-->

iklan banner

Tips Mengajar Pemrograman Web Dasar Bagi Guru Pemula

Tips Mengajar Pemrograman Web Dasar Bagi Guru Pemula, yang dimaksud guru pemula disini ialah guru yang gres pertama kali mengajar dalam kelas,  menghadapi puluhan siswa dalam waktu bersamaan. Mengajar pemrograman web berbeda dengan mengajar mata pelajaran umum yang bisa memakai metode ceramah, mengajar pemrograman web harus dengan demonstrasi dan praktik langsung. Bagi guru yang pertamakali mengajar, biasanya akan merasa grogi mengetikan kode-kode dihadapan siswa yang juga belum paham sama sekali ihwal kode pemrograman web. Untuk itu perlu perencanaan yang matang, semoga guru pemula tersebut bisa mengajar dengan damai dan tidak kebingungan dalam mengajar mata pelajaran pemrograman web tersebut.

Berikut beberapa tips yang bisa dipakai oleh guru pemula saat mengajar mata pelajaran pemrograman web dasar;

Persiapan Mengajar Pemrograman Web Dasar

Sehebat apapun anda menguasai materi pemrograman web, tanpa persiapan mengajar yang matang jangan berharap bisa menuntaskan pekerjaan mengajar dengan enjoy, bisa dipahami siswa, dan sistematis. Ingat, tujuan mengajar ialah proses mentransfer ilmu bukan unjuk kemampuan guru, maka tidak akan berhasil proses transfer ilmu tersebut tanpa persiapan.

Persiapan dilakukan jauh-jauh hari, atau minimal sehari sebelum kelas dimulai, ada juga yang menyiapkan materi asuh pada waktu malam sebelum besoknya mengajar. Persiapan tidak bisa dilakukan beberapa jam sebelum waktu mengajar tiba, kalaupun bisa persiapannya tidak akan matang.

Apa saja yang harus disiapkan untuk mengajar mata pelajaran pemrograman web dasar tersebut?

  • Menyiapkan materi ajar. Untuk mengetahui materi asuh bisa dengan cara melihatnya pada silabus pembelajaran pemrograman web dasar. Tanpa silabus sebetulnya guru tetap bisa menyiapkan materi ajar, akan tetapi sebab kita akan mengajar di sekolah maka silabus menjadi pola materi asuh semoga materi yang kita ajarkan sesuai dengan materi yang diajarkan di sekolah lain. Lihat SK KD pada silabus, dan indikator pembelajaran, lalu sederhanakan menjadi sebuah materi asuh yang diperkirakan selesai dalam beberapa jam pelajaran di sekolah. Ingat, sederhanakan materi…
  • Menyiapkan buku ajar, atau rujukan materi ajar. Setelah melihat SK KD dan indikator dalam silabus, berarti guru sudah mempunyai citra ihwal materi yang akan diajarkan. Untuk itu guru perlu mempunyai buku asuh pemrograman web dasar atau minimal rujukan materi asuh dari materi yang akan diajarkan kepada siswanya. Tanpa buku dan rujukan ajarpun guru yang menguasai materi pelajaran niscaya bisa mengajar, akan tetapi lagi-lagi ini sekolah yang notabene merupakan forum ilmiah yang segala sesuatunya harus terperinci sumber dan rujukan mengajarnya.
  • Menyiapkan taktik mengajar. Materi sudah tau, buku atau rujukan mengajar sudah ada, berikutnya yang perlu disiapkan ialah taktik mengajarnya. Ingat, buku tidak akan menjadi solusi dalam mengajar tanpa menyiapkan taktik mengajarnya. Strategi mengajar ini biasa dituangkan dalam lesson plan / RPP, maka guru harus menciptakan lesson plan / RPP terlebih dahulu. Jika pekerjaan menciptakan RPP menyiat waktu, paling tidak guru harus menciptakan notes taktik mengaja yang berisi pointer tahapan proses acara mengajarnya dari mulai tahapan pembuka, isi dan epilog semuanya harus bersiklus dengan baik.
  • Menyiapkan media mengajar. Media merupakan alat bantu guru dalam mensukseskan proses mengajarnya, tujuannya semoga siswa gampang memahami materi asuh yang diberikan gurunya. Seperti apa media mengajar yang cocok untuk mengajar mata pelajaran pemrograman web? Berbeda dengan media yang dipakai untuk mengajar mata pelajaran umum yang bisa memakai kertas karton, gambar-gambar, atau kumpulan benda simulasi. Media yang cocok untuk mengajar pemrograman web diantaranya slide presentasi untuk menampilkan kode program, video tutorial penggunaan kode yang bisa dibentuk terlebih dahulu oleh guru, asset untuk ditampilkan memakai kode, proyektor, aplikasi pendukung pembelajaran website, dan yang paling penting tentunya perangkat komputer yang dipakai siswa untuk mempraktikan penulisan kode.
  • Menyiapkan materi evaluasi. Bahan penilaian bisa berupa soal teori ataupun soal praktik. Bahan penilaian penting dibuat, disamping untuk mengukur sejauh mana proses pembelajaran bisa dipahami siswa, juga untuk finishing guru dalam acara KBM sebelum memperlihatkan follow up sebagai tindak lanjut.

Pada dasarnya persiapan mengajar pemrograman web dasar tidak jauh berbeda dengan persiapan mengajar mata pelajaran umum lainnya. Yang membedakan hanya pada materi, taktik dan media saja. Sedangkan untuk tahapan-tahapannya sama saja yaitu pra instruksional, instuksional, assessment, dan follow up.

Contoh Bahan Mengajar Pemrograman Web Dasar

Untuk mempermudah pemahaman guru pemula mengenai beberapa point penting ihwal persiapan mengajar pemrograman web dasar diatas, saya lengkapi pembahasan tersebut dengan beberapa dokumen materi mengajar pada salah satu materi mengajar pemrograman web dasar.

(1). Contoh SK KD dan indikator pembelajaran dan penyederhanaan materi ajar

(2). Contoh materi dalam buku asuh yang akan diajarkan kepada siswa

(3). Contoh RPP dan notes taktik mengajar

(4). Contoh media berupa slide powerpoint dan asset materi asuh dan video tutorial

(5). Contoh soal penilaian dan penugasan

Kesimpulan Mengenai Tips Mengajar Pemrograman Web

Pada dasarnya setiap guru mempunyai tips dan trik sendiri dalam menyiapkan materi dan taktik mengajarnya, dan setiap guru mempunyai cara tersendiri dalam meramu proses acara KBM nya. Tips-tips yang saya tampilkan disini merupakan pengingat saja, terutama bagi guru pemula yang belum mempunyai pengetahuan dasar ihwal persiapan mengajar.

Terlebih bila guru pemula tersebut bukan merupakan lulusan sarjana pendidikan, dan kebanyakan guru produktif yang mengajar mata pelajaran pemrograman web di SMK/MAK merupakan sarjana informatika yang notabne non kependidikan, jadinya tips-tips diatas mudahan sanggup membantu, bisa dipahami, dan bisa dipraktikan.

Artikel Tips Mengajar Pemrograman Web Dasar Bagi Guru Pemula ini ditulis oleh:
Mulyadi Tenjo
Guru mapel Produktif Multimedia di Sekolah Menengah kejuruan Nida El-Adabi Kab. Bogor
Kontak person lihat disini


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mengajar Pemrograman Web Dasar Bagi Guru Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel