-->

iklan banner

Pembahasan Mendalam Wacana Debit Matematika

Pembahasan Mendalam Tentang Debit Matematika - Selamat pagi adik - adikku semua. Jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. Hari ini, kita akan membahas bahan yang mungkn cukup bermanfaat bagi kalian semua. Mau tahu bahan yang akan kita bahas pada hari ini? Ikuti terus ilmu sains online ya. Materi yang akan kita bahas pada hari ini yakni Pembahasan dan Contoh Soal Mengenai Debit Matematika. Ada yang sudah pernah membaca mengenai debit sebelumnya? Jika belum, simak saja bahan lengkapnya berikut ini.

Pembahasan Mendalam Tentang Debit Matematika Pembahasan Mendalam Tentang Debit Matematika
Google Image - Pembahasan Mendalam Tentang Debit Matematika

Pengertian Debit matematika. Debit Merupakan banyaknya air yang mengalir pada suatu baskom dalam satuan waktu. Jika kita bicara mengenai debit, maka bersahabat kaitannya dengan volume dan waktu. Karena biasanya debit ini dipakai untuk mencari volume air yang mengalir dalam satuan waktu tertentu. Ada yang sudah tahu rumus debit? Jika belum, simak saja bahan berikut ini. Kita akan membahas tuntas mengenai Debit.


Pengertian Debit Matematika 


Untuk mengetahui pengertian secara mendalam mengenai debit air, Kita perlu mendalami ilustrasi berikut ini:

Pada suatu bak yang keadaanya kosong atau tidak terisi air. Kolam tersebut kemudian diisi air sebanyak 0,8 L/detik. 

Dari ilustrasi diatas, sudah terang bahwa:

Pengertian debit yakni Banyaknya Suatu zat cair yang mengalir dalam satuan waktu tertentu. Biasanya satuan debit yang dipakai yakni L/detik atau juga Meter kubik per detik (m^3/detik). Untuk mendalami bahan ini, simaklah rumus yang dipakai untuk mencari nilai debit berikut ini.


Rumus Cara Menghitung Satuan Debit Matematika


Ilmu sains online ada tips and trik nih bagi kalian semua semoga selalu ingat dengan rumus cara menghitung debit air. Tips and triknya yakni ingat saja satuan dari debit itu sendiri, dimana satuannya yakni L/detik, oleh alasannya yakni itu Rumusnya adalah:

Rumus Menghitung Debit air:

Debit = Volume air/waktu

kalau ingin tahu pembahasan mendalam wacana Rumus Debit, simaklah Contoh Soal berikut ini:

Contoh Soal 1


Sebuah bak yang berbentuk persegi panjang, mempunyai ukuran sebagai berikut. Panjang bak yakni 5m, lebar bak 3m, dan kedalamannya yakni 1,5m. Kolam tersebut akan terisi penuh dalam waktu 35menit. Maka berapakah debit air bak tersebut?

Jawab

Diketahui ukuran kolam:

P = 5m
L = 3m
T = 1,5m
waktu = 35 menit

maka volume bak adalah:

V = P x L x T
V = 5 x 3 x 1,5
V = 22,5m^3

Makara Debit airnya adalah:

Debit = Volume / waktu
Debit = 22,5m^3 / 35 menit
Debit = 0,64m^3/menit.


Contoh Soal 2


Sebuah aquarium mempunyai volume sebanyak 54.000L. Untuk mengisi aquarium tersebut, dibutuhkan debit sebesar 25L/detik. Berapakah waktu yang dibutuhkan hingga aquarium tersebut terisi penuh?

jawab

Debit = V/waktu
Waktu = V/debit
Waktu = 54.000L/25L/detik
Waktu = 2.160 detik atau 0,6 jam.

Jadi, waktu yang dibutuhkan semoga aquarium terisi penuh yakni 0,6jam.


Pembahasan Mendalam Tentang Debit Matematika - Sekian Pembahasan mengenai Materi mendalam wacana debit matematika. Praktis bukan untuk memahami bahan diatas. Kalian harus banyak mengerjakan pola soal semoga sanggup memahami bahan nya. Ilmu sains online pamit dulu ya. jumpa lagi dengan pembahasan yang gres yang membantu kalian dalam hal memahami bahan dan pola soal tentunya. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan Mendalam Wacana Debit Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel