-->

iklan banner

Selisih (Difference) Dan Pelengkap Suatu Himpunan

Selisih (Difference) dan Komplemen Suatu Himpunan - Artikel ini berisi bahan ihwal pengertian Selisih atau Difference dari suatu himpunan, apa yang dimaksud dengan Komplemen suatu himpunan, Contoh dari selisih (difference) dari suatu himpunan dan pemanis suatu himpunan. Pada postingan kemarin, kita telah mempelajari bahan ihwal adonan dua himpunan. Pada postingan hari ini, kita akan membahas bahan tentang Selisih (Difference) dan Komplemen Suatu Himpunan. Simak dengan baik ya.

Artikel ini berisi bahan ihwal pengertian Selisih atau Difference dari suatu himpunan Selisih (Difference) dan Komplemen Suatu Himpunan
Google Image - Selisih (Difference) dan Komplemen Suatu Himpunan
Selisih atau Difference suatu himpunan biasanya dinotasikan dengan simbol A - B atau A/B artinya Selisih antara Himpunan A dan B. Secara Umum, selisih dari suatu himpunan ialah Semua anggota himpunan dari A tetapi bukan anggota himpunan dari B. Untuk lebih memahami bahan ini, Kalian harus baca dengan teliti ya mitra - kawan. Simak materinya berikut ini.

Materi Selisih (Difference) dan Komplemen Suatu Himpunan


Selisih (Difference) Suatu Himpunan


Selisih atau Difference dari suatu himpunan A dan B adalah semua anggota merupakan anggota yang berasal dari hipunan A tetapi bukan anggota dari himpunan B. Dalam ilmu matematika selisih atau difference dilambangkan Dengan A - B atau A/B dibaca Selisih antara himpunan A dan B. Selain itu, selisih dari suatu himpunan dinotasikan sebagai berikut:

A - B = {x I x є A, x  B}
B - A = {x I x є B, x  A}

Dari klarifikasi diatas, Dapat kita simpulkan bahwa himpunan A - B menghasilkan Anggota yang berasal dari himpunan A bukan dari himpunan B begitu juga sebaliknya. Untuk A - B tidak sama Dengan B - A. Untuk menunjukan Simak teladan berikut ini:

A = {q, w, e, r, t}
B = {q, w, y, i, p}

Untuk

A - B = {q, w, e, r, t} - {q, w, y, i, p} = {e, r, t}
B - A = {q, w, y, i, p} - {q, w, e, r, t} = {y, i, p}


Jadi sudah paham bukan kalau A - B tidak sama dengan B - A. Untuk lebih memahami bahan diatas, Ilmu Sains Online telah menyiapkan beberapa teladan Soal untuk kalian pelajari. Simak Contoh Soalnya berikut ini:

Contoh Soal 1


Diketahui S = {Bilangan Asli kurang dari 11} ialah himpunan semesta. Jika P = {1, 2, 5, 7} dan Q = {1, 2, 3, 7, 8}, tentukan:

a. anggota S – P;
b. anggota P – Q;
c. anggota Q – P.

Penyelesaian:

a. S – P = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10} – {1, 2, 5, 7} = {3, 4, 6, 8, 9, 10}
b. P – Q = {1, 2, 5, 7} – {1, 2, 3, 7, 8} = {5}
c. Q – P = {1, 2, 3, 7, 8} – {1, 2, 5, 7} = {3, 8}.

Complemen Suatu Himpunan


Complemen merupakan himpunan yang angota - anggotanya merupakan anggota himpunan Semesta {S} dan bukan anggota dari himpunan A. untuk memahami perhatikan notasi berikut ini:

Ac {x I x є S, dan x  A}

Notasi diatas dibaca Komplemen A ialah x dimana x merupakan anggota dari himpunan Semesta dan x bukan anggota dari himpunan A. Misal: 
Himpunan S = {1, 2, 4, 6, 8} ialah himpunan semesta dan A = {2, 4, 9, 10} maka Ac = {1, 6, 8}.

Untuk lebih memahami bahan ihwal komplemen, simaklah teladan soal berikut ini:

Contoh Soal 2


Diketahui S = {Bilangan Asli kurang dari 11} ialah himpunan semesta. Jika P = {1, 2, 5, 7} dan Q = {1, 2, 3, 7, 8}, tentukan:

a. Anggota Ac 
b. Anggota Bc 
c. Anggota (A  B)c 

Penyelesaian

S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
A = {1, 2, 5, 7}
B = {1, 2, 3, 7, 8}

a. Ac = {3, 4, 6, 8, 9, 10}
b. Bc = {4, 5, 6, 9, 10}
c. (A  B)c Untuk mengetahui nilai dari (A  B)c ,kita cari terlebih dahulu irisan dari kedua himpunan A dan B didapatkan:

(A  B) = {1, 2, 7} maka,
(A  B)c = {3, 4, 5, 6, 8, 9, 10}.

Selisih (Difference) dan Komplemen Suatu Himpunan - Nah, inilah yang sanggup ilmu sains online berikan pada hari ini. Besok kita akan memposting bahan yang lebih menarik lagi tentunya. Harapannya kalian sanggup jadi lebih paham ihwal pemanis himpunan dan selisih dari himpunan. Jangan lupa untuk share ke mitra - mitra yang lain ya. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Selisih (Difference) Dan Pelengkap Suatu Himpunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel