-->

iklan banner

Cara Mengganti #N/A Pada Vlookup Di Excel

Pada dikala mencari data memakai fungsi vlookup di aplikasi ms.excel, terkadang nilai yang akan dikembalikan yaitu #N/A.

Nilai #N/A ini akan dikembalikan jikalau nilai yang dicari tidak ditemukan atau terjadi kesalahan pada dikala melaksanakan fungsi vlookup.

Jika hal ini terjadi, biasanya akan dilakukan penggantian nilai #N/A dengan nilai atau strings teks yang diinginkan dengan mengganti satu persatu atau memakai find dan replace.

Contoh Kesalahan #N/A Pada Excel


Gambar kesalahan n/a 1 dibawah ini merupakan sebuah referensi kesalahan yang mengembalikan #N/A pada dikala melaksanakan vlookup. 

Kesalahan tersebut sanggup dilihat pada sel B12 dan sel B13 yang diwarnai kuning pada tabel yang dibawah.

Contoh tersebut merupakan mencari nama barang pada array B11:B16 menurut aba-aba barang pada array A11:A16) pada tabel referensi yaitu tabel sebelah atas array A1:B8).

Dari hasil memakai fungsi vlookup tersebut, memang aba-aba barang yang dicari yaitu item 2 dan item 3 tidak terdapat pada tabel referensi sehingga akan mengembalikan nilai #N/A.

 Pada dikala mencari data memakai fungsi vlookup di aplikasi ms Cara Mengganti #N/A Pada Vlookup di Excel
Kesalahan #N/A 1

Agar nilai yang dikembalikan tidak #N/A melainkan sebuah nilai atau strings teks menurut impian kita, maka ada beberapa cara untuk melaksanakan hal ini.

Berikut ini yaitu beberapa cara yang sanggup dipakai untuk mengganti error #n/a pada dikala melaksanakan fungsi vlookup di excel.

1. Dengan Fungsi IFERROR


Dengan menggabungkan fungsi vlookup dengan fungsi iferror merupakan salah satu cara untuk mengganti kesalahan yang mengembalikan nilai #n/a dengan nilai yang ditentukan.

Fungsi iferror sendiri akan mengganti kesalahan yang terjadi pada rumus excel yang terdiri dari  #N/A, #VALUE!, #REF!, #DIV/0!, #NUM!, #NAME?, atau #NULL!.

Contoh penggabungan fungsi ini, teman excel sanggup perhatikan pada gambar kesalahan #n/a 2 dibawah ini. 

 Pada dikala mencari data memakai fungsi vlookup di aplikasi ms Cara Mengganti #N/A Pada Vlookup di Excel
Kesalahan #N/A 2

Berikut ini referensi rumus formula penggabungan fungsi iferror dengan fungsi vlookup di excel untuk mengganti error #n/a yang terjadi (contoh rumus pada sel B11) :

=IFERROR(VLOOKUP(A11,A2:B8,2,0),"Pengganti")

Penjabaran daru rumus formula tersebut yaitu jikalau terjadi kesalahan maka kembalikan nilai pengganti, jikalau tidak maka kembalikan nilai dengan fungsi vlookup =A11,A2:B8,2,0.

Baca juga : Fungsi iferror di excel. 

Sobat sanggup mengganti stings teks pengganti dalam tanda "" (petik dua) untuk mengembalikan strings teks, sedangkan jikalau ingin mengembalikan nilai dengan angka maka teman sanggup hilangkan tanda petik dua tersebut.

2. Dengan Fungsi IF dan ISNA


Dengan memakai data yang sama pada referensi diatas, penggabungan fungsi if, isna dan vlookup untuk mengganti kesalahan #n/a memakai rumus formula :

=IF(ISNA(VLOOKUP(A11,A2:B8,2,0)),"Pengganti",VLOOKUP(A11,A2:B8,2,0))

Penggunaan fungsi ini lebih rumit dari cara yang pertama diatas, tetapi sanggup dipakai sebagai alternatif jikalau teman suka melaksanakan percobaan.

3. Dengan Fungsi IFNA


Cara ini sanggup dipakai bagi teman yang memakai aplikasi ms.excel 2013, fungsi ifna ini belum tersedia pada ms.excel 2007.

Dengan referensi data yang sama, teman excel sanggup memakai campuran fungsi ifna dan fungsi vlookup ini pada ms.excel 2013 dengan rumus formula :

=IFNA(VLOOKUP(A11,A2:B8,2,0),"Pengganti")

Kesimpulan


Penggunaan fungsi-fungsi diatas ini akan sanggup membantu pekerjaan dalam melaksanakan lookup data jikalau nilai yang dikembalikan berupa error ibarat #N/A, #VALUE!, #REF!, #DIV/0!, #NUM!, #NAME?, atau #NULL! dengan mengganti nilainya.

Misalkan jikalau nilai pada suatu data yang dicari tidak ditemukan, maka diganti dengan 0.

Sumber http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengganti #N/A Pada Vlookup Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel