-->

iklan banner

Pengaturan Panel Budgie Desktop Environment

Pengaturan Panel Budgie Desktop Environment – Bila anda memakai lingkungan desktop Budgie, anda sanggup menambah, menghapus dan mengatur Panel melalui jendela pengaturan panel budgie desktop. Bagi yang sudah berpengalaman memakai sistem Linux, mungkin hal ini sanggup dilakukan dengan mudah. Karena, sebagian besar lingkungan desktop di sistem Linux mempunyai pengaturan panel sendiri. Pada budgie desktop versi 10.4, kita sanggup menciptakan cukup banyak panel yang sanggup kita tempatkan di atas, kanan, bawah dan kiri layar komputer.

Fungsi Panel  - Panel di dalam sistem operasi komputer mempunyai fungsi utama yaitu sebagai media (alat) untuk mengontrol setiap acara yang berjalan di dalam sistem komputer.  Panel sanggup kita isi dengan beberapa tombol shortcut aplikasi dan tombol shortcut fungsi di dalam sistem operasi komputer.


Panel sanggup kita letakan di atas, kanan, bawah atau kiri layar komputer, sesuai dengan impian masing-masing pengguna komputer. Kita sanggup memakai satu atau beberapa panel sekaligus untuk memudahkan kita dalam memakai sistem operasi komputer.

Budgie desktop merupakan salah satu lingkungan desktop modern yang dimiliki oleh sistem Linux. Kita sanggup memakai budgie desktop pada distrobusi Linux SOLUS. Namun, budgie tidak hanya terdapat di distro Linux SOLUS saja. Beberapa distro Linux lainnya juga menyertakan budgie desktop sebagai salah satu lingkungan desktop yang dibawanya, termasuk pada distro Linux Ubuntu yang sanggup kita sebut dengan Ubuntu Budgie atau Budgie-remix.

Pengaturan Panel Budgie Desktop Environment  Pengaturan Panel Budgie Desktop Environment

Pengaturan Panel Budgie Desktop Environment


Kali ini saya akan menguraikan sedikit mengenai pengaturan panel pada budgie desktop environment. Sebenarnya hal ini relatif mudah, anda niscaya sanggup melakukannya dengan baik walaupun anda yaitu pengguna gres sistem Linux dengan Budgie sebagai lingkungan desktop-nya.

1. Membuka Pengaturan Panel Budgie Desktop

Pertama kali menjalankan Ubuntu Budgie, kita akan mendapati satu buah panel budgie yang terdapat di atas layar desktop komputer (default system). Disana terdapat beberapa tombol fungsi untuk sajian dan pengaturan sistem komputer, termasuk Raven Trigger (Raven Sidebar Control) yang terletak di sebelah kanan atas, dengan ikon berbentuk anak panah.

Silahkan klik pada tombol Raven Sidebar Control, kemudian klik pada tombol roda gigi di sebelah kiri bawah Raven Trigger untuk menampilkan jendela Pengaturan Panel Budgie Desktop. Di sini terdapat tiga bab utama pengaturan budgie desktop yaitu : Appearance (tampilan), Panel dan Session (sesi).


Kita juga sanggup membuka jendela pengaturan panel budgie melalui Menu > System Tools > Budgie Desktop Settings

2. Menambah Dan Menghapus Panel Baru

Menambah Panel - Kita sanggup menambah dan menghapus panel di budgie desktop dengan cukup mudah. Silahkan klik pada tombol Create New Panel untuk menambahkan panel gres di Budgie desktop.  Secara otomatis panel akan bertambah dan kita sanggup melihatnya di layar komputer.

Menghapus Panel - Untuk menghapus panel, pilih panel yang akan kita hapus, contohnya : Bottom Panel, kemudian klik pada tombol Remove (x) di sebelah kanan atas, kalau kita melayangkan kursor mouse di atasnya terdapat pesan “remove this panel from the screen”.

3. Mengatur Letak, Ukuran Dan Gaya Panel

Kita sanggup mengatur properties panel di budgie desktop untuk mendapat panel yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Silahkan pilih panel yang akan kita atur kemudian klik pada tab sajian Settings.

  • Position : Letak panel, pilih top (atas), right (kanan), bottom (bawah) dan left (kiri).
  • Size : Ukuran panel, silahkan klik pada tombol atau + untuk mengubah ukuran panel, atau ketik angka tertentu pada kolom yang tersedia.
  • Automatically Hide : Terdapat tiga pilihan yaitu, automatic, intelligent dan never. Bila kita ingin selalu menampilkan panel pilih ‘never’
  • Transparacy : Terdapat tiga pilihan yaitu : Always, Dynamic dan None. Bila kita ingin menampilkan panel dengan komposisi warna yang solid (tanpa transparansi) pilih None.
  • Shadow : Berfungsi untuk menampilkan dampak bayangan pada panel budgie desktop.
  • Stylize regions : Memberikan petunjuk pada panel, sehingga tiga area panel sanggup mempunyai tema yang berbeda.
  • Dock mode : Bila kita mengaktifkan fungsi dock mode di panel budgie maka, panel akan menempatkan dirinya ibarat sebuah dock (berada di tengah/center) dengan luas atau panjang panel yang semakin kecil.

4. Menambahkan Applets Ke Panel

Seperti layaknya panel pada umumnya, terutama di sistem Linux, kita sanggup menambahkan sejumlah applet di panel budgie desktop. Silahkan klik pada panel yang akan kita tambahkan applets, kemudian pilih tab sajian Applets. Setelah itu klik pada tombol Add Applet [+] lalu  pilih applets yang akan kita tambahkan ke panel dan terakhir klik pada tombol Add Applet. Kita tidak bisa menambahkan beberapa applet sekaligus ke panel budgie. Kita hanya sanggup menambahkan satu persatu applet ke panel Budgie Desktop Environment.

5. Mengatur Posisi Applet Di Panel Budgie Desktop

Setelah berhasil menambahkan sejumlah applets di panel budgie, kita sanggup mengatur letak atau posisi applet-applet tersebut sesuai keinginan. Ada tiga lokasi utama dalam meletakan applet di panel Budgie yaitu : Start, Center dan End. Dalam posisi horisontal (top dan bottom panel), start dimulai dari kiri dan end berada di sebelah kanan.

Silahkan gunakan anak panah ke atas atau ke bawah untuk memindahkan posisi applets sesuai dengan yang anda inginkan.

6. Menghapus Applets

Bila kita ingin menghapus applets, mungkin alasannya yaitu applets tersebut sudah tidak kita perlukan lagi, caranya cukup mudah. Pada jendela pengaturan applets, pilih applets yang akan kita hapus kemudian klik pada tombol  (x) → Remove Applets.

Pengaturan panel di budgie desktop memang tidak terlalu rumit, semua tersaji dalam perintah grafis yang apik. Untuk warna background (latar) dari panel menyesuaikan dengan tema desktop yang kita pakai.

Demikian mengenai Pengaturan Panel Budgie Desktop Environment, supaya bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengaturan Panel Budgie Desktop Environment"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel