-->

iklan banner

Kesalahan Fungsi Vlookup Pada Excel

Fungsi vlookup merupakan suatu fungsi di excel yang dipakai untuk mengambil atau membandingkan data pada suatu tabel referensi menurut nilai yang diinginkan dalam bentuk tabel vertical (header data ada pada cuilan atas)

Dalam mengambil nilai memakai fungsi vlookup, terkadang fungsi ini mengembalikan nilai #N/A. Nilai ini menginformasikan bahwa nilai yang dicari tidak terdapat dalam tabel array yang dicari.

Baca juga :  Fungsi vlookup pada excel.

Berikut kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi ketika menghadapi situasi ini :


1. Lupa memberi tanda $ pada tabel


Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pada ketika memakai fungsi vlookup ialah lupa memberi tanda $ pada tabel gosip pembanding baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Pada gambar kesalahan vlookup 1 dibawah ini ialah referensi melaksanakan vlookup data pada kolom C (C7:C10) dengan preview rumus formula ditampilkan pada kolom D.

Pembuatan rumus vlookup ini pertama dilakukan pada sel C7 dengan rumus formula =VLOOKUP(B7,A2:B4,2,0). dari rumus pada sel C7 dilakukan copy rumus pada sel sel C8, C9, dan C10 sehingga menghasilkan nilai #N/A.

Hal ini sanggup terjadi ketika rumus pada sel C7 disalin pada sel C8 (tanpa ditambahkan $ pada tabel referensi) maka semua referensi sel akan bergeser 1 baris kebawahnya.

Sebagai referensi rumus pada sel C8 ialah =VLOOKUP(B8,A3:B5,2,0) sehingga item 1 tidak ditemukan pada rentang sel A3:B5 yang menimbulkan fungsi vlookup mengembalikan nilai #N/A.

Fungsi vlookup merupakan suatu fungsi di excel yang dipakai untuk mengambil atau memband Kesalahan Fungsi Vlookup Pada Excel
Kesalahan Vlookup 1

Solusi untuk permasalan ini ialah dengan mengunci tabel referensi memakai tanda $ pada ketika dilakukan copy rumus formula, sehingga sel pada tabel referensi tidak mengalami pergeseran.

Contoh solusi untuk melaksanakan ini teman sanggup lihat pada gambar kesalahan vlookup 2, rumus pada sel C7 sebelum ditambahkan tanda $ ialah :

VLOOKUP(B7,A2:B4,2,0)

Dengan menambahkan tanda $ pada rentang sel tabel referensi, maka rumus vlookup pada sel C7 sebelum dilakukan copy paste data menjadi :

=VLOOKUP(B7,$A$2:$B$4,2,0)

Fungsi vlookup merupakan suatu fungsi di excel yang dipakai untuk mengambil atau memband Kesalahan Fungsi Vlookup Pada Excel
Kesalahan Vlookup 2


Dengan menambahkan tanda $ pada tabel referensi menjadi $A$2:$B$4, maka ketika dilakukan copy paste rumus tabel sel referensi tidak akan berubah.

Baca juga :  Fungsi $ pada excel.

2. Terdapat spasi pada lookup_value


Kesalahan berikutnya yang mungkin terjadi pada ketika memakai fungsi vlookup ialah salah satu atau lebih lookup_value yang akan dibandingkan terdapat spasi lebih dari pada jarak antar kata maupun dibelakang string teks.

Perbedaan jumlah spasi ini menciptakan data yang dibandingkan dengan data pembanding menjadi tidak sama persis (tidak identik). Dalam memakai fungsi vlookup diharapkan strings teks yang dicari harus sama persis dengan strings teks pencari.

Contoh kesalahan jenis ini sanggup diperhatikan pada gambar kesalahan vlookup 3 dibawah ini, dengan memakai data yang sama menyerupai pada referensi kesalahan tanpa $.

Contoh Preview formula pada kolom C sanggup dilihat pada kolom D, dari referensi ini terdapat satu baris (sel C8) terjadi kesalahan pada ketika melaksanakan vlookup.

Jika dilihat pada preview formula yang dipakai seharusnya pada sel C8 menghasilkan data yang sama dengan sel C9 sebab sama-sama mencari item 1 pada tabel yang sama.

Fungsi vlookup merupakan suatu fungsi di excel yang dipakai untuk mengambil atau memband Kesalahan Fungsi Vlookup Pada Excel
Kesalahan Vlookup 3
Untuk membantu mencari kesalahan ini, teman sanggup memakai fungsi len pada excel,  Dengan memakai  fungsi len pada kolom 6 didapatkan hasil bahwa jumlah aksara pada sel B8 dengan sel B9 terjadi perbedaan.

Perbedaan jumlah aksara yang dihasilkan pada sel B8 dengan sel B9 ini kemungkinan terjadi sebab pada sel B8 terdapat kelebihan spasi.


3. Terdapat spasi pada table_array 


Kesalahan berikutnya ialah terdapat spasi pada tabel informasi, kesalahan menyerupai ini memiliki kesamaan denganpada kesalahan nomor 2 tadi.

Contoh yang ditampilkan pada gambar kesalahan vlookup 4 dibawah ini.

Fungsi vlookup merupakan suatu fungsi di excel yang dipakai untuk mengambil atau memband Kesalahan Fungsi Vlookup Pada Excel
Kesalahan Vlookup 4

Solusi untuk kesalahan terdapat spasi pada tabel array sama dengan kesalahan pada ketika melaksanakan vlookup terdapat spasi pada lookup_value.


Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kesalahan Fungsi Vlookup Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel