-->

iklan banner

Fungsi Large Di Excel

Fungsi large merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang dipakai untuk mencari atau mengembalikan nilai terbesar.

Nilai terbesar yang dikembalikan sanggup merupakan nilai terbersar pertama, kedua dan seterusnya dari suatu rentang sel yang ditentukan.

Sintaks penggunaan fungsi large di excel

LARGE(array, k)
  • Array yaitu rentang yang akan dicari nilai terbesarnya.
  • K yaitu posisi nilai terbesar yang akan dicari (misalnya terbesar pertama, terbesar kedua dan seterusnya.

Manfaat Fungsi Large


Dengan memakai fungsi large, kita sanggup mencari nilai terbesar yang dibandingkan dalam array menurut kriteria terbesar yang ditentukan.

Contoh penggunaan fungsi ini sanggup dilihat pada gambar fungsi large 1 dibawah ini, data array yang akan dibandingkan yaitu rentang sel A1:D8 yang terdiri dari empat buah data pada kolom A,B,C, dan kolom D

Fungsi large merupakan sebuah function pada aplikasi ms Fungsi Large di Excel
Fungsi Large 1

Berikut nilai terbesar yang didapatkan pada kolom E dengan rumus formula yang sanggup dilihat pada kolom F dengan rincian sebagai berikut :
  • Sel E2:E6 akan mengembalikan nilai paling besar untuk masing masing rentang sel :
    • E2 yaitu nilai terbesar pertama dari A2:D2
    • E3 adalah nilai terbesar pertama dari A3:D3
    • Begitu seterusnya hingga E6
  • Sel E7 merupakan nilai terbesar kedua dari rentang sel A2:D2, walaupun nilai yang dikembalikan yaitu angka terbesar, alasannya yaitu fungsi large menghitung nilai terbesar per huruf maka satu huruf dianggap satu nilai.
  • Sel E8 merupakan nilai terbesar ketiga dari rentang sel A8:D8.

FUNGSI LARGE BERSYARAT


Fungsi large bersyarat ini sanggup dipakai untuk mengembalikan nilai terbesar pada suatu kondisi jikalau terpenuhi, dan mengembalikan nilai lainnya jikalau kondisi tidak terpenuhi.

1. Fungsi Large Dengan Logika OR


Berikut ini yaitu teladan penggabungan fungsi yang terdiri dari fungsi large, small, if, dan fungsi or untuk mencari / membandingkan nilai pada kolom A dan kolom B.

Berikut yaitu ketentuan-ketentuan yang dipakai pada teladan gambar fungsi large 2 dibawah ini :
  • Jika salah satu nilai / angka pada kolom A maupun kolom B yaitu lebih kecil dari angka 5 maka akan dikembalikan nilai terkecil dari perbandingan tersebut.
  • Sedangkan jikalau kedua nilai / angka pada kolom A maupun kolom B yaitu lebih besar atau sama dengan angka 5 maka akan dikembalikan nilai terbesar dari perbandingan tersebut.
Fungsi large merupakan sebuah function pada aplikasi ms Fungsi Large di Excel
Fungsi Large 2

Dengan menggabungkan fungsi large, small, if, dan fungsi or, teladan rumus formula pada sel C2 yang sanggup dipakai menurut ketentuan tersebut yaitu :

=IF(OR(A2<5,B2<5),SMALL(A2:B2,1),LARGE(A2:B2,1))

Rumus formula ini akan mengusut nilai pada sel A2 dan sel B2 memakai fungsi if dengan logika OR IF(OR(A2<5,B2<5) dan akan mengembalikan nilai SMALL(A2:B2,1) jika bernilai TRUE, dan akan mengembalikan nilai LARGE(A2:B2,1) jika bernilai FALSE.

2. Fungsi Large Dengan Logika AND


Penggabungan dengan memakai fungsi if logika and memiliki logika yang sama dengan penggabungan dengan memakai logika or diatas.

Perbedaan dari logika and dan or ini ada pada ketentuan yang berlaku pada fungsi if yaitu :
  • Jika kedua nilai / angka pada kolom A maupun kolom B yaitu lebih besar atau sama dengan 5 maka akan dikembalikan nilai terbesar dari perbandingan tersebut.
  • Sedangkan jikalau salah satu dari kedua nilai / angka pada kolom A maupun kolom B tidak besar atau sama dengan angka 5 maka akan dikembalikan nilai terkecil dari perbandingan tersebut.
Fungsi large merupakan sebuah function pada aplikasi ms Fungsi Large di Excel
Fungsi Large 3

Contoh rumus formula pada sel C2 untuk kodisi menyerupai ini yaitu :

=IF(AND(A2>=5,B2>=5),LARGE(A2:B2,1),SMALL(A2:B2,1))

Kesimpulan


Fungsi large pada aplikasi ms.excel sanggup dipakai untuk mencari nilai-nilai pada suatu perbandingan dengan mengunakan syarat dan ketentuan yang diberikan.


Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Large Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel