-->

iklan banner

Cara Mengukur Kapasitor Memakai Multimeter

Cara Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter Cara Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter - Kapasitor merupakan komponen Elektronika yang sanggup menyimpan muatan listrik dalam waktu yang sementara. Untuk mengukur nilai dari kapasitor (kondensator). Kita membutuhkan sebuah alat yang sanggup mengukur dengan Capacitance Meter (Kapasitansi Meter). Capacitance Meter adalah sebuah alat ukur yang dikhususkan hanya untuk mengukur nilai kapasitansi pada sebuah komponen kapasitor. Selain penggunaan Capacitance Mater, terdapat juga alat ukur adonan yang sanggup mengukur beberapa macam komponen lektronika, antara lain yaitu LCR meter dan Multimeter.

LCR Meter merupakan alat ukur yang sanggup mengukur sebuah nilai L (induktansi untuk mengukur induktor atau sebuah Coil), C (kapasitansi dipakai untuk mengukur kapasitor komdensator) dan R (Resistansi dipakai untuk mengukur kendala atau resistor). Multimeter yaitu sebuah alat ukur yang dipakai untuk mengukur arus, Tegangan dan hambatan, bisa juga dipakai untuk menguji beberapa macam komponen elektro ibarat dioda, Kapasitor, Transistor dan Resistor.

Saat ini, ada banyak jenis Multimeter Digital yang telah mempunyai fungsi untuk mengukur nilai suatu kapasitor, sehingga kita tidak perlu untuk membeli alat khusus untuk mengukur nilai dari kapasitansi kapasitor dan tentunya Multimeter sebagai alat ukur adonan yang mempunyai batas tertentu dalam mengukur kapasitansi sebuah kapasitor. Komponen kapasitor yang mempunyai kapasitansi yang lebih besar terutama pada kapasitor elektrolit (ELCO) tidak semuanya sanggup diukur nilainya dengan sebuah multimeter digital. Contohnya pada salah satu Multimeter dengan merek SANWA yang mempunyai tipe CD800a. Batas pengukuran kapasitansi hanya sebesar antara 50nF hingga 100µF.

Untuk menguji apakah kapasitor dapatberfungsi dengan baik, Kita juga sanggup memakai Multimeter Analog dengan Skala Resistansi (OHM). Multimeter Analog tidak sanggup mengetahui dengan niscaya nilai dari kapasitansi sebuah kapasitor, Namun cukup bermanfaat untuk mengetahui apakah kapasitor dalam kondisi baik atau sudah rusak (Bocor atau Short (hubungan Pendek)).

Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter Analog
  1. Mengatur posisi skala pada selektor ke arah Ohm (Ω) dengan skala x1k
  2. Menghubungkan Probe Merah (+) ke Kaki kapasitor Positif
  3. Menghubungkan Probe Hitam (-) ke kaki kapasitor Negatif
  4. Pastikan jarum yang ada pada Display Multimeter Analog,
    kapasitor yang baik : Jarum bergeraknaik dan lalu kembali lagi.
    Kapasitor yang rusak : Jarum bergerak naik namun tidak kembali lagi.
    Kapasitor yang rusak : Jarum tidak naik sama sekali.
Cara Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter Cara Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter

Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter Digital
  1. Atur terlebih dahulu posisi skala selektor ke tanda atau Simbol kapasitor.
  2. Hubungkan Probe ke terminal kapasitor.
  3. Baca Nilai dari kapasitansi kapasitor tersebut.
Cara Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter Cara Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter

Hal yang perlu Anda ingat dari cara diatas hanya sanggup dipakai pada Multimeter Digital yang mempunyai kemampuan mengukur kapasitansi.

Untuk mendapat hasil akuratnya, tentu kita memerlukan sebuah alatukur khusus untuk mengukur nilai darikapasitansi sebuah kapasitor ibarat LCR meter dan Capacitance Meter. Cata mengukurnya hampir sama dengan cara memakai Multimeter Digital, Hanya saja Anda perlu memilih nilai dari kapasitansi yang paling erat dengan kapsitor yang akan di ukur dengan cara mengatur sakelar selektor LCR eter dan Capcitance Meter. Dibawah ini yaitu gambar dari Capacitance Meter,LCR Meter dan Multimeter.

Cara Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter Cara Mengukur Kapasitor Menggunakan Multimeter

***

Sumber http://siddix.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengukur Kapasitor Memakai Multimeter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel