-->

iklan banner

Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula

cara mengajar microsoft word kepada pemula Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula

Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula – Bagaimana cara mengajar microsoft word bagi pemula? Pertanyaan yang lumrah dari instruktur, atau guru yang akan menawarkan pengetahuan penggunaan aplikasi pengolah kata Microsoft Word kepada pemula. Pemula disini sanggup anak-anak, remaja, atau orang remaja yang belum pernah sama sekali berguru mengoperasikan aplikasi pengolah kata.

Kalau belum pernah berguru mengoperasikan aplikasi pengolah kata, biasanya juga belum pernah juga berguru mengoperasikan komputer. Makara benar-benar pemula, gres berguru memakai komputer. Karena aplikasi pengolah kata merupakan aplikasi dasar, jadi sebelum berguru mengoperasikan aplikasi lainnya yang canggih-canggih aplikasi pengolah kata inilah yang terlebih dahulu harus dikuasai.

Ada tiga kategori pemula, yang pertama pemula anak-anak, yang kedua pemula remaja, yang ketiga pemula orang dewasa. Untuk yang terakhir ini biasanya motivasi berguru aplikasi pengolah kata karena tuntutan pekerjaan. Nah alasannya ialah ada tiga kategori jenis pemula, maka cara mengajarnya berbeda, biar lebih gampang kita bagi dua saja, yaitu pemula belum dewasa dan remaja, dan satu lagi pemula orang dewasa.

Cara Mengajar Microsoft Word Kepada Pemula Anak-anak dan Remaja

Mengajarkan aplikasi komputer kepada belum dewasa bekerjsama tidak jauh beda ketika kita mengajarkan aplikasi komputer kepada remaja atau orang dewasa. Yang membedakan ialah cara menyampaikan, dan materi yang akan disampaikan.

Cara mengajar aplikasi komputer kepada anak-anak

Cara memberikan materi kepada belum dewasa harus dengan bahasa anak-anak, tidak terlalu serius dan terlihat tegang. Cipatakan suasana santai, rilex, dan mendekati dunia anak-anak.

Materi yang akan disampaikan, tentu materinya juga yang harus sesuai dengan dunia anak-anak, bukan materi serius yang sering dikerjakan orang-orang dewasa. Contohnya pada dikala berguru mengetik, maka pola surat yang akan diketik bukanlah pola surat-surat resmi, tetapi berikan pola surat yang biasa mereka lihat, contohnya pola surat izin tidak masuk sekolah.

Sebelum mengajar aplikasi pengolah kata Microsoft Word kepada anak-anak, sebagiknya guru juga mengenalkan perangkat hardware komputer yang sering mereka lihat terlebih dahulu kepada anak-anak, semoga belum dewasa tahu fungsi dan kemunkinan ancaman dari tiap perangkat tersebut.

Cara mengajar aplikasi komputer Microsoft Word kepada remaja

Untuk kategori remaja, cara penyampaian dan penyajian materinya sedikit serius daripada ketika mengajar untuk usia anak-anak. Bahasa pengantar guru, atau instrukutr sebaiknya bahasa yang gampang dipahami, bukan bahasa yang terlalu formal yang kadang kala para remaja tidak paham dengan arti bahasa tersebut. Gunakan bahasa sehari-hari saja.

Untuk penyajian materi, buat saja materi yang lebih tinggi dari materi yang diberikan kepada anak-anak. Misalnya, kalau untuk belum dewasa pada dikala berguru mengetik surat, pola surat yang belum dewasa ketik ialah pola surat izin tidak masuk sekolah, kalau untuk yang remaja pola suratnya ialah pola surat resmi dan umum, contohnya pola surat lamaran pekerjaan.

Materi Mengajar Microsoft Word Untuk Pemula Anak-anak dan Remaja

Beberapa materi aplikasi pengolah kata Microsoft Word yang sanggup diajarkan kepada pemula belum dewasa sebagai berikut:

  1. Materi cara masuk ke agenda aplikasi Microsoft Word
  2. Materi cara menyimpan file Microsoft Word
  3. Materi cara membuka file Microsoft Word
  4. Materi pengaturan karakter / Font
  5. Materi menciptakan tabel
  6. Materi menyisipkan gambar, foto, clipt art dan grafik
  7. Materi pengaturan ukuran kertas, ukuran margin, dan page layout lainnya
  8. Materi mencetak dokumen

Gambaran jelasnya mengenai materi mengajar aplikasi Microsoft Word untuk belum dewasa sanggup dilihat pada panduan berguru Microsoft Word untuk anak-anak

Dan untuk para guru / pelatih yang membutuhkan Modul Panduan Belajar Microsoft Word untuk belum dewasa dan remaja sanggup mendapatkannya disini; Modul Microsoft Word untuk belum dewasa dan remaja

Cara Mengajar Microsoft Word Kepada Pemula Dewasa

Mengajarkan sesuatu kepada orang remaja tantangannya berbeda dibanding dengan mengajarkan sesuatu kepada belum dewasa atau remaja. Apalagi jikalau orang remaja tersebut usianya sudah memasuki usia paruh baya.

Mengajar orang remaja lebih sulit, terutama bagi mereka yang sebelumnya belum pernah berguru mengoperasikan komputer. Sekalipun demikian, orang remaja punya kelebihan yaitu kemauan kerasnya untuk bisa.

Beberapa hal ketika mengajar aplikasi Microsoft Word kepada pemula dewasa:

  • Mengajarnya harus pelan-pelan, harus diulang-ulang hingga mereka bisa
  • Cara memberikan materi harus dengan bahasa yang sopan, jangan hingga alasannya ialah kesal pelatih mengeluarkan tutur yang kurang santun, alasannya ialah orang remaja gampang perasa
  • Harus sering-sering mengeluarkan kalimat ini “maaf, pa/bu sudah paham kan?”
  • Berikan materi yang gampang diingat dan gampang mereka praktikan kembali
  • Berikan pola latihan yang sesuai dengan dunia kerjanya,
  • Selalu beri semangat dengan menyampaikan “bapak/ibu andal cepat bisa”
  • Dan-dan hal lainnya yang menciptakan pemula remaja tersebut merasa nyaman untuk terus berguru bersama anda

Materi Belajar Microsoft Word untuk Pemula Dewasa

Untuk materi berguru intinya sama saja menyerupai halnya materi berguru mengoperasikan aplikasi Microsoft Word untuk belum dewasa dan remaja, yang perlu diadaptasi hanyalah pada contoh-contoh latihannya saja yang mesti diadaptasi dengan dunia kerjanya.

Dapatkan Panduan Cara Mengetik 10 Jari untuk belum dewasa dan Pemula

Berikut beberapa materi berguru Microsoft Word untuk pemula dewasa:

  1. Materi cara masuk ke agenda Microsoft Word
  2. Materi menyimpan file Microsoft Word
  3. Materi membuka file Microsoft Word
  4. Materi pengaturan ukuran kertas, orientation, dan margin (page layout)
  5. Materi pengaturan paragrafh
  6. Materi pengaturan jenis, ukuran, dan warna karakter serta karakter Istimewa lainnya
  7. Materi menyisipkan gambar kedalam teks
  8. Materi menyisipkan gambar clipt art sebagai ilustrasi teks
  9. Materi menyisipkan bentuk vektor / shapes
  10. Materi menciptakan word art
  11. Materi menciptakan header dan footer
  12. Materi menciptakan numbering
  13. Materi menciptakan footnote
  14. Materi menciptakan grafik
  15. Materi menciptakan tabel
  16. Materi menciptakan kop surat
  17. Materi menciptakan page border
  18. Materi menciptakan mail merge
  19. Materi pengaturan sebelum mencetak dokumen
  20. Materi mencetak dokumen
  21. Dan materi lainnya yang diharapkan sesuai dunia kerjanya

Penutup
Demikian panduan singkat mengenai Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula baik pemula belum dewasa dan remaja maupun pemula dewasa, mudah-mudahan bermanfaat.

Untuk materi mengajar, guru/instruktur niscaya memerlukan media yang sanggup memudahkan proses acara mengajar, dan sanggup dipelajari secara berdikari oleh siswa / penerima kursus. Modul merupakan salah satu media yang paling gampang digunakan. Nah bagi yang membutuhkan modul-modul panduan berguru aplikasi komputer silahkan memakai modul-modul yang kami buat.

Artikel ditulis oleh:
Mulyadi Tenjo
Guru produktif mapel Multimedia di SMK, di Kab. Bogor


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengajar Aplikasi Microsoft Word Kepada Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel