-->

iklan banner

√ Agar Nggak Sulit Tembus Ritel Modern, Kemasan Ukm Harus Punya 9 Ini!

Salah satu alasan mengapa produk UKM masih sulit tembus ke pasar modern yaitu sebab tampi √ Biar Nggak Sulit Tembus Ritel Modern, Kemasan UKM Harus Punya 9 Ini!

Salah satu alasan mengapa produk UKM masih sulit tembus ke pasar modern yaitu sebab tampilan kemasan UKM masih kurang menjual.


Banyaknya toko ritel modern yang bermunculan di tempat perkotaan, nyatanya belum bisa bersinergi dengan para pelaku UKM di sekitarnya.


Bahkan hingga hari ini masih banyak pelaku UKM yang mengeluhkan sulitnya persyaratan yang diajukan pihak pengelola ritel modern supaya produk-produk UKM mereka bisa dijejerkan bersama dengan produk merk ternama.


Salah satu alasan mengapa produk UKM masih sulit tembus ke pasar modern yaitu sebab tampilan kemasan UKM masih kurang menjual. Terlebih lagi kini ini banyak pegiat perjuangan kecil yang belum melengkapi kemasan produknya dengan ijin edar resmi dari dinas terkait. Akibatnya jangkauan pemasaran yang bisa dijangkau masih sangat terbatas, dan pastinya tidak bisa tembus pasar ritel modern.


Lantas, menyerupai apa kriteria kemasan UKM yang bisa tembus ke pasar ritel modern? Agar bisa lebih menjual, sedikitnya ada 9 hal yang perlu dicantumkan pelaku UKM di setiap kemasan produk makanan.


1. Ijin BPOM atau PIRT


Selain tertarik sebab desain kemasan produknya, kini ini konsumen mulai mementingkan ijin edar yang tertera pada produk. Baik itu ijin dari BPOM atau ijin PIRT yang dimiliki para pelaku industri rumah tangga. Biasanya ijin tersebut dituliskan dengan ukuran yang lebih kecil di belahan bawah atau belakang kemasan makanan.


2. Sertifikat Halal


Poin kedua yang juga harus ada di kemasan kuliner yaitu logo akta halal. Apalagi di negara kita rata-rata penduduknya beragama muslim, adanya logo akta halal sudah jadi poin wajib yang harus ada di setiap kemasan kuliner atau minuman.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



3. Barcode Produk


Umumnya barcode produk diwajibkan para pengelola ritel modern untuk memudahkan mereka dalam menginput data. Apalagi di supermarket besar pastinya produk yang terpajang bukan hanya puluhan produk, tapi bisa ribuan item produk.


4. Logo atau merek


Meski dua hal ini mempunyai arti yang berbeda, tapi fungsinya sama untuk menandakan identitas pemilik produk. Agar konsumen bisa lebih gampang mengenali produkmu, sebaiknya cantumkan merek dan logo pada kemasan yang kau buat.


Baca Juga Artikel Ini :


Cara Membuat Barcode Kemasan Agar Produkmu Bisa Masuk Pasar Ritel


Desain Box Kemasan Dorong Produk UKM Masuk Ritel Modern


5. Berat higienis produk


Poin kelima yang juga wajib dicantumkan pada kemasan UKM yaitu berat higienis isi produk. Informasi ini biasanya jadi materi pertimbangan konsumen sehabis mereka mengetahui harga jual produk yang ditawarkan.


6. Diproduksi oleh


Identitas siapa pembuat produk juga perlu dicantumkan. Ini bukan hanya untuk memperkenalkan brand usahamu, tapi juga supaya konsumen juga loyal sebab mengetahui dapat dipercaya dari si produsen. Meski masih terbilang perjuangan kecil menengah, tapi biarkan konsumen mulai mengenal jati diri usahamu. Biasanya info yang dicantumkan nama tubuh usaha, dan lokasi tempat usaha.


7. Komposisi Produk


Komposisi atau daftar materi yang dipakai selama proses produksi juga sangat diperhatikan konsumen. Dalam hal ini kau bisa mencantumkan komposisinya di label kemasan kuliner lengkap beserta dosis yang digunakan.


8. Informasi Nilai Gizi


Disamping komposisi bahan, kini ini yang perlu ditambahkan pelaku perjuangan kuliner atau minuman pada setiap kemasannya yaitu info gizi yang terkandung pada produk. Baik itu nilai gizi dosis per saji, serta kadar lemak, protein, karbohidrat, dan gula yang terkandung pada produk. Tujuannya tentu untuk mengedukasi konsumen supaya mereka tidak salah menentukan produk.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



9. Info Layanan Konsumen


Di kurun serba digital menyerupai kini ini, lauanan konsumen dan contact person juga bisa dicantumkan untuk memperkuat brand usaha. Tidak hanya nomor telepon saja yang bisa kau cantumkan, tapi juga akun facebook, twitter, ataupun instagram supaya konsumen bisa mengenal produkmu lebih jauh.


Jadi, apa kau sudah siapkan produkmu untuk bisa masuk pasar ritel modern? Mulailah perbaiki tampilan kemasan produkmu supaya tak kalah bersaing dengan pemain lainnya!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Agar Nggak Sulit Tembus Ritel Modern, Kemasan Ukm Harus Punya 9 Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel