-->

iklan banner

Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop

Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop – Pengguna Linux Mint Cinnamon atau distro Linux lainnya yang menggunakan lingkungan desktop Cinnamon sanggup mengaktifkan Applet yang akan menampilkan indikator baterai laptop dan pesan pemberitahuan atau notifikasi baterai laptop lemah sehingga perlu dilakukan charge.

Secara default, applet power managent Cinnamon hanya menampilkan indikator baterai saja dalam bentuk batang, tidak dalam bentuk angka atau persentase. Selain itu, default power management applet Cinnamon juga tidak menampilkan pesan pemberitahuan ketika baterai laptop lemah.


Hal ini sanggup menyebabkan, anda kehabisan baterai atau power laptop ketika sedang menggunakannnya tanpa anda ketahui. Tentu saja hal tersebut bukan hal yang menyenangkan dan mungkin saja anda belum melaksanakan save pada dokumen yang sedang anda kerjakan ketika baterai laptop habis, anda niscaya akan dibentuk kesal alasannya ialah kehilangan beberapa pembaruan data yang belum tersimpan dengan baik.

Notifikasi Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop


Pengguna Linux Mint Cinnamon atau distribusi Linux lainnya dengan lingkungan desktop Cinnamon tidak perlu khawatir akan hal ini. Anda sanggup menggunakan applet perhiasan yang berjulukan “Battery Applet With Monitoring & Shutdown (BAMS)”. Applet ini mempunyai fitur yang cukup lengkap dan sanggup mengatasi semua permasalahan yang saya sebutkan di atas.

Cara Install Applet BAMS

Applet ini tidak tersedia secara default di Linux Mint Cinnamon 18.3 Sylvia. Anda perlu menambahkan “Battery Applet With Monitoring & Shutdown” tersebut ke dalam lingkungan desktop Cinnamon yang anda gunakan. Cara install applet BAMS sama menyerupai applet Cinnamon lainnya. Anda sanggup menggunakan pengaturan applet default sistem Cinnamon atau tambahkan applet secara manual dengan mend0wnl0ad applet terlebih dahulu di situs web cinnamon spices.

Sebelumnya install terlebih dahulu paket aplikasi berikut ini :

sudo apt-get install zenity sox libsox-fmt-mp3

Setelah itu gres install applet BAMS dengan menggunakan cara yang anda suka.

Untuk install applet Baterai indikator BAMS melalui pengaturan applet default sistem Cinnamon, sanggup dilakukan dengan cara menyerupai di bawah ini :

Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop  Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop

  • Buka pengaturan applet melalui Menu > Preferences > Applets
  • Pilih tab Menu Download, jikalau terdapat pesan untuk update cache, pilih yes
  • Cari applet dengan nama Battery Applet With Monitoring & Shutdown (BAMS)
  • Klik tombol Install untuk menambahkannya ke dalam sistem komputer dengan lingkungan desktop Cinnamon yang anda pakai

Bila anda lebih suka menambahkan applet BAMS secara manual, silahkan lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Kunjungi website https://cinnamon-spices.linuxmint.com/applets
  • Pilih applet dengan nama Battery Applet With Monitoring & Shutdown (BAMS)
  • Klik pada tombol d0wnl0ad untuk mengunduh applet tersebut

    Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop  Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop

  • Ekstrak file hasil d0wnl0ad menggunakan aplikasi arsip manajer default system Linux Mint Cinnamon (file-roller)
  • Salin dan tempel folder hasil ekstrak pada direktori ./local/share/cinnamon/applets (gunakan tombol Ctrl+H untuk menampilkan folder tersembunyi di home direktori). Atau sanggup juga pada direktori /usr/share/cinnamon/applets (masuk sebagai root)

Untuk menghapus applet dari sistem Linux Mint Cinnamon, anda tinggal klik pada tombol uninstall yang terdapat di belahan bawah jendela pengaturan applet Cinnamon. Atau sanggup juga dengan cara menghapus applet secara manual pada direktori ./local/share/cinnamon/applet atau /usr/share/cinnamon/applet (masuk sebagai root).

Gunakan Cinnamon versi 1.8 atau yang lebih tinggi, silahkan cek versi Cinnamon yang anda pakai dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

cinnamon --version

Menambahkan Applet Ke Panel

Setelah berhasil menambahkan “Battery Applet With Monitoring & Shutdown “ ke dalam sistem Linux Mint Cinnamon yang anda pakai, tambahkan applet BAMS ke panel Linux untuk mengaktifkan applet tersebut sehingga anda sanggup melaksanakan monitoring dan mengatur persentase untuk peringatan baterai lemah baterai laptop.

Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop  Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop

  • Buka pengaturan applets Cinnamon
  • Klik pada tab Menu Manage
  • Pilih applet yang akan ditambahkan ke Panel Cinnamon, dalam hal ini pilih “Battery Applet With Monitoring & Shutdown”
  • Klik pada tombol (+) yang terdapat di belahan bawah jendela pengaturan applet Cinnamon.

Untuk menghapus applet dari panel, anda tinggal klik pada tombol (-) yang terdapat di jendela pengaturan applet Cinnamon.

Menggunakan Applet BAMS

Sekarang anda sanggup melihat ikon applet BAMS di Panel Cinnamon. Dengan demikian, “Battery Applet With Monitoring & Shutdown (BAMS)” ini sudah dalam kondisi aktif. Anda sanggup melihat konfigurasi pengaturan applet BAMS dengan cara :

Klik kanan pada ikon applet BAMS > Pilih Configure

Melalui jendela konfigurasi BAMS, anda sanggup mengatur nilai persentase baterai laptop untuk menampilkan pesan peringatan baterai laptop lemah dan tema tampilan ikon dari BAMS. Setelah selesai, keluar dari jendela konfigurasi applet BAMS.

Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop  Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop

Selanjutnya, klik pada ikon “Battery Applet With Monitoring & Shutdown (BAMS)” di Panel Cinnamon, anda akan melihat informasi mengenai nilai persentase dari Baterai Laptop, Peringatan Baterai Lemah dan Suspensi. Disini anda juga sanggup mengatur nilai persentasi peringatan baterai laptop lemah dengan menarik scroll ke kanam (+) atau ke kiri (-).

Bila anda ialah pengguna distribusi Linux dengan lingkungan desktop Cinnamon, sebaiknya tambahkan applet BAMS tersebut untuk memudahkan anda dalam memonitoring baterai laptop. Battery Applet With Monitoring & Shutdown (BAMS) ini dibentuk oleh Peter Curtis.

Demikian mengenai Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.
Sumber http://sobmint.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Notifikasi Peringatan Baterai Laptop Lemah Di Cinnamon Desktop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel