-->

iklan banner

Definisi Pendidikan Ips


Definisi pendidikan
A.    Definisi Awam : “Suatu cara untuk menyebarkan ketrampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang diharapkan sanggup menciptakan seseorang menjadi warga negara yang baik”.“Tujuannya untuk menyebarkan atau mengubah kognisi, afeksi dan konasi seseorang”.
B.     Menurut Undang-Undang
1.      UU SISDIKNAS No. 2 tahun 1989 : "Pendidikan yakni perjuangan sadar untuk menyiapkan penerima didik melalui acara bimbingan, pengajaran, dan/latihan bagi peranannya di masa yang akan datang";
2.      UU SISDIKNAS no. 20 tahun 2003: Pendidikan yakni perjuangan sadar dan terjadwal untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran supaya penerima didik secara aktif menyebarkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, budbahasa mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat.
C.     Menurut para jago pendidikan             
1.      Ki Hajar Dewantara mengartikan pendidikan sebagai daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, supaya sanggup memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
2.      Darmaningtyas mengatakan perihal difinisi pendidikan yaitu pendidikan sebagai perjuangan dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang ledih baik.
3.      John Dewey, pendidikan yakni suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang remaja dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social.
Devinisi IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial )
Rumusan perihal pengertian IPS telah banyak dikemukakan oleh para jago IPS atau social studies. Berikut pengertian IPS yang dikemukakan oleh beberapa jago pendidikan dan IPS di Indonesia.
1.      Somantri (Sapriya:2008:9) menyatakan IPS yakni penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta acara dasar insan yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.
2.      Mulyono Tj. (1980:8) beropini bahwa IPS yakni perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. IPS  merupakan integrasi dari aneka macam cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi, budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan supaya gampang dipelajari.
3.      Nu’man Soemantri menyatakan bahwa IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Penyederhanaan mengandung arti: 
a)      menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di universitas menjadi pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi sekolah dasar dan lanjutan, 
b)      mempertautkan dan memadukan materi aneka cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan masyarakat sehingga menjadi pelajaran yang gampang dicerna.
4.      S. Nasution mendefinisikan IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusi atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS merupakan bab kurikulum sekolah yang bekerjasama dengan tugas insan dalam masyarakat yang terdiri atas aneka macam subjek sejarah,ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
5.      Tim IKIP Surabaya mengemukakan bahwa IPS merupakan bidang studi yang menghormati, mempelajari, mengolah, dan membahas hal-hal yang bekerjasama dengan masalah-masalah human relationship sampai benarbenar sanggup dipahami dan diperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk yang terpadu dari aneka macam ilmu sosial yang telah terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah sekolah.
Definisi Pendidikan IPS
Numan Sumantri : Pendidikan IPS yakni suatu penyederhanaan  ilmu – ilmu sosial, idiologi negara dan, disiplin ilmu lainnya serta problem – problem sosial terkait yang diorganisasikan dan  disajikan secara ilmiah  dan psikologis untuk tujuan  pendidikan pada tingkat dasar menengah.
Pengertian Pendidikan IPS di Sekolah
  Suatu penyederhanaan disiplin IIS, psikologi, filsafat, ideologi negara dan agama yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan.
  Penekanan pada: (1) tumbuhnya nilai-nilai kewarganegaraan, moral ideologi negara dan agama; (2) isi dan metode berpikir ilmuwan sosial; (3) reflective inquiry; (4) mengambil kebaikan dari 1, 2, 3. (Nu’man Somantri, 2001)

DAFTAR PUSTAKA
1.      Ade Soetara, “ Makalah IPS  sebagai Program
2.      Pendidikan penaagakmacet.blogspot.com/search?q=makalah-ips-sebagai-program-pendidikan  ( diakses tanggal 10 maret 2011)
3.      Nursyid Sumaatmadja. (2006). Konsep Dasar IPS. Jakarta. UT

Sumber http://hani-rahayu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Definisi Pendidikan Ips"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel