-->

iklan banner

Cara Install Gnome Web (Epiphany) Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Gnome Web - Linux Mint, ubuntu dan debian memakai Mozilla Firefox sebagai peramban situs web default sistem. Kita sanggup install lebih dari satu web browser dan sanggup dipakai secara bahu-membahu dalam satu waktu. Banyak pilihan untuk peramban situs web di sistem Linux, mulai dari yang ringan dengan fiture yang sederhana hingga yang mempunyai fiture lengkap.



Bila kita lihat di repository sistem Linux, kita akan mendapati beberapa paket aplikasi web browser di antaranya ialah Mozilla Firefox, Chromium, konqueror, midori dan lain-lain. Sementara untuk Google Chrome dan Opera Browser kita sanggup d0wnl0ad file installer-nya di masing-masing situs web. Kali ini aku akan sedikit menguraikan mengenai web browser yang dikembangkan oleh projek gnome. Web browser ini berjulukan gnome web dengan code name Epiphany.

 ubuntu dan debian memakai Mozilla Firefox sebagai peramban situs web default sistem Cara Install Gnome Web (Epiphany) Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Sekilas Mengenai Gnome Web

Gnome web mempunyai tampilan yang mudah dan higienis khas aplikasi gnome. Fiture yang dibawa cukup lengkap namun, tidak sebanyak Mozilla Firefox, Chrome dan Opera browser. Gnome web berbasis open source dan sanggup kita gunakan secara gratis di sistem Linux.

Nama orisinil dari aplikasi ini ialah Web, kita lebih mengenalnya sebagai gnome web atau epiphany browser. Karena pada awalnya gnome web memang berjulukan epiphany (2003-2012) sebelum jadinya berubah nama menjadi Web. Gnome web merupakan turunan dari Galeon dengan memakai antarmuka yang terperinci dan ringkas.

Gnome web memakai Webkit untuk merender halaman web. Mesin layout ini sama menyerupai yang dipakai pada Google Chrome dan Apple Safari. Aplikasi ini menjadi web browser default sistem distro Elementary OS. Bila anda tahu, elementary os merupakan salah satu distro Linux dengan tampilan desktop yang bagus dan menarik. Distro Linux  Elementary OS memakai lingkungan desktop yang dikembangkannya sendiri ialah pantheon. Gnome web berbasis open source di bawah lisensi GNU General Public Lisense (GNU GPL). (https://en.wikipedia.org/wiki/GNOME_Web)

Cara Install Gnome Web Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian

Pengguna distro Linux mint, ubuntu dan debian sanggup menginstall aplikasi ini memakai paket aplikasi yang terdapat di repository masing-masing distro Linux. Kode nama dari aplikasi ini ialah epiphany-browser (mint, ubuntu, debian). Untuk menginstall gnome web caranya sama menyerupai menginstall aplikasi lainnya di Linux. Buka terminal Linux (Ctrl+Alt+t) kemudian ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install epiphany-browser

Setelah proses instalasi gnome web selesai, kita sanggup menjalankan aplikasi ini melalui sajian ⇾ internet ⇾ web (browse the web)

Menu Di Gnome Web

Menu di Gnome web menyerupai aplikasi peramban situs web yang lain. Kita sanggup mengatur banyak sekali setelan melalui sajian di gnome web ini. Desain tampilannya memang sedikit berbeda, tidak menyerupai Mozilla Firefox, Chrome atau Opera browser. Biasanya setiap aplikasi akan mempunyai tampilan khas sesuai dengan selera pengembang aplikasi, demikian juga dengan gnome web ini.

Menu PREFERENCES gnome web cukup mudah hanya terdiri dari beberapa pengaturan saja. Kita sanggup mengubah sehabis search engine, plugin, folder d0wnl0ad, font, password dan bahasa melalui setelan preferences ini.

Gnome web juga dilengkapi dengan incognito window (mode penyamaran), dimana kita sanggup menggunakannya untuk menjaga privacy kita ketika memakai gnome web. History dan bookmarks juga ada di gnome web, sehingga kita sanggup menggunakannya untuk mengunjungi situs web yang pernah kita kunjungi sebelumnya.

Gnome web sudah mendukung multi tab dengan gaya yang cukup elegan khas gnome. Bisa dikatakan web browser ini merupakan salah satu web browser dengan tampilan modern. Gnome web cukup ringan dan tidak memakan banyak sumber daya. Kita sanggup menggunakannya sebagai alternatif dari Mozilla Firefox, Chrome atau Opera browser. Bila anda suka dengan gnome web ini, mungkin saja anda akan menggunakannya sebagai aplikasi default web browser sistem Linux yang anda pakai.


Bila anda suka sesuatu yang mudah mungkin anda akan menyukai web browser yang dikembangkan oleh gnome project ini

Kesimpulan

Gnome web atau epiphany browser ini sanggup kita gunakan sebagai alternatif Mozilla Firefox di sistem Linux mint, ubuntu dan debian. Dengan memakai atau mencoba banyak web browser tentu akan menambah pengalaman kita dalam berselancar di dunia maya. Demikian sekilas mengenai gnome web, biar bermanfaat.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Gnome Web (Epiphany) Di Linux Mint, Ubuntu, Debian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel