-->

iklan banner

√ File Sharing Geratis Namun Beresiko

File Sharing Geratis Namun Beresiko - Tahukah Anda? Data digital yang tersimpan di komputer, pemutar musik, CD, DVD atau handphone, sanggup dengan simpel berpindah dari satu kawasan ke kawasan lain dan bentuk file? Portabilitas file digital memungkinkan kita membeli musik dari toko online dan mend0wnl0adnya ke dalam player. Kini kita juga sanggup menonton video atau mendengarkan musik lewat internet. Semua terasa menyenangkan dilakukan berkat internet.

Namun semua kesenangan itu sanggup menjadi musibah yang beresiko jikalau file yang dilindungi oleh copyright (hak cipta) tersebut disalin kemudian disebarkan ke orang lain, atau bahkan dijual. Contohnya gampangnya, buku yang Anda beli. Anda sanggup membacanya, meminjamkannya, atau memberikannya ke orang lain. Tapi selama buku tersebut dilindungi copyright, maka Anda tidak diperbolehkan untuk memfotokopi atau men-scannya ke komputer kemudian mempublishnya untuk dijual.




Buku, musik, gambar, video, game, dan produk lainnya dibentuk oleh seseorang menyerupai artis, programmer, dan seorang jago lain di bidangnya. Mereka-mereka ini disebut dengan pencipta/pembuat, dan mereka punya hak untuk memilih apakah barang mereka boleh dikonsumsi publik secara gratis atau tidak. Ketika seseorang menciptakan sebuah produk, mereka memiliki hak untuk menyebarkannya atau hanya digunakan sendiri dan mereka memiliki hak untuk mendapat uang dari karya mereka.

Nah, saat kita mend0wnl0adnya tanpa seijin pemiliknya kemudian menyebarkannya ke teman, ini sama saja menyerupai mencuri, bedanya ini mencuri di dunia maya. Selain itu situs-situs dimana orang saling bertukar musik dan film biasanya berisiko. Situs-situs tersebut biasanya dipenuhi virus dan spyware, kecuali situs yang secara legal menyediakan layanan d0wnl0ad.

Tips:
1. Ingat, mend0wnl0ad musik dan film dari internet biasanya illegal, kecuali Anda mend0wnl0adnya dari situs resmi.
2. Lengkapi komputer Anda dengan antivirus yang up-to-date. Situs-situs file sharing umumnya dipenuhi virus dan malware. Triknya ialah pembuat malware menyisipkan virus atau malware buatannya ke dalam file musik / video.
3. Jangan pribadi membuka file yang gres di-d0wnl0ad. Simpan dulu di komputer, scan, kemudian buka.
4. Jangan mend0wnl0ad game dari situs yang tidak dikenal / tidak punya reputasi baik.
5. Jangan klik apapun pada pop-up window yang muncul tiba-tiba saat Anda mengakses situs file sharing. Sebaliknya, tutup pop-up window tersebut dengan mengklik tanda silang di pojok kanan atas.



Jangan Sembarangan Kontak dengan Orang Asing

Apakah di Internet kita sanggup bertemu sahabat gres yang punya minat sama dengan kita? Tentu saja bisa. Anda sanggup berpartisipasi di internet lewat lembaga diskusi atau membuka diskusi sendiri, atau lewat chatting, email dan aplikasi jejaring sosial menyerupai Facebook dan Twitter. Tapi ingat, tetaplah waspada alasannya ialah ada orang-orang yang suka menutupi identitas mereka / menyamar sebagai orang lain. Bisa jadi mereka ingin membujuk Anda biar memperlihatkan gosip lebih banyak wacana diri Anda kemudian mengajakmu untuk ketemuan. Ingat, bertemu dengan orang yang gres Anda kenal di internet bukanlah inspirasi yang bagus, apalagi sendirian. Tetapi jikalau Anda memang sudah ngebet pengen ketemuan dengan sahabat onlinemu itu, jangan ragu-ragu ceritakan hal ini kepada orangtua dan ajaklah orangtua atau temanmu untuk mendampingimu.



Jangan Asal Upload / Kirim Foto

Ingat, sebelum mengupload / mengirim foto, orang yang melihat foto Anda / yang dikirimi foto haruslah orang yang sanggup dipercaya. Dengan adanya internet dan ponsel, foto-foto dengan simpel sanggup tersebar kemana-mana dalam beberapa detik dan mereka akan tetap ada selamanya di internet. Bahkan foto tersebut dengan simpel sanggup dimanipulasi. Usahakan biar Anda mengetahui foto-foto apa saja yang diposting anak Anda di situs jejaring, termasuk foto yang mereka kirimkan via email. Pastikan biar foto tersebut tidak ‘berbahaya’ dan tidak menampilkan lokasi yang gampak dilacak.

Tips
o Jadilah orang yang bertanggung jawab saat online
o Jangan ikut membuatkan pesan, gambar, atau material lain yang sanggup menyakiti seseorang
o Share gambar hanya pada orang yang Anda kenal dan percaya
o Tolak jikalau ada orang abnormal mengajakmu ketemuan, meski mereka sahabat online Anda. Sampaikan ke orangtuamu.
o Gunakan webcam hanya dengan orang yang Anda kenal, disconnect saat tidak menggunakannya lagi.



Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ File Sharing Geratis Namun Beresiko"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel