diantaranya;



  1. Meredakan nyeri dan asam lambung

  2. Menghangatkan tubuh dan mengbati masuk angin

  3. Mengurangi rasa mual, batuk, dan tanda-tanda flu ringan

  4. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang sanggup memperlebar pembuluh darah sehingga tubuh menjadi hangat, darah mengalir lebih lancar dan tekanan darah menurun

  5. Meningkatkan napsu makan

  6. Mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker


Cara Pembuatan yang Praktis untuk Dijadikan Usaha Sampingan


Bir pletok mempunyai rasa yang khas, yaitu adonan antara manis, pedas, dan hangat. Resep orisinil bir pletok bergotong-royong ada 11 macam rempah yang ada di Betawi dan semuanya mempunyai peranan masing-masing dan menghasilkan cita rasa yang berbeda-beda. Membuat bir pletok ternyata cukup gampang dan kau sanggup menyesuaikannya dengan perkembangan zaman dengan cara menciptakan variasi rasa.


Bahan yang kau butuhkan untuk menciptakan bir pletok ialah jahe sebanyak yang kau butuhkan, cengkeh, biji pala, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gula. Semua materi ini kemudian dicampur menjadi satu dan tidak lupa ditambah secang yang fungsinya memberi warna pada bir ini nantinya.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Agar semua rasa rempah terasa pada bir, rempah harus digeprek terlebih dahulu sampai hancur. Setelah itu gres dimasukkan ke dalam panci yang sudah berisikan air dan dipanaskan memakai api sedang. Sambil diaduk masukkan gula sesuai selera. Bir pletok ini nikmat diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Karena perkembangan zaman dan minat masyarakat yang tinggi bahkan sekarang ada bir pletok dalam wujud bubuk yang dikemas memakai kemasan sachet.


Meski Usaha Sampingan, Pengemasan Harus Diutamakan


Bir pletok buatan rumahan ini merupaka produk cair sehingga kemasan yang dipakai harus tepat. Untuk produk minuman biasanya memakai kemasan gelas atau botol, namun tahukah kalian kalau ada alternatif kemasan lain yang sanggup digunakan?


1. Kemasan gelas


Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata bir √ Bir Ini Halal dan Gak Bikin Mabuk, Cocok Dijadikan Usaha Sampingan!


Kemasan ini menjadi kemasan paling mainstream namun sempurna untuk mengemas bir pletok. Ada dua jenis kemasan gelas, pertama gelas yang terbuat dari plastik PET atau PP dan kedua gelas yang terbuat dari kertas foodgrade dan dilapisi plastik tipis. Ada majemuk ukuran dari kedua jenis kemasan ini. Meksi mainstream kamu sanggup menciptakan kemasan gelas ini berbeda dengan cara menyablon permukannya dengan desain yang menarik.


2. https://dikemas.com/kemasan/botol-almond-250-ml/


Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata bir √ Bir Ini Halal dan Gak Bikin Mabuk, Cocok Dijadikan Usaha Sampingan!


Kemasan kedua yang sanggup kau gunakan ialah kemasan botol. Ada dua jenis kemasan botol yang sanggup kau gunakan, pertama botol beling dan kedua botol plastik. Kemasan botol plastik lebih dianjurkan alasannya ialah lebih mudah dan tidak rentan kalau jatuh dari ketinggian tertentu. Sama halnya dengan kemasan gelas, kemasan botol plastik ini juga sanggup disablon dengan desain sesukamu.


3. Kemasan standing pouch


Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata bir √ Bir Ini Halal dan Gak Bikin Mabuk, Cocok Dijadikan Usaha Sampingan!

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Ini nih kemasan antimainstream dan kekinian untuk mengemas bir pletok kamu, kemasan standing pouch. Jika biasanya kemasan ini dipakai sebagai kemasan snack kau sanggup menjadikannya berbeda. Namun kau harus memakai materi yang sempurna kalau membungkus produk minuman memakai kemasan standing pouch. Gunakan yang berbahan dasar plastik supaya lebih aman.


Tertarik menjalankan perjuangan bir pletok ini? Tenang, bir yang satu ini gak bikin mabuk kok! Kalau kau lebih menentukan pakai kemasan yang mana? Tulis di kolom komentar, ya!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Bir Ini Halal Dan Gak Bikin Mabuk, Cocok Dijadikan Perjuangan Sampingan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel