-->

iklan banner

Sudah Tahu Apa Perbedaan Dark Web Dan Deep Web?


SpAcer, apakah kau tahu ihwal perbedaan dark web dan deep web? Kedua ‘dunia gelap’ yang jarang tersentuh oleh internet ini nyatanya masih jarang dipahami pengguna online.


Kalau diibaratkan masifnya dunia internet dikala ini mirip fenomena gunung es. Penampakan gunung es di atas permukaan air merujuk pada kepingan kecil dari internet yang sanggup kau googling di mesin pencari atau dikenal dengan istilah surface web. Sementara gunung es yang berada di bawah permukaan air dan tidak tampak justru jauh lebih besar. Nah, dark web dan deep web adalah kepingan tersembunyi yang luas dan dalam dari fenomena gunung es tersebut.


Yap, internet yang spAcer kanal setiap waktu hanya sebatas permukaannya saja. Bayangkan saja, totalnya hanya 4% dari seluruh konten web yang ada di internet. Jika dibedah lebih dalam, kau sanggup menemukan deep web dan dark web. Meskipun keduanya sering disalahartikan, terdapat perbedaan dark web dan deep web yang cukup jelas, lho. Yuk, kupas di sini!


Deep Web


Deep web menggambarkan sebuah kepingan dari internet yang tidak sanggup diindeks oleh mesin pencari apapun, termasuk Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya. Ini berarti deep web tidak sanggup dicari atau dilihat oleh pengguna internet secara umum.


 yang jarang tersentuh oleh internet ini nyatanya masih jarang dipahami pengguna  Sudah Tahu Apa Perbedaan Dark Web dan Deep Web?


Meskipun begitu, deep web tetap sanggup diakses memakai browser web standar mirip Chrome, Safari, sampai Edge setiap waktu. SpAcer hanya membutuhkan izin untuk masuk ke dalamnya, mirip alamat Url, user name, dan kata sandi khusus.


Mengakses konten di deep web relatif aman, kok. Contoh deep web yang paling gampang dan sering digunakan spAcer ialah penyimpanan file penting di Cloud online. Mulai dari Google Drive, Dropbox, dan lainnya tidak sanggup ditemukan di Google atau diakses sembarangan orang tanpa alamat tertentu dan segala jenis proses otentikasi lainnya. Begitu pula ketika kau login ke akun email atau sosial media, maka isu eksklusif sebagai pengguna resmi ialah deep web.


Baca Juga: Cara Menggunakan VPN untuk Keamanan Data di Internet


Diperkirakan, lebih dari 96% isu dari internet di seluruh dunia ada di deep web. Dari jumlah tersebut, deep web juga banyak digunakan untuk menyimpan sebagian besar isu internal milik pemerintah atau lembaga-lembaga tertentu. Rata-rata isu tersebut memang bukan untuk konsumsi publik, mirip mobile banking nasabah bank, rekam medis pasien, sampai data militer. Maka tak heran kalau banyak penjahat siber yang berusaha menembus deep web.


Dark Web


Memasuki dunia internet di lapisan paling dalam lagi, ada dark web. Secara teknis, dark web ialah kepingan dari deep web. Jumlahnya diperkirakan hanya sekitar 0,01% dari deep web.


 yang jarang tersentuh oleh internet ini nyatanya masih jarang dipahami pengguna  Sudah Tahu Apa Perbedaan Dark Web dan Deep Web?


Dark web mengacu pada istilah kumpulan situs web dan jaringan yang sangat terenkripsi dan sengaja disembunyikan dari kebanyakan pengguna internet. Itulah sebabnya dark web dikaitkan dengan sejumlah acara dan layanan ilegal termasuk p0rn*grafi, perjodian, pembelian dan penjualan obat-obatan terlarang dan senjata api, t3r0risme, h4ck3r, dan lainnya. Bahkan, pemilik situs dan pengakses dark web harus memakai identitas anonim.


Untuk mengaksesnya, kau tidak sanggup memakai browser web konvensional. Sebaiknya, dark web memerlukan perangkat lunak enkripsi tertentu mirip software The Onion Router (Tor) Browser. Tor harus digunakan untuk melindungi identitas dan lokasi kamu, serta tidak terdeteksi dari mesin pencari selama berselancar.


Lantas, apakah dengan begitu mengakses dark web termasuk kegiatan ilegal?Jawabannya ialah sah-sah saja mengakses dark web dan hal tersebut tidak melanggar hukum. Namun, tidak disarankan lantaran dikala menjelajahi dark web, kau mungkin saja klik link atau mengunduh file yang sanggup menciptakan komputer kau rentan terinfeksi virus. Selain itu, dark web juga menjadi sarang para h4ck3r yang sanggup mencuri data-data pentingmu.


Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Main Game Bajakan


Nah, sehabis mengetahui klarifikasi di atas, maka sanggup ditarik kesimpulan perbedaan dark web dan deep web sebagai berikut:




































Kategori



Deep Web



Dark Web



Pengertian



Deep web merujuk pada situs web yang tidak sanggup diakses oleh mesin pencari guna melindungi privasi penggunanya



Situs web di dark web dirancang dengan enkripsi dan sengaja disembunyikan lantaran menjadi sentra kegiatan ilegal



Browser



Pengguna tidak memerlukan browser khusus atau VPN untuk mengakses deep web



Pengguna membutuhkan Tor Browser dan VPN ketika ingin mengakses dark web



Keamanan



Jutaan halaman internet sanggup diakses setiap hari dengan aman



Dark web cukup berbahaya, sehingga butuh ‘pelindung’ sebelum masuk ke dalamnya



Jumlah



Bagian terbesar dari internet, melebihi surface web



Hanya kepingan kecil dari deep web



Konten



Legal



Ilegal



Sekarang sudah tahu kan perbedaan dark web dan deep web? Semoga isu tersebut bermanfaat ya.



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sudah Tahu Apa Perbedaan Dark Web Dan Deep Web?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel