-->

iklan banner

√ Plus Minus Jejaring Sosial

Plus Minus Jejaring Sosial bagi Anak dan Remaja - Arus perkembangan teknologi bagaimanapun mustahil dibendung. Kita mustahil mengurung anak di rumah dengan menyediakan banyak sekali fasilitas. Adalah salah jikalau melarang anak untuk berkenalan dengan teknologi internet, alasannya ialah bagaimanapun anak butuh bergaul dengan dunia luar melalui teknologi. Situs jejaring sosial menyerupai Facebook dan Twitter ialah produk-produk teknologi yang kini sedang digemari banyak kalangan, termasuk anak-anak dan remaja.




Dengan layanan ini, kita sanggup berkomunikasi dengan sahabat lama, memperluas jaringan pertemanan, ataupun sekadar mengetahui keadaan / status sahabat atau kerabat. Di sinilah pentingnya peranan semua pihak baik orang tua, institusi pendidikan, pemerintah dan masyarakat untuk mengawasi anak, dewasa dan muridnya, khususnya bagi yang masih di bawah umur, untuk membekali mereka menghadapi perkembangan teknologi. Kita seharusnya menawarkan edukasi kepada anak perihal bagaimana menyikapi perkembangan teknologi yang sangat cepat untuk dipakai semaksimal mungkin untuk acara yang positif, alasannya ialah jejaring sosial pastinya ada imbas positif dan negatifnya menyerupai yang di bawah ini.



• EFEK POSITIF JEJARING SOSIAL

1. Anak dan dewasa sanggup berguru menyebarkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat diharapkan di masa digital menyerupai kini ini. Mereka akan berguru bagaimana cara beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.

2. Memperluas jaringan pertemanan. Berkat situs jejaring sosial, anak menjadi lebih gampang berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar di antaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.

3. Anak dan dewasa akan termotivasi untuk berguru menyebarkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, alasannya ialah di sini mereka berinteraksi dan mendapatkan umpan balik satu sama lain.

4. Situs jejaring sosial menciptakan anak dan dewasa menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati. Misalnya menawarkan perhatian dikala ada sahabat mereka yang berulang tahun, mengomentari foto, video dan status sahabat mereka, menjaga relasi persahabatan meski tidak sanggup bertemu secara fisik.



• EFEK NEGATIF JEJARING SOSIAL

1. Anak dan dewasa menjadi malas berguru berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan perihal seluk-beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, menyerupai bahasa badan dan nada suara, menjadi berkurang.

2. Situs jejaring sosial akan menciptakan anak dan dewasa lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, alasannya ialah kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini sanggup mengakibatkan anak menjadi kurang berempati di dunia nyata.

3. Bagi anak dan remaja, tidak ada hukum ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini akan menciptakan mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring social dan di dunia nyata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis mereka di sekolah dalam hal ejaan dan tata bahasa.

4. Situs jejaring sosial ialah lahan subur bagi predator untuk melaksanakan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang gres dikenal anak kita di internet, memakai jati diri yang sesungguhnya.


Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Plus Minus Jejaring Sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel