Cara Menciptakan Pivot Table Sederhana
Pivot Table merupakan sebuah tools pada aplikasi ms.excel yang dipakai untuk meringkas, menganalisis, serta mengeksplorasi data untuk disajikan menjadi sebuah laporan dalam bentuk tabel-tabel.
Fungsi pivot table ini ialah bertujuan semoga sebuah data sanggup disajikan secara ringkas menurut parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.
Dengan memakai pivot table diperlukan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
Contoh data diatas terdiri dari lokasi, nama customer, instruksi barang, jumlah, harga jual, dan total penjualan pada kolom A hingga kolom G.
Dari data-data tersebut akan disajikan jumlah dan total penjualan menurut instruksi barang (kolom C) dengan memakai tools pivot table.
Langkah-langkah dalam menciptakan pivot table :
Fungsi pivot table ini ialah bertujuan semoga sebuah data sanggup disajikan secara ringkas menurut parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.
Dengan memakai pivot table diperlukan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Pivot Table
Beberapa hal-hal berikut ini sanggup kuat pada ketika menciptakan data dengan pivot table :
- Setiap data yang akan dilakukan pivot table harus berisi header, hal ini akan menyebabkan kalau terdapat salah satu header dalam rentang sel /array yang dipilih tidak berisi judul, maka pembuatan pivot table tidak sanggup dilakukan.
- Pivot table akan mengambil baris paling atas sebagai field yang akan dipakai untuk report.
- Kolom yang tersembunyi / hide akan tetap muncul pada field di pivot table field list.
- Baris yang tersembunyi akan tetap dihitung nilainya kalau terdapat di dalam array yang dipilih sebagai sumber data.
- Pemilihan jenis data (value field settings) akan kuat pada hasil nilai yang akan ditampilkan.
Cara Membuat Pivot Table
Untuk sanggup menciptakan sebuah pivot table, teman harus memiliki data untuk dilakukan simulasi. Contoh data yang sanggup dipakai untuk simulasi cara menciptakan pivot table, sanggup dilihat pada gambar pivot table 1 dibawah ini.
Pivot Table 1 |
Contoh data diatas terdiri dari lokasi, nama customer, instruksi barang, jumlah, harga jual, dan total penjualan pada kolom A hingga kolom G.
Dari data-data tersebut akan disajikan jumlah dan total penjualan menurut instruksi barang (kolom C) dengan memakai tools pivot table.
Langkah-langkah dalam menciptakan pivot table :
- Dari sajian insert teman pilih PivotTable pada kelompok table (disitu terdapat dua pilihan yaitu pivot table dan pivot chart), teman pilih saja pada pivot table kemudian akan muncul form create pivot table.
- Pada select a table or range teman silahkan blok data yang akan dilakukan pivot table (pada pola simulasi ini ialah array A2:G14 yang dipilih).
- Kemudian pilih lokasi hasil pivot table akan ditempatkan pada choose where you want the PivotTable report to be place. Disini terdapat 2 pilihan yaitu :
- New worksheet apabila teman ingin menempatkan hasil pivot table pada worksheet gres yang masih kosong .
- Existing worksheet apabila teman ingin hasil Pivot Table pada sheet yang sama dengan data yang akan di Pivot Table dengan menentukan sel yang akan ditempatkan.
Jika pemilihan data dan penempatan data sudah dilakukan, teman sanggup tekan tombol ok untuk menciptakan dan menentukan penyajian data pada pivotTable field list.
Hasil Pivot Table
Pada form PivotTable field list ini, teman sanggup menentukan field-field atau item-item yang akan dipilih untuk disajikan dalam bentuk table.
Contoh pemilihan datanya teman sanggup lihat pada tampilan gambar pivot table 2 dibawah ini.
Pivot Table 2 |
Cara untuk menentukan field /data yang akan dipakai ialah dengan mencentang field-field yang terdapat pada choose fields to add to report.
Field menurut data yang akan dicari ditempatkan pada report filter / row labels / column labels sedangkan field yang akan dicari nilainya ditempatkan pada values.
Field-field pada data yang akan dicari teman excel sanggup pindahkan sesuai dengan cita-cita data pivot table disajikan
- Report filter kalau penyajian data terdapat filter.
- Row labels kalau penyajian data dalam bentuk baris (seperti pada pola diatas).
- Column labels kalau penyajian data dalam bentuk kolom.
Selain menentukan salah satu cara penyajian diatas, apabila ketentuan penyajian data lebih dari satu kriteria, teman sanggup memadukan penggunaannya.
Sedangkan pada values (field yang akan dicari nilainya) terdapat beberapa pilihan nilai yang akan disajikan. Secara default biasanya pencarian nilai ini ialah sum (berdasarkan jumlah nilai).
Apabila teman ingin mencari nilai menurut bentuk lainnya (jumlah sel, nilai rata-rata dan sebagainya) silahkan diganti dengan cara klik pada (sum of jumlah) kemudian pilih value field settings kemudian pilih pada pilihan yang diinginkan.
Kesimpulan
Dengan memakai tools pivot table pada excel, teman sanggup meringkas penyajian suatu data untuk mempermudah dalam melihat serta melaksanakan analisa terhadap suatu data.
Untuk mencar ilmu pivot table lebih lanjut silahkan teman membaca belajar pivot table di excel. |
0 Response to "Cara Menciptakan Pivot Table Sederhana"
Posting Komentar