-->

iklan banner

Kisah Inspiratif: Sushma Verma, Raih Gelar Master Di Usia 13 Tahun

Di India, pendidikan dan kesejahteraan bagi bawah umur perempuan masihlah terbatas. Apalagi belakangan ini marak informasi ihwal pelecehan seksual dan pelecehan hak-hak wanita.
Namun ada secercah semangat dan harapan dari seorang anak yang tinggal di India Utara. Sushma Verma, mungkin ialah gadis belia termuda yang memperoleh gelar master di dunia. Di usianya yang masih 13 tahun, gadis muda ini sudah mengecap pendidikan sebagai mahasiswa S2.
Verma menuntaskan pendidikan formal sampai sekolah menengah pada usia 7 tahun. Mungkin prestasi ini terdengar mengesankan dan cukup bikin merinding. Apakah orangtuanya begitu keras menekan ia semoga dapat mencapai prestasi itu? Apakah ia tak kehilangan masa kecilnya?

Dari Keluarga Sangat Sederhana
Verma bukan anak dari orang renta yang keras. Orang tuanya juga tak mengenyam pendidikan tinggi dan miskin. Bahkan mereka menunjukkan kebebasan pada Verma untuk melaksanakan apa yang diinginkannya.
"Mereka mengijinkan saya melaksanakan apa yang ingin saya lakukan. Saya berharap orang renta lainnya juga tak memaksakan pilihan mereka pada anak-anak," ujar verma dengan tutur bahasa yang sangat cendekia balig cukup akal dibanding umurnya.
Sushma menjalani kehidupan yang sederhana bersama orang renta dan 3 adiknya. Sehari-harinya, mereka makan, tidur dan mencar ilmu bersama di sebuah apartemen satu kamar yang sangat sempit di Lucknow.

Keterbatasan Keadaan Bukan Halangan
Verma mengakui bahwa atmosfir daerah tinggal dan kehidupannya sangat tidak mendukung untuk belajar, bahkan meraih mimpi. "Ada banyak mimpi, dan kesemuanya tidak dapat dipenuhi," ujar Verma.

Sang ayah hanyalah pekerja konstruksi yang mendapat penghasilan kurang dari Rp 30 ribu per hari. Barang glamor yang mereka miliki hanya sebuah meja mencar ilmu dan komputer bekas. Namun dengan kondisi yang tak ada TV dan aneka macam pernik zona nyaman lainnya, menunjukkan manfaat bagi Verma.
"Tak ada yang dilakukan selain belajar," kata Verma.
Gadis ini mulai kuliah di B. R. Ambedkar Central University. Untuk menempuh perjalanan ke sana, sang ayah dengan setia mengantar jemput memakai sepeda kayuh. Kecemerlangan pendidikan Verma tampaknya merupakan benih dari abang lelakinya.
Sang abang lulus Sekolah Menengan Atas pada usia 9 tahun dan pada tahun 2007 lalu, ia menjadi lulusan ilmu komputer termuda di usia 14 tahun. Yang menciptakan ia dan sang abang berhasil sampai sekarang ialah banjir proteksi dari sang orang renta yang melaksanakan apapun demi pendidikan sang anak.
Dari cerita Verma, rasanya kita ingin kembali lagi ke dingklik sekolah, kemudian mencar ilmu dengan lebih giat. Namun, tidak ada kata terlambat untuk meraih impian. Ketekunan dan keyakinan, dapat menembus keterbatasan untuk meraih impian. 

Sumber http://putradnyanagede.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisah Inspiratif: Sushma Verma, Raih Gelar Master Di Usia 13 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel