√ Mediator Pemasaran (Marketing Intermediaris)
Versi Materi Oleh Ngadiman
Perantara Pemasaran (Marketing Intermediaries) - Para mediator pemasaran yaitu perusahaanperusahaan yang membantu perusahaan itu dalam promosi, penjualan dan distribusi barang-barangnya kepada para pembeli terakhir. Mereka ini mencakup para perantara, perusahaan distribusi fisik, lembaga-lembaga jasa pemasaran, dan mediator bidang keuangan.
Perantara Perantara yaitu perusahaan dagang yang membantu perusahaan untuk menemukan pembeli dan/atau menutup penjualan dengan mereka. Mereka terbagi menjadi dua macam, yaitu distributor mediator dan pedagang perantara. Agen mediator menyerupai agen, pialang, dan perwakilan produsen, yang mencari dan menemukan para pelanggan dan/atau melaksanakan perjanjian dengan pihak lain, tapi tidak mempunyai barang dagangan itu sendiri, Perusahaan Hershey, sebagai contoh, bisa menyewa distributor untuk mencari pedagang eceran di banyak sekali negara di Amerika Selatan dan membayar komisi kepada para distributor ini menurut jumlah pesanan yang mereka hasilkan.
Para distributor itu tidak membeli gula-gula; Perusahaan Hershey eksklusif mengirimkannya kepada para pengecer. Pedagang perantara, menyerupai pedagang besar, pengecer dan para penjual-kembali lainnya, membeli suatu produk, mempunyai produk tersebut, serta menjualnya kembali sebagai barang dagangan. Metode utama perusahaan Hershey yaitu menjual gulagula kepada pedagang besar, toko serba-ada yang besar beserta cabang-cabangnya, dan pedagang keliling. Selanjut nya perantaraperantara itu menjual kembali gula-gula tersebut kepada para pembeli dan memetik laba dari penjualannya.
Mengapa perusahaan Hershey memakai para perantara? Jawabannya yaitu bahwa para mediator itu bisa memperlihatkan beberapa laba bagi para pelanggan dan lebih murah daripada dilakukan oleh Hershey sendiri. Sebagai produsen, Hershey terutama tertarik dalam memproduksi dan melemparkan produksi gula-gula ke pasar dalam jumlah yang besar.
Sebaliknya, para pembeli lebih tertarik untuk memperoleh satu atau dua biji gulagula di suatu daerah yang simpel dijangkau, kapan saja dan sanggup diperoleh sambil membeli barang-barang lain yang diperoleh dengan cara pembayaran yang simpel pula. Senjang (gap) antara jumlah gula-gula yang besar yang dikeluarkan oleh Hershey dan cara yang disukai oleh pelanggan untuk membeli gulagula itu harus diatasi. Para perantaralah yang membantu mengatasi kesenjangan dalam hal: jumlah barang; tempat, waktu, rupa-rupa barang, dan mendapat barang lain yang telah tersedia.
Tegasnya, mediator membuat kegunaan dari segi tempat, yaitu dengan menyediakan gula-gula Hershey di mana para pelanggan berada. Mereka juga membuat kegunaan dari sudut waktu dengan membuka tokonya hampir sepanjang waktu, yang memungkinkan para pelanggan berbelanja sesuka hati mereka.
Mereka membuat kegunaan dari sudut kuantitas dengan menyediakan gula-gula yang bisa dibeli dalam jumlah kecil, bahkan satu batang pun jadi. Mereka membuat kegunaan dari sudut rupa-rupa barang dengan mengumpulkan majemuk barang lainnya di satu daerah yang sanggup diperoleh para pelanggan dalam satu kesempatan berbelanja. Mereka juga membuat kegunaan dari sudut cara memperoleh barang, dengan menyerahkan gula-gula kepada para pelanggan melalui transaksi yang mudah, yaitu cara membayar dengan uang kontan, tanpa perlu mengirim tagihan. Untuk mendapat kegunaan tersebut, perusahaan Hershey harus membiayai dan membuat jaringan took dan pedagang keliling yang tersebar luas. Dengan demikian, Hershey melihat bahwa lebih efisienlah untuk bekerja melalui saluran-saluran mediator yang telah ada.
Perusahaan Distribusi Fisik Perusahaan distribusi fisik membantu perusahaan dalam penyimpanan dan pemindahan produk dari daerah asalnya ke daerah -tempat pengiriman yang dituju. Perusahaan pergudangan menyimpan dan melindungi barang-barang produk itu sebelum dikirim ke tujuan berikutnya. Setiap perusahaan harus memutuskan berapa besar gudang harus dibangun untuk keperluannya dan berapa yang disewa dari perusahaan pergudangan. Perusahaan transportasi terdiri dari kereta api, angkutan truk, perusahaan penerbangan, kapal barang, dan perusahaan pengangkutan lainnya yang membawa produk dari satu daerah ke daerah lain. Setiap perusahaan harus menentukan cara-cara pengiriman barang mana yang paling efektif dengan memperhatikan keseimbangan antara beberapa faktor menyerupai biaya, cara pengiriman, kecepatan, dan keselamatan.
Para Agen Jasa Pemasaran Para distributor jasa pemasaran, menyerupai perusahaan atau forum penelitian pemasaran, distributor periklanan, perusahaan media, dan perusahaan konsultan pemasaran kesemuanya membantu perusahaan dalam rangka mengarahkan dan mempromosikan produknya ke pasar yang tepat. Perusahaan menghadapi "keputusan untuk membuat atau membeli" jasa-jasa tersebut. Beberapa perusahaan besar, menyerupai Du Pont dan Quaker Oats, mengadakan dan menyelenggarakan sendiri distributor periklanan dan bab penelitian pemasaran.
Tetapi kebanyakan perusahaan melaksanakan perjanjian kolaborasi dengan forum lain di luar perusahaan untuk memperoleh jasa-jasa tersebut. Bila sebuah perusahaan memutuskan untuk membeli jasa dari luar perusahaan, beliau harus menentukan secara cermat,siapakah yang akan disewa, alasannya yaitu lembaga-lembaga itu beraneka ragam kreativitas, kualitas, pelayanan dan harganya. Perusahaan perlu meninjau kembali secara bersiklus prestasi mereka dan mempertimbangkan untuk mengganti distributor yang prestasinya tidak memuaskan.
Perantara Keuangan Perantara keuangan termasuk bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi, dan perusahaan lain yang menolong dalam segi keuangan dan/atau risiko yang diasuransikan sehubungan dengan pembelian atau penjualan barang produk. Kebanyakan perusahaan dan pelanggan tergantung pada mediator keuangan untuk menguangkan transaksi mereka. Prestasi pemasaran suatu perusahaan sanggup dipengaruhi, dengan akhir yang parah, oleh kenaikan biaya kredit dan/atau kredit yang terbatas. Karena itulah, perusahaan perlu membuatkan hubungan yang dekat dengan lembaga-lembaga keuangan di luar perusahaan itu.
Sumber http://www.ssbelajar.net/
0 Response to "√ Mediator Pemasaran (Marketing Intermediaris)"
Posting Komentar