-->

iklan banner

√ Novel Adalah? Pengertian Dan Unsur Intrinsik Ekstrinsik Novel

Pengertia Novel – Artikel ini akan membahas pengertian novel dan menjelaskan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik novel berikut penjelasannya. Pengertian novel secara umum, novel yakni bentuk karya sastra paling terkenal di dunia, bentuk karya ini paling banyak tersebar, alasannya yakni komunikasinya yang luas berdasarkan masyarakat. Novel sanggup dibagi menjadi dua golongan yang pertama karya serius dan karya hiburan.


Selain itu pengertian novel yakni sebuah karya yang berbentuk prosa dan mempunyai unsur intrinsik dan ekstrinsik. Pengertian novel secara bahasa berasal dari bahasa italia yaitu novella yang memilik arti sebuah kisah atau cerita. Penulis yang menulis novel biasa disebut novelis. Isi novel lebih panjang dari cerpen dan tak mempunyai batas struktur dan sajak. Berikut pengertian novel berdasarkan beberapa para andal :


Pengertian Novel Menurut Para Ahli :



  1. Menurut Drs, Rostamaji, M.Pd


Novbel merupakan karya sastra yang mempunyai 2 unsur yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik yang keduanya saling bekerjasama alasannya yakni saling kuat dalam karya sastra.



  1. Menurut Dr. Nurhadi


Bentuk karya sastra yang mengandung nilai budaya, sosial, pendidikan, dan moral.



  1. Menurut Jakob Sumardja


Novel merupakan bentuk sastra yang popular di sunia, bentuk sastra ini paling banyak beredar dan dicetak alasannya yakni komunikasi yang sangat luas di masyarakat.


 Artikel ini akan membahas pengertian novel dan menjelaskan unsur intrinsik dan unsur ekst √ Novel Adalah? Pengertian dan Unsur Intrinsik Ekstrinsik Novel


Unsur Intrinsik Novel :


Unsur utama yang membangun novel dari dalam. Bisa dibilang unsur intrinsic adalh unsur dalam kisah itu sediri. Unsur itu tidak hanya satu tetapi ada banyak. Ada beberapa sub sebagai berikut :



  • Tema yaitu inspirasi atau gagasan utama sebuah novel. Tema mengandung citra luas mengenai kisah yang akan diceritakan sebagai kisah dalam novel. Maka dari itu tema sangan penting untuk dipikirkan sebelum menulis novel, alasannya yakni tema yang kuat akan menghasilkan kisah yang focus.

  • Tokoh yaitu seseorang yang menjadi lakon di novel. Sedangkan penokohan aksara atau tabiat yang dimiliki tokoh. Ada beberapa jenis tabiat dalam tokoh yaitu protagonist, antagoonis dan tritagonis. Tokoh itu sanggup dideskripsikan untuk membuktikan ciri fisik, tingkah laku, cara pandang dan kehidupa sosial. Penyampaian ini sanggup disalurkan lewat narasi paragraph, melalui obrolan antar tokoh, kedalam alur melalui konfik dan latar yang ada dalam novel.

  • Alur / plot bab insiden yang akan membentuk jalannya kisah dalam novel. Ada 2 macam alur yaitu alur maju yang insiden di dalamnya berjalan secara urut. Sedangkan alur mundur alur insiden yang berjalan loncat dan tidak rapi.

  • Latar / setting yaitu citra insiden yang ada dalam cerita, yang termasuk unsur pembangun kisah yang vital. Keberadaanya sangat penting alasannya yakni sanggup membangun suasana dalam cerita. Latar ada beberapa macam yaitu waktu, tempat, sosial budaya, keadaan lingkungan, dan suasana.

  • Sudut pandang cara pengarang menempatkan dirinya pada sebuah cerita. Biasanya diartikan cara pandang seorang pengarang dalm penyampaian kisah menyerupai sudut pandang ornag ketiga serba tahu, sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat, sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama, dan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan.

  • Gaya bahasa unsur yang penting sebagai faktor pemicu minat baca. Seperti personafikasi, simele, dan hiperbola.

  • Amanat unsur yang mengandung pesan tertentu yang ingin disampaikan oleh pengarang. Biasanya berupa kritik sosial, ajakan, protes, dan masih banya lagi. Amanat biasanya dibagi menjadi dua yaitu tersurat dan tersirat.


Unsur Ekstrinsik Novel :


Unsur yang membangun novel dari luar biasanya berupa latar belakang langsung penulis atau nilai dari luar. unsur tersebut biasanya menyerupai biografi dan latar belakang, kisah dibalik layar, dan nilai yang ada dalam masyarakat.


Baca juga : Contoh teks anekdot


Demikianlah sajian gosip mengenai pengertian novel , unsur intrinsik novel, dan juga unsur ekstrinsik novel yang sanggup kami paparkan untuk sahabat sahabat semuanya. Besar impian kami artikel mengenai novel diatas sanggup memperlihatkan manfaat untuk sahabat sahabat semuanya. Selamat berguru dan salam pelajar berprestasi!



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Novel Adalah? Pengertian Dan Unsur Intrinsik Ekstrinsik Novel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel