-->

iklan banner

Cara Menghitung Persentase Di Excel

Persentase dalam matematika merupakan sebuah angka atau perbandingan yang menyatakan bagian dari seratus, sedangkan simbol yang dipakai untuk menyatakan persentase ini yaitu "%".

Rumus persentase ini sering dipakai untuk menghitung pembelian, penjualan, keuntungan, dan lain sebagainya yang dinyatakan dalam persen.

Bagaimana cara menghitung persentase di excel ? Untuk menghitung suatu persen, kita harus mengetahui persentase apa yang akan dicari contohnya persentase laba terhadap penjualan.

Berikut ini yaitu beberapa contoh simulasi untuk menghitung persentase di excel

1. Persentase Penjualan


Pada pola simulasi ini akan dicari rumus persentase penjualan yang dicapai oleh seorang sales terhadap sasaran penjualan yang diberikan leh perusahaan.

Untuk menghitung rumus persentase ibarat ini, sahabat excel sanggup menciptakan sebuah tabel penjualan ibarat pada gambar persentase 1 dibawah ini. Berikut isi dari masing-masing kolom :
  • Kolom A merupakan nama dari masing-masing Sales.
  • Kolom B merupakan total penjualan dalam 1 bulan yang dicapai oleh masing-masing sales.
  • Kolom C merupakan sasaran penjualan yang diberikan / ditetapkan 
  • Kolom D merupakan rumus formula yang dipakai untuk menghitung rumus persen pada kolom C.
Persentase dalam matematika merupakan sebuah angka atau perbandingan yang menyatakan pecah Cara Menghitung Persentase di Excel
Persentase 1

Untuk menghitung jumlah persentase penjualan terhadap sasaran penjualan yang diberikan pada kolom D, sahabat sanggup mengubah format sel pada kolom D menjadi percentage dengan klik simbol % pada tolls bar.

Preview formula pada kolom E, sahabat sanggup gunakan sebagai rumus formula excel menghitung persentase pada kolom D.

2. Persentase Dengan Syarat


Cara menghitung persentase bersyarat ini merupakan simulasi menghitung persentase penjualan untuk memilih seorang menurut syarat-syarat yang diberikan.

Sebagai pola persentase jenis ini yaitu sebuah perusahaan akan mengadakan pembinaan terhadap beberapa orang sales.

Kemudian akan ditentukan apabila seorang mencapai sasaran maka akan diberikan kontrak sebagai karyawan, sedangkan jikalau tidak mencapai sasaran maka karyawan tersebut dianggap gagal dan tidak dijadikan karyawan lagi. 

Berikut ini simulasi atau hukum yang akan dipakai untuk memutuskan lulus tidaknya seorang karyawan :
  • Target Penjualan yang diberikanan yaitu 125.000.000
  • Persentase minimal yang harus dicapai seorang sales untuk lulus yaitu 80% dari sasaran penjualan yang diberikan.
  • Jika seorang sales mencari persentase penjualan kurang dari 80% maka dianggap gagal.
Untuk Membuat simulasi prosentase penjualan ibarat ini, sahabat sanggup menciptakan sebuah tabel ibarat yang tampak pada gambar persentase 2 dibawah ini. 

Pertama-tama yang dicari yaitu persentase penjualan yang didapat seorang sales terhadap besarnya sasaran penjualan yang diberikan oleh perusahaan.

Untuk menghitung ini sahabat sanggup menciptakan rumus formula pada kolom C pada masing-masing sel sebagai berikut :
  • Sel C4 rumus menghitung persennya =B4/E1
  • Sel C5 rumus menghitung persennya =B5/E1
  • Sel C6 rumus menghitung persennya =B6/E1
Jika persentase penjualan masing-masing sales terhadap sasaran penjualan sudah didapatkan, selanjutnya sahabat sanggup memilih lulus tidaknya seorang sales dengan memakai function if di excel. 

Rumus untuk memilih kelulusan menurut persentase yang didapatkan sanggup ditempatkan pada kolom D dengan memakai rumus formula yang ditampilkan pada kolom E.

Persentase dalam matematika merupakan sebuah angka atau perbandingan yang menyatakan pecah Cara Menghitung Persentase di Excel
Persentase 2
Berikut merupakan pola rumus formula yang dipakai pasa sel C4

=(IFC4>=D1,"Lulus","Gagal")

Dari pola diatas sanggup dijabarkan kriteria untuk masing-masing sales sebagai berikut :
  1. Sales 1 dengan total penjualan 111.000.000 terhadap sasaran sebesar 125.000.000 dengan memakai persentase maka didapatkan nilai prosentase sebesar 88.80%, nilai ini sudah melebihi dari sasaran persentase minimum sehingga dengan memakai fungsi if sales 1 sanggup dinyatakan lulus pembinaan dengan rumus formula pada sel E4.
  2. Sales 2 dengan total penjualan 100.000.000 terhadap sasaran sebesar 125.000.000 dengan memakai persentase maka didapatkan nilai prosentase sebesar 80.00%, nilai ini berada pada batas minimum untuk lulus pembinaan sehingga dengan memakai fungsi if sales 2 sanggup dinyatakan lulus pembinaan dengan rumus formula pada sel E5.
  3. Sales 3 dengan total penjualan 99.990.000 terhadap sasaran sebesar 125.000.000 dengan memakai persentase maka didapatkan nilai prosentase sebesar 79.99%, nilai ini walaupun hanya selisih nol koma sekian persen dari batas minimum maka dengan memakai fungsi if sales 3 sanggup dinyatakan tidak lulus pembinaan dengan rumus formula pada sel E6.

3. Persentase Dengan Banyak Syarat


Simulasi berikutnya merupakan cara memilih lulus atau tidaknya seorang sales dalam pembinaan menurut syarat-syarat yang diberikan sebagai berikut:
  1. Syarat pertama untuk lulus yaitu jikalau penjualan produk A minimal mencapai 80% dan penjualan untuk produk B minimal 50%.
  2. Syarat kedua untuk lulus yaitu jikalau salah satu penjualan baik produk A maupun produk B mencapai diatas 100%.
  3. Jika seorang sales tidak memenuhi salah satu dari kedua syarat diatas maka sales tersebut dianggap tidak lulus.
Persentase dalam matematika merupakan sebuah angka atau perbandingan yang menyatakan pecah Cara Menghitung Persentase di Excel
Contoh Persentase di Excel 3

Berikut hasil yang didapat untuk masing-masing sales
  • =IF(OR(D5>100%,D6>100%,AND(D5>$D$1,D6>$D$2)),"Lulus","Gagal") 
    • Sales 1 dengan formula ini akan dinyatakan lulus alasannya penjulan baik untuk produk A maupun produk B melebihi sasaran minimum.
  • =IF(OR(D7>100%,D8>100%,AND(D7>$D$1,D8>$D$2)),"Lulus","Gagal") 
    • Sales 2 dengan formula ini dinyatakan lulus alasannya walaupun penjualan produk B tidak mencapai sasaran minimum akan tetapi penjualan produk A melebihi sasaran 100%.
  • =IF(OR(D9>100%,D10>100%,AND(D9>$D$1,D10>$D$2)),"Lulus","Gagal") 
    • Sales 3 dengan formula ini dinyatakan gagal alasannya penjualan untuk produk A maupun produk B tidak memenuhi sasaran minimum.
  • =IF(OR(D11>100%,D12>100%,AND(D11>$D$1,D12>$D$2)),"Lulus","Gagal") 
    • Sales 4 dengan formula ini dinyatakan lulus alasannya walaupun penjualan produk A tidak mencapai sasaran minimum akan tetapi penjualan produk B melebihi sasaran 100%.
  • =IF(OR(D13>100%,D14>100%,AND(D13>$D$1,D14>$D$2)),"Lulus","Gagal") 
    • Sales 5 dengan formula ini dinyatakan gagal alasannya walaupun penjualan untuk produk A mencapai sasaran minimum akan tetapi penjualan untuk produk B tidak memenuhi sasaran minimum.


KESIMPULAN


Persentase merupakan suatu rasio perbandingan untuk menyatakan bagian dari seratus, jadi persentase ini akan sanggup dipakai jikalau ada nilai yang akan dijadikan perbandingan.

Untuk menciptakan sebuah rumus menghitung persentase, hal utama yang harus dipahami yaitu prosentase terhadap apa yang dicari harus diketahui. 

Rumus menghitung persen ini sanggup digabungkan dengan fungsi-fungsi lainnya di excel untuk mencari jenis simulasi persentase yang diinginkan.


Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghitung Persentase Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel