-->

iklan banner

Karya Sastra Lama

Dunia sastra Indonesia mengalami perkembangan dari zaman dahulu sampai dikala ini masih terus berkembang. Maka dari itu terdapat beberapa perbedaan dalam karya sastra zaman dahulu dengan sekarang. Untuk mengetahui perbedaannya maka kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis karya sastra tersebut. Pada artikel ini, kita akan mencar ilmu bersama wacana jenis karya sastra pada zaman dahulu atau biasa disebut karya sastra lama.


A. Sastra Melayu Klasik


Bentuk karya sastra yang ditulis dan berkembang sebelum tahun 1900 sering digolongkan sebagai karya Sastra Melayu Lama atau Sastra Melayu Klasik. Bentuk karya ini ada yang berupa puisi ada juga yang berupa prosa.


B. Puisi Lama (Pantun, Syair, Gurindam)




  1. Pantun


    Pantun yaitu bentuk puisi dengan ketentuan satu bait terdiri dari 4 baris, bersajak selesai ab ab, terbagi menjadi sampiran (baris 1 dan 2) dan isi (baris 3 dan 4). Pantun mempunyai beberapa macam antara lain: pantun biasa, pantun kilat (karmina), talibun (pantun yang terdiri lebih dari 4 baris). Sedangkan menurut isinya, pantun sanggup digolongkan menjadi pantuna anak-anak, remaja, masihat, dan dagang.



  2. Syair


    Syair yaitu bentuk puisi dengan ketentuan satu bait terdiri dari 4 baris, bersajak selesai a aa isi merata.



  3. Gurindam


    Gurindam merupakan salah satu jenis puisi melayu klasik yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :



    • Terjadi dari sebuah kalimat beragam bertingkat yang terbagu dua baris.

    • Bersajak selesai sama (aa).

    • Berisi nasihat.


    Gurindam yanng populer yaitu Gurindam dua belas (yang terdiri dari 12 pasal) karya Raja Ali Haji.



C. Prosa Lama (Hikayat, Dongeng, Kisah)


Hampir seluruh prosa usang berbentuk hikayat atau dongeng. Hikayat yaitu karya bentuk prosa yang menceritakan kehidupan dewa-dewa dan raja-raja yang penuh dengan lukisan insiden yang gaib-gaib yang adakala tak masuk di akal. Contoh hikayat yaitu Hikayat Hang Tuah, Hikayat Bayan Budiman, Hikayat Panji Semirang.


D. Cerita Rakyat


Cerita rakyat yaitu kisah dari zaman dahulu yang hidup di kalangan rakyat yang diwariskan secara verbal yang tak terperinci siapa pembuat kisah yang pertama kali (anonim). Cerita rakyat sanggup berupa legenda dan mite (dianggap benar-benar terjadi), dan dongeng (dianggap tidak benar-benar terjadi).


Nah sekian dulu pembahasan wacana Karya Sastra Lama. Semoga sanggup membantu teman bangkusekolah.com. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Karya Sastra Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel