-->

iklan banner

Mencari Duplikasi Data Pada Excel

Data duplikat merupakan suatu data yang memiliki karakteristik yang sama atau identik antara data yang satu dengan data yang lainnya.

Kejadian data duplikat ini sering terjadi apabila menggabungkan beberapa buah data menjadi satu yang diambil dari sebuah data secara acak.

Kadangkala terjadinya data duplikat pada dikala mengolah data memakai aplikasi ms.excel, harus dilakukan pembatalan alasannya hanya diperlukan satu buah data diantara data duplikat tersebut.

Jika dilakukan secara manual dengan mencari satu persatu data duplikat tersebut, tentunya diperlukan waktu yang sangat usang dan membuang waktu secara sia-sia.

Berikut cara-cara yang sanggup dipakai untuk mencari data duplikat pada aplikasi ms.excel :

1. Menggunakan Tools Duplicate Values Pada Conditional Formatting


Tools ini merupakan salah satu tools yang sangat efektif dipakai untuk mencari data-data yang memiliki kesamaan / duplikat kalau data tersebut tidak eksklusif dihapus.

Penggunaan tools ini akan memperlihatkan warna pada sel-sel data sesuai dengan warna yang sanggup sahabat pilih / tentukan.

Contoh penggunaan cara ini yakni mencari data nomor hp yang sama dari data pada pola gambar data duplicate 1 di bawah ini

 Data duplikat merupakan suatu data yang memiliki karakteristik yang sama atau identik an Mencari Duplikasi Data Pada Excel
Data Duplikat 1

Cara untuk memakai tools ini yakni sahabat excel sanggup lakukan blok pada data yang akan dicari (contoh kolom A), kemudian pada tools kafe pilih conditional formatting (group style) pada sajian kafe (home).

Kemudian cari highlight cells rules kemudian klik pada duplicate values maka akan muncul form duplicate values menyerupai pada tampilan gambar data duplikat 1 diatas.

Pada bab kiri terdapat dua pilihan yaitu :
  • Duplicate untuk menentukan data yang sama untuk diwarnai.
  • Unique untuk menentukan data yang tidak sama untuk diwarnai.
Sobat sanggup menentukan warna sesuai dengan selera masing-masing pada pilihan values with di sebelah kanannya. 

Jika sudah klik tombol ok, maka data pada kolom yang dipilih tadi (kolom A) akan diwarnai data-data yang memiliki kesamaan dengan warna sesuai pilihan.


2. Menggunakan Tools remove Duplicates


Tools ini sanggup dipakai kalau sahabat akan menghapus secara eksklusif data-data yang memiliki kesamaan / duplikat.

Ketika tools ini digunakan, maka setiap data yang memiliki kesamaan akan dihapus, sanggup secara delete cell atau sanggup juga secara delete kolom sesuai dengan opsi yang sahabat pilih.

Contoh penggunaan tools remove duplicates sanggup diperhatikan pada pola data gambar data duplikat 2 dibawah ini.

 Data duplikat merupakan suatu data yang memiliki karakteristik yang sama atau identik an Mencari Duplikasi Data Pada Excel
Data Duplikat 2

Cara memakai tools ini yakni dari data pada sajian bar, sobat pilih remove duplicates pada toolsbar group data tools dengan ketentuan pembatalan data sebagai berikut :
  1. Jika data yang diblok hanya kolom A (A1:A10) maka data yang dihapus yakni hanya data pada kolom A dengan opsi menggeser ke atas.
  2. Jika data yang di blok yakni kolom A dan kolom B (A1:B10) dan kalau pada dikala pembatalan yang dicentang hanya DATA 1 (kolom A) maka data akan dihapus menurut duplikat data pada kolom A dengan opsi entire row (data pada kolom B dengan baris yang sama juga akan terhapus).
  3. Jika data yang di blok yakni kolom A dan kolom B (A1:B10) dan kalau pada dikala pembatalan yang dicentang yakni DATA 1 dan DATA 2 maka data yang akan dihapus yakni adalah data yang identik pada suatu baris (contohnya hanya pada baris 10 pada gambar diatas) dengan opsi entire row.

3. Menggunakan Fungsi Exact


Cara yang berikutnya untuk mencari data yang duplicate yakni dengan memakai fucntion exact pada aplikasi ms.excel. 

Fungsi ini akan mengembalikan nilai TRUE kalau data yang dibandingkan benar-benar sama (identik) dan akan mengembalikan nilai FALSE kalau data tidak identik.

Kekurangan dari penggunaan fungsi ini yakni kita harus mengurutkan data / sort data menurut data yang akan dicari nilai kesamaannya.

Baca juga : Fungsi exact di excel.

Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mencari Duplikasi Data Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel